Senin, 31 Mei 2010

DAFTAR ISI KLIPING TGL 30 MEI 2010

1. UDAYANA FUN BIKE 2010 DIIKUTI RIBUAN PESERTA
2. Timor Leste Harapkan Peningkatan Kerja Sama
3. Satgas Pom TNI Latihan Deteksi Bom
4. Unifil Rekonstruksi Pembangunan Pertahanan di Leba...
5. TNI AL Imbau Penggunaan Kapal Layak Layar

UDAYANA FUN BIKE 2010 DIIKUTI RIBUAN PESERTA

Denpasar, Bali Post
Ribuan peserta dari unsur masyarakat umum, anggota polisi, TNI dan pemerintah Kota Denpasar, mengikuti Udayana Fun Bike 2010 yang menyambil start dan finis di depan Markas Kodam IX/Udayana di jalan Udayana, Denpasar, Minggu (30/5) kemarin. Peserta dilepas Pangdam IX/Udayana Brigjen TNI Rachmat Budianto ditandai pengibaran bendera start.

Peserta menempuh rute sejauh 12 kilometer melewati jalan Veteran, Patimura, Supratman, Nusa Indah, Hayam Wuruk, Raya Renon, Dewi Sartika, Diponogoro dan kembali ke tempat start. Kontestan tercepat menempuh waktu 25 menit.

Hadir Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, Kasdam Brigjen TNI Agung Revulton, Danrem 163/Wirasatya Kol. Inf Yoedhi Swastanto, Kasrem Letkol MJP Hutagaol, Danrindam Kol. Maryono, Asisten Personalia Kol. Winarto dan pejabat lainnya. Yang beruntung menggondol hadiah utama sepeda motor bebek Suzuki Titan adalah Jaya Mulyawan dari Asrama Prajaraksaka, Kepaon, Blok B/49.

Pangdam IX/Udayana menyatakan, banyak acara yang digelar terkait HUT ke-53 Kodam Udayana yang jatuh pada 27 Mei lalu, misalnya donor darah, bakti sosial serta pertandingan tenis dan sepak bola, Kegiatan akan berlangsung hingga dua bulan ke depan. Masyarakat sangat antusias diajak bersepeda. Ini bagus dalam upaya mendukung mengurangi pemanasan global dan Bali Green,” ujar Rachmat Budianto yang belum lama menggantikan Mayjen TNI Hotmangaradja Panjaitan.

Danrem 163 Yoedhi Swastanto selaku panitia penyelenggara menjelaskan, bersepeda memiliki implikasi yang positif dalam berbagai segi. Bermanfaat menambah derajat kesehatan , mendukung Bali Geen dan menekan pemanasan global.

Timor Leste Harapkan Peningkatan Kerja Sama

Senin, 31 Mei 2010
JAKARTA (Suara Karya): Panglima Angakatan bersenjata Republik Demokratik Timor Leste Mayjen Taur Mantan mengharapkan TNI maupun pemerintah Indonesia meningkatkan kerja sama antarangkatan bersenjata (militer) kedua negara yang lebih luas. Paling substantif, adalah kerjasama pendidikan melalui Akademi Militer dan Sesko Angkatan/TNI, keamanan maritim dan keamanan perbatasan.

Demikian dikatakan Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Aslizar Tanjung dalam siaran persnya yang diterima Suara Karya di Jakarta. Aslizar mengatakan, permintaan peningkatan kerja sama militer dari Timor Leste itu disampaikan dalam pertemuan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dengan Panglima ABRD Timor Leste di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu (26/5).

Selain didampingi Kapuspen TNI Djoko juga didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Agus Suhartono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Imam Sufaat dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Johanes Suryo Prabowo. Sedangkan, Taur Mantan sendiri didampingi didampingi Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Manuel Serrano.

Taur, seperti dikutip Kapuspen TNI mengakui, kerja sama antarmiliter Indonesia dengan Timor Leste yang terjalin selama ini, telah membawa nilai positif terhadap perkembangan angkatan bersenjata Timor Leste. Negara yang pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini, telah mengirimkan para perwira militernya untuk menimba ilmu di sekolah-sekolah komando dan staf yang dimiliki TNI.

"Pada pertemuan tersebut, Panglima Angkatan Bersenjata Timor Leste menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas bantuan serta dukungan yang telah diberikan pemerintah Indonesia, khususnya TNI dalam bidang pendidikan sumber daya manusia tentara Timor Leste," ujar Aslizar. Menanggapi hal tersebut, Panglima TNI mengatakan, keinginan peningkatan kerjasama dari Angkatan Bersenjata Timor Leste akan dibahas kembali bersama Kementerian Pertahanan.

Djoko mengimbau, kerja sama antarmiliter Indonesia dan Timor Leste tidak sebatas kerja sama pendidikan. Melainkan, kerjasama itu juga mencakup kerjasama pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) Timor Leste, khususnya pengadaan kapal perang yang diproduksi PT PAL.

Sebelumnya, Panglima TNI kembali melakukan mutasi terhadap 13 perwira tinggi di jajaran TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Mutasi yang mulai berlaku sejak 17 Mei 2010 ini, berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI nomor : Kep/332/V/2010, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. (Feber Sianturi)

Satgas Pom TNI Latihan Deteksi Bom

Minggu, 30 Mei 2010 - 19:41 WIB
LEBANON (Pos Kota) – Daerah konflik atau daerah yang telah dan atau sedang mengalami perang memiliki karakteristik khusus, antara lain adanya tingkat kerawanan terjadinya bahaya bom yang tinggi.

Bahaya bom tersebut bisa berupa bom mobil, ranjau darat atau bahkan bom bunuh diri dan termasuk bom-bom yang sebenarnya telah dijatuhkan oleh pihak yang bertikai terhadap pihak lawannya, tetapi gagal meledak atau biasa dikenal dengan istilah “UXO” (unexploded ordnance). Uxo-uxo tersebut memang gagal meledak, tetapi pada umumnya masih aktif dan sangat berbahaya.

Di beberapa wilayah Lebanon, masih banyak ditemukan Uxo peninggalan dari perang yang terjadi sebelumnya. Sebagian telah berhasil dijinakkan oleh satuan penjinak bom PBB, tetapi diduga masih banyak lagi Uxo yang tersebar dan belum terdeteksi keberadaannya, karena posisi yang acak pada wilayah-wilayah yang umumnya memiliki tekstur berbukit dan berjurang.

Satgas POM TNI Kontingen Garuda XXV-UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) meskipun fungsi utamanya sebagai Polisi Militer, namun wilayah operasinya tidak luput dari kerawanan bahaya bom-bom tersebut. Dalam melaksanakan tugasnya sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB, Satgas POM TNI juga dilengkapi dengan alat pendeteksi bom. Di samping itu, menyadari akan keaneka ragaman jenis bom tersebut, sangat perlu bagi Satgas POM TNI untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang cara pendeteksian dan penanganan bom atau Uxo yang kemungkinan ditemukan demi menghindarkan kecelakaan yang bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, dengan hubungan dan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik antara Satgas POM TNI dan Kompi Zeni Turki, Dansatgas POM TNI Konga XXV-B/UNIFIL, Letkol Cpm Ekoyatma Parnowo mengirimkan 3 orang perwiranya yaitu Kapten Laut (PM) Fajar Hasta Kusuma, Kapten Cpm Ashariarto dan Lettu Ckm Immanuel Irvanov Hutagalung untuk mengikuti pelatihan penggunaan alat pendeteksi bom yang diselenggarakan oleh Kompi Zeni Turki, yang salah satu spesialisasinya adalah sebagai satuan penjinak bom PBB.

Pelatihan tersebut berlangsung pada Sabtu, 29 Mei 2010 dan bertempat di markas Kompi Zeni Turki. Adapun materi pelatihan yang diterima, antara lain pengenalan jenis alat deteksi bom, cara pemakaian alat deteksi bom, pengenalan jenis bom yang umumnya berada di wilayah Lebanon dan cara pendeteksian bom bunuh diri, bom mobil dan Uxo.

Sebagai penutup kegiatan pelatihan tersebut adalah demonstrasi penanganan bom yang langsung melibatkan anggota Satgas POM TNI sebagai petugas penjinak bom. Pelatihan tersebut berlangsung dengan lancar dan dirasakan sangat bermanfaat dalam menunjang kegiatan operasional Satgas POM TNI. (puspen/syamsir)

Unifil Rekonstruksi Pembangunan Pertahanan di Lebanon

Senin, 31 Mei 2010
JAKARTA (Suara Karya): Pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertugas menjaga keamananan di Lebanon Selatan (United Nations Interim Force in Lebanon/Unifil) mengonstruksi ulang pembangunan benteng pertahanan dan keamanan di Lebanon. Indonesia Battalion menjadi tuan rumah dalam pertemuan yang khusus menyertakan Engineer Support Service (ESS) Unifil, baru-baru ini di Mayon Indobatt UN Posn 7-1 Adshit Al-Qusayr, Lebanon.

Siaran pers yang diterima Suara Karya dari Perwira Penerangan Konga XXIII-D/Unifil, Kapten TNI Michiko Moningkey di Lebanon Selatan menyebutkan, negara-negara yang ikut dalam pertemuan itu, antara lain Balgium Battalion, Portuguese Multi Role Engineer Unit (Porteng), Itallbatt Engineering Officer, Frenchbatt, Turkish Engineer Construction Company (Turkcoy), Spainbatt, Indian Battalion. Turut hadir, Wakil Komandan Indobatt, Letkol TNI (Mar) Guslin.

Selain itu, pertemuan juga menyertakan Civilian Unifil, seperti Malaysia Contingent, Belgium Battalion, China Battalion, Ghana Battalion, Nepal Battalion, Sector East ESS Officer, Republic of Korea Battalion, Portuguese Multi Role Engineer Unit (Porteng) UN Posn 2-31, serta Sector West ESS Officer. "Pertemuan rutin itu, untuk menyampaikan kesulitan-kesulitan yang ditemui di lapangan pada saat pelaksanaan konstruksi. Sekaligus, kegiatan pokok ini menjadi bagian untuk pemaparan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan Unifil di Lebanon Selatan," ujar Michiko.

Turkish Engineer Construction Company, seperti dikutip Michiko mengatakan, penundaan pembangunan tembok perlindungan ( T-wall) diantara jalan utama Sektor Timur UNIFIL dengan cek poin pertama, telah menjadi isu yang sangat mendesak. "Pembangunan tertunda karena masih banyaknya ranjau bom (uxo) di sekitar lokasi pembangunan," ujar Michiko.

Karena itu, Chief of Force Engineering Unifil Letkol (Indbatt) Jitendra Singh meminta agar persoalan tersebut segera ditindaklanjuti melalui penduduk lokal (pemilik lahan) untuk diadakan klarifikasi. Realisasi pembangunan T-wall baru mencapai 20 persen. Sementara itu, tutur dia, konstruksi pembangunan jalan baru mencapai 35 persen di daerah Ghajar.

Kampanye Keselamatan
Secara terpisah, Perwira Penerangan Konga XXV-B/Unifil Lettu TNI M Dahlan melaporkan, bahwa Unifil mengampanyekan keselamatan di jalan (road safety campaign). Berdasarkan data yang ada, sebanyak 25 persen kecelakaan yang terjadi terhadap kendaraan Unifil berada di dalam markas maupun di lokasi parkir.

"Memasuki pergantian musim, dari musim dingin ke musim panas di Lebanon khususnya Lebanon Selatan, menunjukkan kemungkinan traffic accident/incident pada kendaraan-kendaraan UN akan meningkat. Hal ini disebabkan dengan meningkatnya jumlah pengguna jalan raya dibandingkan pada musim dingin, di mana masyarakat akan lebih sering bepergian menggunakan kendaraan," ujarnya.

Pada Road Safety Campaign kali ini, Satgas POM TNI lebih mengintensifkan kegiatan patroli di jalan raya, seperti random dan permanent checkpoint, MP Patrol, MP Speedcheck, MP Checkpoint. Tujuannya, untuk memberikan efek kewaspadaan terhadap para pengemudi kendaraan Unifil selama berkendaraan. (Feber Sianturi)

TNI AL Imbau Penggunaan Kapal Layak Layar

Senin, 31 Mei 2010
JAKARTA (Suara Karya): TNI Angkatan Laut mengimbau seluruh pengusaha pelayaran atau pemilik kapal laut niaga agar mengoperasikan kapal yang layak layar. Himbauan ini, seiring meningkatnya kecelakaan laut yang pada umumnya dialami kapal laut niaga.

"Kepada para pengguna laut, terutama kepada para pemilik kapal dan nakhoda agar selalu memperhatikan betul kondisi kesiapan kapalnya sebelum berlayar dan tetap melengkapi alat-alat keselamatan di kapalnya guna menghindari resiko yang tidak diinginkan," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Kolonel TNI Herry Setianegara di Jakarta, Sabtu (29/5).

Kurun waktu Mei 2010, dikatakan Herry, TNI AL melakukan search and rescue (SAR) terhadap enam kapal serta anak buah kapal yang mengalami kecelakaan di laut. "Kecelakaan, pada umumnya terjadi akibat kerusakan kapal," ujarnya.

Kapal-kapal tersebut, seperti KM Kincir Mas I mengalami kecelakaan di perairan Selat Rupat, KM Nidia yang mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan Seluma, KM Anugerah Marana-2 yang patah di perairan pulau Lelang Selat Belia, KM Marina Batam-11 yang kandas di perairan Batu Tokong Tanjung Batu, KM Kurnia yang mengalami kecelakaan di sungai Citanduy Kalipucang kecamatan Pangandaran dan KM Sahabat May yang tenggelam di perairan Senayang.

Selain mengevakuasi kapal, SAR TNI AL juga menyelamatkan anak buah kapal yang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. Sementara itu, TNI AL melaksanakan SAR terhadap 7 (tujuh) kali kecelakaan di laut kurun waktu bulan Mei 2010, diantaranya SAR KM Kincir Mas I yang mengalami kecelakaan di perairan Selat Rupat saat hendak melakukan pelayaran dari Port Klang tujuan Dumai.

Kapal pengangkut sembako sekitar 160 ton tersebut dinakhodai Muhammad Ilham dan 14 ABK, mengalami kebocoran pada selang bahan bakar hingga mengenai mesin kapal lalu menimbulkan api dan terbakar.

Kejadian tersebut 14 orang ABK termasuk nakhoda berhasil diselamatkan oleh KRI dan Patkamla selanjutnya dievakuasi ke balai pengobatan Lanal Dumai untuk mendapatkan perawatan. Sementara KKM (Kepala Kamar Mesin) Lim Hok Seng (60) hilang tenggelam.

Di tempat lain, anggota Posal Seluma di bawah jajaran Lanal Bengkulu memberikan dukungan SAR terhadap KM Nidia yang mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan Seluma. Dari tujuh awak kapal, enam orang berhasil diselamatkan dan satu orang yang sebelumnya dinyatakan hilang atas nama Akmal (50) telah ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa.

KM Anugerah Marana-2 yang patah di perairan pulau Lelang Selat Belia akibat cuaca buruk berhasil diselamatkan Patkamla II-4-42/Burun, 8 ABK dievakuasi ke Tanjung Balai Karimun. (Feber Sianturi)

Minggu, 30 Mei 2010

DAFTAR ISI KLIPING TGL 30 MEI 2010

1. Pencuri Sarang Walet Dikoordinir Oknum TNI Dibekuk...
2. TNI AL Gandeng BRI
3. TNI Canangkan KB-Kesehatan Terpadu

Pencuri Sarang Walet Dikoordinir Oknum TNI Dibekuk

Sabtu, 29/05/2010 13:42 WIB
Harry Purwanto – detikSurabaya
Lumajang - Spesialis perampokan sarang walet dibekuk jajaran Reskrim Polres Lumajang. Para pelaku pencurian ini diduga dikoordinir oleh seorang oknum TNI AD.Ketiga pelaku yakni, Fajar Adi Saputra (30) Warga Desa Sumbersari, Kecamatan Rowokangkung ditangkap di Buduran Sidoarjo, Imam Damiri (30) dan Muhammad Tamiyis (27) warga Desa Bades Kecamatan Pasirian ditangkap di rumahnya masing-masing."Pencuri sarang walet yang beraksi di wilayah Kecamatan Pasirian dikoordinir oleh Oknum TNI AD," kata Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Kusmindar, pada wartawan di Mapolres Lumajang. Komplotan pencuri sarang walet ini beraksi di 3 tempat. 1 TKP di rumah walet Desa Kalibendo milik H, Muhammad Suyoto, Kecamatan Pasirian. Sedangkan, dua kali aksi lainnya di Desa Bades, Kecamatan Pasirian milik H. Hosen.

"Komplotan mereka 6 orang, kami masih mengejar NG dan SP. Sedangkan oknum TNI AD insial AL juga masih diburu," ungkap Kusmindar. Dalam aksinya, para pelaku menggunakan linggis untuk merusak pintuk gerbang rumah sarang walet. Sedangkan untuk mengambil sarang walet menggunakan stik dari besi.

"Setiap selesai beraksi mereka berpencar untuk menghindari kejaran petugas, beruntung hasil olah TKP dan sidik jari pelaku. Ternyata mereka residivis sehingga gampang untuk mengungkapnya," jelas kusmindar. Akibar perbuatanya, kini 3 pelaku dijebloskan dalam pengapnya sel Mapolres Lumajang. Mereka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan Anacaman kurungan 5 tahun penjara.

TNI AL Gandeng BRI

Minggu, 30 Mei 2010 00:41 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta - Direktur Utama BRI Sofyan Basir dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut RI Laksamana TNI Agus Suhartono , S.E, menandatangani nota kesepahaman di Markas Besar TNI AL Cilangkap Jakarta Timur, terkait penyediaan layanan perbankan pembayaran gaji anggota TNI AL khususnya di lingkungan Armada Barat dan Kobangdikal Surabaya, melalui rekening perorangan BRI. TNI AL yang tersebar di seluruh penjuru laut Indonesia membutuhkan dukungan semua pihak untuk kelancaran tugasnya, antara lain kemudahan anggotanya untuk mengambil dan memanfaatkan gajinya di manapun berada.

BRI dengan jaringan terbesar di Indonesia, akan memberi pelayanan gaji dan perbankan lainnya. Para juru bayar tidak perlu mengambil fisik uang dari BRI. Anggota TNI AL juga memperoleh manfaat features produk BRI, antara lain Kartu ATM BRI atau BRI Card, dan ikut undian berhadiah periodik setiap tahunnya. Khusus Tabungan BRI Britama akan disertai fasilitas gratis asuransi kecelakaan 250% dari saldo mengendap atau maksimal Rp 100 juta. BRI siap pula melayani anggota TNI AL untuk pembiayaan seperti kredit pengadaan/konstruksi dan Bank Garansi untuk mitra kerja TNI AL, kredit konsumtif/produktif untuk Prajurit, PNS dan koperasi TNI AL.

TNI Canangkan KB-Kesehatan Terpadu


Sabtu, 29-05-2010
WAJO,UPEKS-Dalam rangka meningkatkan kesehatan, Komando Distrik Militer (KODIM) 1406 Wajo, mencanangkan kegiatan bakti sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan secara terpadu di Kecamatan Tanasitolo. Kegiatan yang telah berlangsung selama 24 tahun itu, merupakan rangkaian dari tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang, yaitu membantu pemerintah dan masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Komandan Komando Distrik Militer 1406 Wajo, Letkol Inf Lismer Lumban Siantar, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan sosial yang dilakukan TNI kepada pemerintah dan masyarakat. "TNI dalam hal ini Kodim 1406 Wajo, merasa terpanggil dan berkewajiban melaksanakan tugas-tugas sosial seperti halnya bakti sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan secara terpadu yang dipusatkan di Kecamatan Tanasitolo," ungkap Lismer yang juga selaku Dansatgas Bhakti Sosial. Dalam kegiatan selanjutnya akan dilakukan pemberian pelayanan gratis kepada masyarakat, baik menyangkut program KB maupun program kesehatan. (bah)

Sabtu, 29 Mei 2010

DAFTAR ISI KLIPING TGL 29 MEI 2010

1. Supermal Gelar Musik Persahabatan US Navy-TNI AL
2. Depkes-TNI AL Kerjasama Layani Kesehatan Penduduk ...
3. Satroni Rumah TNI AL,Dua Pencuri Keok Dimassa
4. Lanud Jaya Pura Operasi Patok Amankan Aset
5. Korban Tewas Kapal Patoli TNI AL di Anambas Ditemu...
6. Teliti Kota China, Unimed-Lantamal kerjasama

Supermal Gelar Musik Persahabatan US Navy-TNI AL

28 Mei 2010, 11:50:34 Laporan Noer Soetantini
suarasurabaya.net Mengakhiri Surabaya Shopping Festival (SSF), Supermal menggelar musik persahabatan US Navy dengan TNI AL, 29-30 Mei 2010. TISYANI FEIDIATY Advertising & Promotion Coordinator pada suarasurabaya.net, Jumat (28/05), mengatakan, US Navy ini menampilkan Orient Express dari armada ke-7 Amerika yang berpangkalan di Yokosuka Jepang. Band ini terdiri dari 8 orang musisi professional AL Amerika. “Mereka biasa memainkan lagu-lagu yang energik dan biasa memainkan lagu-lagu STEVIE WONDER, JOURNEY, AVRIL LAVIGNE, MULAN JAMEELA dan KATIE PERRY,”kata TISYANI.
Sedangkan TNI AL menghadirkan Fleet Band terdiri dari 11 person yang akan bersama-sama menghibur pengunjung mal. Mereka dipimpin oleh Letnan satu pelaut FARID sebagai gitaris dan sersan satu WIJANG sebagai lead vocal. Lagu yang akan dibawakan adalah Ayang-ayangku, Cinta mati, pelan-pelan saja dan lain sebagainya. “Dalam keseharian mereka bertugas di berbagai kapal antara lain satuan kapal selam, satuan kapal support dan dari Satuan musik Lantamal V,”ujarnya. Dalam Musik Persahabatan 2010 ini mereka akan menampilkan musik kolaborasi antara US Navy, TNI AL dan Holdinghands band dari SMAN V Surabaya pemenang Deteksi Band tahun 2008. Dalam kolaborasi mereka menampilkan lagu-lagu yang hit saat ini baik musik Indonesia maupun barat.

Dalam Musik Persahabatan di Supermal kali ini komunitas-komunitas begitu antusias ingin turut ambil bagian memeriahkan acara tersebut. Mereka ingin merasakan hangatnya nuansa persahabatan kedua negara. Komunitas-komunitas tersebut, diantaranya, Aiki-jujitsu, Taichi wushu, Airsoftgunner, Magician, band-band ternama di Surabaya dan Sidoarjo, rapper, cadet AAL dengan drumband dan bandnya, sekolah kepribadian Natasa.
Bahkan siswa dari sekolah berkebutuhan khusus tuna rungu akan tampil dengan tarian tradisionalnya yang lemah gemulai. Pengunjung juga akan dibawa dalam suasana Seamann brotherhood dengan banyak ditampilkan maket-maket kapal perang, benda-benda khas Angkatan Laut, serta foto-foto latihan dan kerjasama kedua Negara yang selama ini dilaksanakan. Satu hal lagi yang tidak kalah menarik selain bisa berfoto bersama dengan tentara-tentara, pengunjung bisa berfoto menggunakan atribut militer dengan Indonesian maupun American style.

Depkes-TNI AL Kerjasama Layani Kesehatan Penduduk Pulau Terluar

28 Mei 2010, 16:17:32 Laporan Eddy Prastyo
suarasurabaya.net TNI AL dan Departemen Kesehatan menandatangani perjanjian kerjasama pelayanan kesehatan masyarakat pulau terluar dan terpencil serta kawasan bencana alam di Indonesia. Penandatanganan itu dilakukan Laksamana TNI AGUS SUHARTONO Kepala Staf TNI AL dan ENDANG RAHAYU SEDYANINGSIH Menteri Kesehatan di atas KRI dr Soeharso kapal rumah sakit terbesar di Indoensia yang berlabuh di Dermaga Ujung, Koarmatim, Jumat (28/05).
Kerjasama ini merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman Bersama antara Menkes dengan Departemen Pertahanan serta TNI AL tentang pelayanan kesehatan bagi masyarakat pesisir, pulau kecil terluar, pulau di perbatasan, dan daerah bencana pada Mei 20010 lalu. Menteri Kesehatan mengatakan luasnya wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan dan tidak meratanya penyebaran penduduk membuat pelayanan kesehatan menjadi sulit dilakukan. Diakuinya, Depkes punya keterbatasan, baik dari segi sarana prasarana maupun tenaga kesehatan untuk menjangkau daerah-daerah terpencil dan terluar negeri ini.

Di lain sisi, TNI AL punya sarana dan prasarana memadai untuk menjangkau masyarakat di pulau-pulau terpencil dan terluas. Sinergi ini, kata ENDANG, juga melibatkan asosiasi profesi seperti Ikatan Dokter Spesialis Anestesi Indonesia (IDSAI), Persatuan Ahli Bedah Indonesia (PABI), dan diharapkan dalam kerjasama 5 tahun ini, asosiasi profesi kesehatan lain bisa ikut bergabung. Laksamana TNI AGUS SUHARTONO menambahkan, TNI AL sesuai ruang lingkup dan kerjanya akan menyediakan trasnportasi medik berupa kapal rumah sakit maupun ambulan udara serta menyediakan fasilitas medis ruang perawatan, kamar operasi, alat bantu diagnostik, dan terapi pembedahan. (edy)

Satroni Rumah TNI AL,Dua Pencuri Keok Dimassa

Jumat, 28 Mei 2010 00:30
(Sumatra Express). Satroni rumah seorang perwira TNI AL di Jl Urip Sumihardjo, Lr Kebumen, Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan IT II, dua pencuri kena batunya. Kepergok warga, ditangkap dan dihajar hingga babak belur. Bahkan salah satunya kena tikam di punggung dan bacokan di kepala serta tangan, dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, kemarin. Tersangka yang kena tikam dan bacok itu, Herwan alias Boy (20), warga Jl Penyaringan, RT 06, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan IT II. Sedangkan temannya, Yanuardi alias Iyan (25), juga warga Jl Penyaringan, RT 04/01, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan IT II, Palembang.

”Perbuatan mereka (tersangka) diketahui warga, hingga mereka sempat dihakimi. Bahkan salah seorang tersangka (Herwan) terpaksa menjalani perawatan medis, akibat luka-luka yang dialaminya. Saat ini kedua pelaku telah kita amankan di polsek. Sebelumnya, mereka pernah mencuri laptop di Jl Pandawa, 2 Ilir,” kata Kapolsek IT II AKP Surachman, didampingi Kanit Reskrim Iptu Lutfi Armanza.

Kedua tersangka mengendarai motor Yamaha Mio Soul bernopol BG 2439 UG, untuk berkeliling mencari sasaran rumah kosong yang ditinggal pergi penghuninya. Dalam aksinya di rumah perwira TNI AL kemarin, tersangka mencongkel pintu rumah korban dengan obeng dan linggis. Sialnya, saat mereka di dalam kamar, penghuni rumah pulang. Kedua tersangka diteriaki maling, membuatnya langsung kabur.

Apesnya lagi, mereka kabur ke arah jalan buntu. Ditambah motornya oleng, kedua tersangka terjatuh. Tak ayal warga yang mengejarnya, langsung menghakiminya. ”Kami baru duo kali maling, terakhir maling laptop itulah di Jl Pandawa. Barangnyo sudah kami jual. Tadi (kemarin) rencanonyo nak ngambek handphone samo emas di rumah itu, tapi ketahuan samo yang punyo rumah yang balek,” aku tersangka Herwan, saat diobati di RSMH Palembang, kemarin. (mg19)

Lanud Jaya Pura Operasi Patok Amankan Aset

Jumat, 28 Mei 2010 - 6:42 WIB
JAYAPURA (Pos Kota) – Pangkalan TNI AU Jayapura memiliki aset tanah yang cukup luas mencapai 3.132.739 m2, dan ditutupi semak belukar yang rimbun, sehingga sangat rawan terhadap pemanfaatan aset tanah oleh pihak lain.

Karena itu, dalam rangka pengamanan aset, dilaksanakan upaya pemasangan patok beton dan besi untuk memagari areal, serta dilaksanakan operasi patok setiap triwulan. Operasi patok ini merupakan program kerja Dinas Operasi Lanud Jayapura, yang dilaksanakan oleh seluruh anggota Lanud Jayapura.

Kesempatan kali ini operasi patok dipimpin langsung Komandan Lanud Jayapura, Kolonel Pnb Andi Heru Wahyudi, yang belum lama ini melaksanakan serah terima jabatan. Hal ini merupakan bukti keseriusan Komandan dalam hal pengamanan aset. Di tiap-tiap patok yang di ukur, Komandan selalu mengecek posisi keberadaan patok dengan data yang ada.

Dalam apel sebelum pemberangkatan, Kadisops Lanud Jayapura, Mayor Nav Indrastanto menyampaikan ”Pengukuran patok-patok ini dilaksanakan secara berkala dengan tujuan untuk menghindari pergeseran patok, atau bahkan hilangnya patok-patok yang sudah ditanam.” Patok- patok tersebut di ukur dan ditanam sesuai Sertifikat No. P. 627 dan No. P. 628 sesuai lembar ukur, No. Lembar 54.1-47.157.

Permasalahan tanah di Papua sangat rawan terjadi gesekan dan kesalahpahaman jika tidak diluruskan dan atas kesepakatan bersama. Hal ini dikarenakan kepemilikan sertifikat atas tanah harus disertai bukti pelepasan yang disetujui dalam musyawarah kampung. (pentak lanud jayapura/syamsir)

Korban Tewas Kapal Patoli TNI AL di Anambas Ditemukan

Jumat, 28 Mei 2010 23:45 WIB Peristiwa Umum Dibaca 394 kali
Tanjungpinang, 28/5 (ANTARA) - Salah seorang korban kapal patroli milik TNI AL yang terbakar dan tenggelam di Perairan Lingai, Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (20/5) ditemukan dalam keadaan meninggal, Jumat petang. Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Kepulauan Anambas, Agus Raja Unggul, yang dihubungi dari Tanjungpinang, Jumat malam, membenarkan adanya penemuan mayat di sekitar lokasi kejadian kapal tenggelam tersebut.

"Benar, diperkirakan mayat tersebut korban kapal milik TNI AL yang tenggelam karena ditemukan di sekitar lokasi kejadian oleh nelayan," kata Agus. Korban tersebut menurut dia diperkirakan prajurit TNI AL bernama Serka Hartono yang merupakan salah satu korban dari tiga korban yang dinyatakan hilang saat kejadian. Menurut dia, mayat yang ditemukan oleh nelayan sekitar pukul 15.30 WIB itu sudah dalam keadaan yang cukup mengenaskan dengan kondisi wajah yang sudah sulit dikenali.

"Di tubuh mayat tersebut masih terpasang seragam loreng milik TNI yang diduga kuat sebagai Serka Hartono," katanya. Mayat itu langsung dibawa ke pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Tarempa, Anambas dengan pengawalan dari Pangkalan TNI AL Tarempa.

Tabah
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Anambas, Yusrizal, di Tanjungpinang mengatakan keluarganya cukup tabah menerima cobaan yang menimpa istrinya Mauli Yulianty yang sampai saat ini masih dinyatakan hilang dalam musibah kapal terbakar dan tenggelam tersebut. "Alhamdulillah, keluarga besar kami tabah menerima cobaan akibat musibah yang menimpa istri saya," kata Yusrizal.Menurut dia, empat orang anaknya juga sangat tabah menerima cobaan ibunya masih dinyatakan hilang dalam musibah kapal tenggelam tersebut. "Saya bersyukur anak-anak saya juga tabah menerima cobaan ini," ujarnya.Yusrizal mengatakan, pencarian tetap dilakukan oleh nelayan, pihak TNI AL dan dan dari unsur lainnya. "Hanya dari `Search and Rescue" atau SAR Tanjungpinang yang sudah menghentikan pencarian sejak Rabu (26/5)," ujarnya.
Yusrizal mengatakan, pencarian menurut dia akan berlanjut sampai pekan depan bersama-sama nelayan dan TNI AL. "Mohon doanya ya, agar ibu bisa ditemukan," harapnya. Kapal patroli milik TNI AL terbakar dan tenggelam di Perairan Lingai, Kepulauan Anambas pada Kamis (20/5) sekitar pukul 09.30 WIB. Kapal tersebut membawa 22 orang penumpang yang sebagian besar pengurus PKK Kabupaten Kepulauan Anambas yang sedang dalam perjalanan kunjungan kerja ke Pulau Jemaja dari Tarempa.

Dalam kejadian itu, 19 korban selamat, namun sebagian mengalami luka bakar dan patah tulang. Satu korban ditemukan dalam keadaan meninggal bernama Serka Hartono yang sebelumnya dinyatakan hilang bersama dua korban lainnya.Korban yang dinyatakan masih hilang adalah Mauli Yulianty istri dari Yusrizal (Plt Bupati Kepulauan Anambas) dan Dodi Harayudha staf Humas Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas. (NP/K004)

Teliti Kota China, Unimed-Lantamal kerjasama

Saturday, 29 May 2010 05:18
MEDAN - WASPADA ONLINE. Pusat studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial (Pussis) Universitas Negeri Medan dan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) Belawan menjajaki kerja sama penelitian bawah air di sungai-sungai jalur masuk (entrance) ke Situs Kota China.

Kepala Pussis Unimed, Phill Ichwan Azhari di Medan, tadi malam mengatakan, penjajakan kerja sama ditandai dengan kedatangan Kadis Potensi Maritim Lantamal Belawan Letkol Laut (S) Ferdinand Junjungan ke Museum Situs Kota China di Desa Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, kemarin. Maksud kunjungan itu disamping untuk melihat Museum Situs Kota China, sekaligus juga untuk menjajaki dan menjalin kerja sama terutama terkait dengan penelitian bawah air di sungai-sungai jalur masuk ke Kota China sejak abad ke-12.

"Situs Kota China adalah bandar perniagaan kuno di Medan sejak abad ke-12 hingga ke-14. Hal ini patut disambut baik, karena masih ada orang yang peduli dengan situs sejarah," katanya. Dalam kunjungan itu Ferdinand Junjungan mengatakan, Lantamal Belawan merasa tertarik untuk menjalin kerja sama dengan Pussis Unimed terutama untuk membongkar jejak sejarah di kawasan Medan Marelan. "Namun Letkol Ferdinand pada kesempatan itu juga mengingatkan bahwa untuk melakukan penelitian bawah air seperti menggunakan alat-alat penyelam membutuhkan perizinan yang jelas dari instansi terkait," kata Ichwan menjelaskan. Staf peneliti Pussis Unimed Erond Damanik mengatakan, jalur sungai (riverine) menuju Kota China seperti Sungai Deli yang bermuara ke Belawan memiliki peran strategis yang menghubungkan dataran tinggi Karo dengan Lembah Deli. Setidaknya hal itu dibuktikan oleh temuan bongkahan perahu tua di sekitar Danau Siombak yang kini disimpan di rumah salah satu warga Kota China di Keluarahan Paya Pasir. Di Marelan sendiri, lanjutnya, sungai itu dibagi dalam beberapa anak sungai yang ukurannya sangat lebar seperti Sungai Terjun yang merupakan jalur masuk ke Danau Siombak. Ia juga menjelaskan, pada awalnya Kota China merupakan daerah berair (rawa) yang mengalami proses sedimentasi sehingga terjadi pengendapan delta selama kurang lebih 900 tahun yang kini menjadi daratan.

Hal ini menyebabkan kawasan Kota China seolah-olah jauh dari pesisir pantai laut Belawan. Oleh karena itu, mengingat pentingnya jalur sungai di sekitar Situs Kota China sebagai jalur pelayaran menuju Bandar Kota China pada abad ke-12-14, maka penelitian-penelitian intensif di daerah sungai sangat potensial dilakukan. Hal ini bertujuan terutama untuk mengetahui sebaran temuan-temuan artefak di sekitar sungai menuju Kota Cina. Hal ini tampak pada Sungai Terjun yang digali oleh Pemerintah Kota Medan terutama untuk mengendalikan banjir yang terjadi di Desa Terjun. "Pada saat pelurusan dan pendalaman tersebut, sejumlah benda kuno seperti keramik dan tembikar sangat banyak ditemukan. Semua temuan itu saat ini disimpan di Meseum Situs Kota China," katanya.

Jumat, 28 Mei 2010

DAFTAR ISI KLIPING TGL 28 MEI 2010

1. Rusuh Pilbup MojokertoAjukan Pensiun, Anggota TNI ...
2. Kasau Lantik Kadiskesau
3. Gubernur Akmil Tinjau Lokasi Praja Bakti di Tegal

Rusuh Pilbup MojokertoAjukan Pensiun, Anggota TNI Inisial 'R' Diperiksa Intensif

Kamis, 27/05/2010 15:15 WIB
Tamam Mubarrok - detikSurabaya
Mojokerto - Kasdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Leo Siegers mengaku ada anggota TNI AD berinisial R diperiksa terkait kerusuhan di area DPRD dan Pemkab Mojokerto, beberapa hari lalu. Anggota TNI AD yang diperiksa itu bertugas di Mojokerto. "Selama ini belum terbukti. Setahu saya, yang bersangkutan masih dalam tahap pemeriksaan intensif," kata Kasdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Leo Siegers, kepada wartawan di sela-sela kunjungan ke Kodim 0815/Citra Panca Yudha Jaya, Mojokerto, Kamis (27/5/2010).

Informasi yang dihimpun detiksurabaya.com, R merupakan anggota TNI AD aktif yang berpangkat Serka dan bertugas di Korem 082/Citra Panca Yudha Jaya, Mojokerto. Saat terlibat dalam unjukrasa, R sudah mengajukan pensiun dini.Namun pengajuan pensiun Serka R tersebut belum diproses di Korem 082/Citra Panca Yudha Jaya maupun diteruskan ke Kodam V/Brawijaya maupun Mabes TNI. "Anggota TNI yang berinisial R, memang masih aktif dan dalam proses pensiun," jelas Leo Siegers.

Informasi yang dihimpun detiksurabaya.com, R sempat dibawa dan diperiksa di Kodam V/Brawijaya. Namun sejak Rabu (26/5/2010), R dibawa ke Mojokerto dan ditahan di Markas Detasemen Polisi Militer V/2 Brawijaya, Jalan Veteran, Kota Mojokerto. Sebelumnya, kerusuhan di kawasan gedung DPRD dan Pemkab Mojokerto beberapa hari lalu, menyebabkan sedikitnya 33 mobil dinas dan pribadi rusak dibakar. Selain itu, kaca-kaca gedung DPRD dan Pemkab Mojokerto juga banyak yang pecah akibat lemparan batu. Kerusuhan itu diduga melibatkan oknum TNI dan Polri. Selain melibatkan anggota TNI AD, Serda R, juga diduga melibatkan anggota Brimob Polri, Bripda SH. Bahkan beberapa orang yang terlibat kerusuhan, sempat menggelar rapat di rumah SH, di Kecamatan Ngoro.

Kasau Lantik Kadiskesau

Kamis, 27/05/2010 - 17:17
KASAU Marsekal TNI Imam Sufaat SIP menyematkan tanda jabatan kepada Kolonel Kes dr. Mulyono F THT sebagai Kadiskesau menggantikan Marsma TNI dr. Mariono Reksoprodjo Sp OG, Sp Kp.

JAKARTA, (Pikiran Rakyat).- Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, SIP melantik Kolonel Kes dr. Mulyono F Sp THT sebagai Kadiskesau (Kepala Dinas Kesehatan TNI Angkatan Udara) yang baru menggantikan Marsma TNI dr. Mariono Reksoprodjo Sp OG, Sp Kp, di Mabesau Cilangkap, Kamis (27/5). Dihadiri Irjenau Marsda TNI K Inugroho, Asrena Kasau Marsda TNI Erry Biatmoko, Aspam Kasau Marsma TNI Gunpanadi, Asops Kasau Marsda TNI Panji Utama, Aspers Kasau Marsda TNI Rodi Suprasodjo, Aslog Kasau Marsda TNI Imam Wahjudi, Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Maya Imam Sufaat serta para pejabat Mabesau.

Pejabat Kadiskesau yang baru adalah alumnus Sepawamil tahun 1983 dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Sebelumnya bertugas sebagai Karumkit Salamun Bandung. Sedang pejabat lama adalah alumnus Sepawamil tahun 1979 dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan akan menjabat sebagai Kapuskes TNI. Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat SIP menyatakan, keberadaan Badan Pelaksana Pusat tingkat Mabesau termasuk di dalamnya Dinas Kesehatan TNI AU diharapkan mampu melaksanakan tugas pembinaan dan penyelenggaraan fungsi teknis dalam organisasi TNI Angkatan Udara. Oleh karena itu hendaknya dapat disikapi dengan implementasi leadership yang mampu memprediksi dan mengatasi setiap tantangan yang dihadapi.

”Tugas TNI AU ke depan semakin komplek, demikian juga permasalahan yang mungkin timbul di berbagai bidang. Namun saya yakin hal tersebut dapat diatasi jika kita memiliki sikap dan pemikiran yang cerdas, cermat dan komprehensif dengan mengedepankan kinerja maksimal,” ungkap Kasau. (Mun/das)

Gubernur Akmil Tinjau Lokasi Praja Bakti di Tegal

27 Mei 2010 19:20 wib Daerah
Slawi, CyberNews. Gubernur Akademi Militer (Akmil) Magelang, Mayjen TNI Gatot Nurmantyo berkunjung ke Kabupaten Tegal. Kunjungan alumni Akabri 1982 ini dilaksanakan dalam rangka memantau sasaran lokasi praja bakti Taruna Akmil Magelang yang akan berlangsung enam hari, tepatnya tanggal 31 Mei - 5 Juni 2010. Rombongan Gubernur Akmil ini memantau di tujuh dari 18 kecamatan lokasi praja bakti. Antara lain, yakni di Kecamatan Adiwerna, Talang, Tarub, Kedungbanteng, Pangkah, dan Margasari. Komandan Kodim (Dandim) 0712 Tegal, Letkol Arhanudse Elman Nawendro mengatakan, kunjungan Mayjen TNI Gatot Nurmantyo ini dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan praja bakti.

"Saat pembukaan Praja Bakti di Sekretariat Pemkab Tegal nanti, beliau (Mayjen Gatot Nurmantyo-) tidak bisa hadir lantaran ada kepentingan ke negara Korea Selatan. Untuk itu, Gubernur Akmil menyempatkan diri hadir guna mengecek lokasi praja bakti," katanya. Pimpinan Taruna Akmil Magelang ini tiba di Tegal, sekitar jam 08.30 WIB. Setelah itu, menurutnya, rombongan didampingi pejabat Pemkab Tegal langsung meninjau sasaran lokasi praja bakti. Adapun, sasaran fisik dalam kegiatan ini nantinya antara lain, normalisasi saluran air, pembuatan dan pengerasan jalan desa, talud, pemavingan serta pemugaran rumah keluarga miskin maupun tempat MCK (mandi cuci kakus).

Tak hanya itu, Elman Nawendro menjelaskan, Gubernur Akmil juga mengecek rumah-rumah penduduk di sekitar lokasi praja bakti. Sebab, anggota Taruna Akmil nantinya juga akan menginap di tempat tersebut. Kegiatan praja bakti ini termasuk dalam program dan masuk dalam kurikulum Akmil Magelang. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Drs Haron Bagas Prakosa MHum menuturkan, dana yang dialokasikan untuk pembangunan fisik itu mencapai Rp 331.500.000. Untuk sumber dana berasal dari APBD II Kabupaten Tegal (akselerasi) maupun swadaya. Adapun, praja bakti ini bakal berlangsung di 22 desa di 18 kecamatan di Kabupaten Tegal.

Kamis, 27 Mei 2010

DAFTAR ISI KLIPING TGL 27 MEI 2010

1. Panglima TNI Terima Panglima AB Timor Leste & Kasa...
2. Kasau Terima Athan Swiss
3. Pangkostrad Terima Brigadier General Chan Chun Sin...
4. Tiga Batalyon TNI AD Back Up Pilkada Eks-Surakarta...
5. US Navy Mendarat di Ujung
6. Rusuh Pilbup MojokertoPolda Jatim dan Kodam V Belu...
7. SAR Hentikan Pencarian Bangkai Kapal Patroli AL
8. Perbatasan RI-RDTL Belum Tuntas

Panglima TNI Terima Panglima AB Timor Leste & Kasad Singapura

Rabu, 26 Mei 2010 - 20:19 WIB
JAKARTA (Pos Kota) - Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, di dampingi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Johanes Suryo Prabowo dan Kapuspen TNI Mayjen TNI Aslizar Tanjung, SE, MBA menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Demokratik Timor Leste Mayjen Taur Matan Ruak yang di dampingi Duta Besar Timor Leste H. E. Mr. Manuel Serrano beserta Staf di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (26/5).

Pada pertemuan tersebut Panglima Angkatan Bersenjata Timor Leste menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas bantuan serta dukungan yang telah diberikan pemerintah Indonesia, khususnya TNI dalam bidang pendidikan sumber daya manusia tentara Timor Leste. Pada kesempatan ini Pangab Timor Leste mengharapkan peningkatan kerja sama antar Angkatan Bersenjata kedua negara yang lebih luas lagi meliputi bidang pendidikan yaitu Akmil dan Sesko Angkatan/TNI, kerja sama keamanan maritim dan kerja sama keamanan perbatasan. Pangab Timor Leste juga mengundang Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Agus Suhartono untuk menghadiri peresmian dua kapal perang Timor Leste produksi China.

Menanggapi hal tersebut, Panglima TNI menjelaskan bahwa keinginan Pangab Timor Leste dalam hal kerja sama di bidang pendidikan khususnya Akmil, Sesko Angkatan/TNI bahkan Lemhannas dan Universitas Pertahanan (UNHAN) terlebih dahulu akan dibahas lebih lanjut dengan Kemenhan RI. Panglima TNI juga menghimbau kepada Pemerintah Timor Leste, khususnya Angkatan Bersenjata Timor Leste agar di masa yang akan datang dapat mempertimbangkan pengadaan Alutsista khususnya kapal perang dari produksi PT. PAL Indonesia.

Pada hari yang sama Panglima TNI menerima kunjungan kehormatan Kepala Staf Angkatan Darat Singapura Brigadir Jenderal Chan Chun Sing yang di dampingi Duta Besar Singapura dan Athan Singapura dalam rangka perkenalan, sehubungan dengan jabatan barunya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat Singapura yang baru. (puspen/syamsir)

Kasau Terima Athan Swiss

Rabu, 26 Mei 2010 - 19:36 WIB
JAKARTA (Pos Kota) – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., menerima Kunjungan Atase Pertahanan (Athan) Swiss Colonel GS Rolf Odermatt di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (26/5).

Kunjungan Athan Swiss tersebut bertujuan untuk memperkenalkan diri dan kemungkinan menjalin kerjasama antara kedua negara khususnya di bidang Alutsista yang diproduksi Negara Swiss.

Dalam kesempatan tersebut itu Kasau didampingi Asisten Pengamanan Kasau (Aspam) Marsma TNI Gunpanadi, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Bambang Samoedro, S.Sos dan Paban IV Hublu Kolonel Pnb. Andjar Sungkowo.

Tampak Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., berjabat tangan dengan Athan Swiss Colonel GS Rolf Odermatt seusai bertukar cinderamata di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur. (dispenau/syamsir)

Pangkostrad Terima Brigadier General Chan Chun Sing

Rabu, 26 Mei 2010 - 19:55 WIB
JAKARTA (Pos Kota) – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen TNI Burhanudin Amin, menerima kunjungan kehormatan Chief of Army Singapore Armed Brigadier General Chan Chun Sing, yang didampingi Colonel Wong Yu Han Danbrigif-3/SB, Colonel Tham Chong Yean Athan Singapura dan Colonel David Chua Atdar Singapura.

Turut hadir mendampingi Pangkostrad, Aspam Kasad, Paban V/Hublu Spamad, Atase Darat RI di Singapura, Irkostrad, Asren Kostrad dan para Asisten Kaskostrad. Usai tatap muka dan ramah tamah, dilaksanakan tukar menukar cinderamata dan dilanjutkan foto bersama di depan Serambi Kehormatan Makostrad.

Tiga Batalyon TNI AD Back Up Pilkada Eks-Surakarta

26 Mei 2010 21:10 wib Daerah
Klaten, CyberNews. Kodam IV/ Diponegoro menyiapkan tiga batalyon TNI AD untuk mendukung pengamanan pemilu kepala daerah di wilayah Eks-Karesidenan Surakarta. Tiga batalyon itu akan dikerahkan membantu Polri dalam kondisi tertentu sehingga pelaksanaan pilkada di Eks-Karesidenan Surakarta berjalan aman.

Pangdam IV/ Diponegoro, Mayjen TNI Budiman menjelaskan pada prinsipnya Kodam hanya menyiapkan satu batalyon untuk wilayah Eks Karesidenan Surakarta yakni Yonif 408/Suhbrasta di Sragen selama pilkada. "Namun kalau belum cukup diambilkan batalyon terdekat," jelasnya, Rabu (26/5).

Dia mengatakan TNI AD berkomitmen ikut mensukseskan pelaksanaan pilkada yang aman dan demokratis. Untuk itu di setiap Kodim disiapkan 500 orang didukung Yonif 408/ Suhbrasta. Batalyon tersebut siap di markas tetapi jika diperlukan siap bergerak. Namun jika satu batalyon belum memadai pada kondisi tertentu, Batalyon terdekat akan dikerahkan yakni Batalyon Infanteri 405/Surya Kusuma di Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas dan satu lagi di Kabupaten Magelang.

Meski menyiapkan personelnya, tetapi Pangdam meyakini pilkada akan berjalan aman. Alasannya, masyarakat saat ini sudah lebih memahami jika pilkada diikuti aksi anarkhis yang akan rugi juga rakyat sendiri karena fasilitas dibangun dengan pajak. Selain menyiapkan anggota, Kodam secara khusus meminta anggota TNI AD untuk netral.

Sanksi Tegas
Netralitas menurut Pangdam merupakan sikap yang tidak bisa ditawar lagi dalam pilkada. Apabila didapati anggota yang nekat memihak dan mendukung salah satu pihak, Kodam tidak akan segan menjatuhkan sanksi tegas. "Netralitas bukan lagi penekanan tugas tetapi tidak bisa ditawar harus dilaksanakan," lanjut dia.

Dari pengamatan di beberapa daerah yang sudah melaksanakan pilkada di Jateng, Pangdam menilai semua pihak menerima dengan legowo atas kekalahan calon mereka. Misalnya di Kabupaten Gunung Kidul, Solo, Boyolali dan Kota Semarang semua berjalan lancar meski ada yang selisih angkanya hanya tipis.

Kodam sendiri tidak melihat atau memetakan ada daerah rawan keamanan. Pada prinsipnya jika kekuatan calon berimbang akan lebih dicermati. Disinggung kedatangannya di wilayah Surakarta, dia mengungkapkan hanya untuk memberikan arahan internal ke semua wilayah. Arahan rutin itu berkait tugas pokok TNI sehari-hari. Di Klaten, selain memberikan arahan tertutup kepada semua perwira Kodim, Pangdam mengunjungi Sekolah Komando Pendidikan dan Latihan Tempur (Dodiklatpur) di Kecamatan Klaten Selatan.
( Achmad Hussein /CN13 )

US Navy Mendarat di Ujung

[ Rabu, 26 Mei 2010 ]
KREMBANGAN (Jawa Post) - Kerja sama militer antara TNI-AL dan US Navy dalam Naval Engagement Activity (NEA) 2010 bakal dimulai hari ini (26/5). Rencananya, rombongan US Navy bersandar di Dermaga Ujung sekitar pukul 08.00. Hadir dalam rombongan itu Komandan Tempur Real 73 US Navy Admiral N.W. Tyson bersama empat kapal perang.

Salah satu kerja sama penting program tersebut adalah latihan tempur bersama. Mereka akan berlatih di Laut Jawa dan Banyuwangi untuk Marinir. Khusus di Surabaya, TNI-AL dan US Navy juga akan menyajikan hiburan khusus berupa penampilan musik kolaborasi.

''Keduanya akan tampil di City of Tomorrow (Cito) dan Supermall Pakuwon,'' jelas Kasubdispenum Dinas Penerangan Koarmatim Mayor Laut Drs Kariono MAP kemarin (25/5).Mereka akan tampil pada 28-29 Mei. Dalam acara tersebut, prajurit matra laut Indonesia akan menyajikan kolaborasi musik bersama prajurit US NAVY yang tergabung dalam The Orient Express Band. ''Begitu kapal mendarat, pasukan AS akan berpencar sesuai tugasnya. Ada yang musik, ada yang bakti sosial, dan sebagainya,'' ungkap Kariono.

Beberapa kesenian yang akan ditampilkan, antara lain, drum band mini dari kadet AAL, band SMAN 5 Surabaya, magic show, hip-hop dance, hingga paduan suara. The Orient Express Band merupakan band yang beranggota delapan prajurit US NAVY. Mereka selalu mengikuti perjalanan maupun segala operasi yang dijalankan AL Amerika.

Dipimpin Bradley Blanchard, band tersebut mengusung musik rock and roll dengan sentuhan musik milik Stevie Wonder, Journey, hingga Avril Lavigne. Kadang, mereka juga memainkan musik bergenre smooth pop jazz. (dim/hud)

Rusuh Pilbup MojokertoPolda Jatim dan Kodam V Belum Tahu Anggotanya Terlibat

Rabu, 26/05/2010 12:51 WIB Rois Jajeli - detikSurabaya
Surabaya - Aksi anarkis di area Gedung DPRD dan Pemkab Mojokerto beberapa waktu lalu diduga melibatkan seorang oknum TNI dan Polri. Untuk mengetahui kebenaran keterlibatan anggotanya itu, Kodam V/Brawijaya maupun Polda Jatim akan terlebih dulu melakukan penyelidikan.

"Saya masih belum dapat informasi itu. Nanti saya akan cek," kata Kapendam V/Brawijaya, Letkol (Inf) Achmad Mulyono, saat dihubungi detiksurabaya.com, Rabu (26/5/2010). Mulyono mengatakan, jika ada anggota yang terlibat melakukan pelanggaran disiplin maupun tindak pidana, akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Bahkan, hukuman yang terberat bagi anggota yang melanggar adalah dipecat.

"Pangdam menerapkan reward dan punishment bagi anggotanya. Kalau ada yang berhasil akan mendapatkan penghargaan, tapi kalau melakukan pelanggaran akan mendapatkan sanksi sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan. Pangdam juga menegaskan, jika ada anggota yang melakukan kesalahan dan pelanggaran tidak akan ditolelir," jelas Mulyono. Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Pudji Astuti, saat dihubungi tentang keterlibatan oknum anggota polisi dalam kerusuhan itu, masih belum mau berkomentar. Alasannya, masih mengikuti rapat.

"Maaf mas. Saya lagi rapat," ujar Kombes Pol Pudji Astuti. (bdh/bdh)

SAR Hentikan Pencarian Bangkai Kapal Patroli AL

Rabu, 26 Mei 2010 23:01 WIB
Tanjungpinang (ANTARA News) - Kepala Kantor "Search and Rescue" atau SAR Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Bambang Subagyo, menyatakan pihaknya sudah menghentikan pencarian terhadap bangkai kapal patroli milik TNI AL dan tiga korban hilang di perairan Lingai, Kepulauan Anambas.

"Hari ini kami sudah mulai menghentikan proses pencarian terhadap bangkai kapal patroli milik TNI AL dan tiga korban yang masih dinyatakan hilang di perairan Lingai, Kepulauan Anambas," kata Bambang di Tanjungpinang, Rabu malam.Kapal patroli milik TNI AL dinyatakan terbakar dan tenggelam di perairan Lingai, Kepulauan Anambas pada Kamis (20/5) sekitar pukul 09.30 WIB. Kapal tersebut membawa 22 orang penumpang yang sebagian besar merupakan pengurus PKK Kabupaten Kepulauan Anambas yang sedang dalam perjalanan untuk melakukan kunjungan kerja ke Pulau Jemaja dari Tarempa.

Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 19 orang dinyatakan selamat dengan luka bakar dan patah tulang. Tiga orang lainnya sampai saat ini dinyatakan hilang. Bambang mengatakan, sesuai dengan standar operasi dari Badan SAR Nasional (Basarnas), pencarian terhadap bangkai kapal dan korban yang masih dinyatakan hilang tersebut dilakukan selama tujuh hari.

"Waktu tujuh hari tersebut merupakan waktu efektif dalam pencarian bangkai kapal dan korban hilang," ujarnya. Seluruh tim gabungan menurut dia sudah ditarik kembali ke pos masing-masing, namun tetap berkomunikasi melalui stasiun radio pantai jika sewaktu-waktu ada ditemukan korban atau mayat yang mengapung diperairan Lingai. "Komunikasi tetap berlangsung, terutama dengan nelayan atau kapal-kapal yang berlayar disekitar lokasi kejadian," ujarnya.

Selama tujuh hari pencarian, menurut Bambang tidak ditemukan adanya tanda-tanda bangkai kapal maupun korban hilang. Kedalaman laut yang mencapai 62 meter sampai 65 meter menurut dia juga menjadi kendala bagi penyelam untuk mencari bangkai kapal maupun korban hilang. "Lautnya cukup dalam serta memiliki arus bawah laut yang cukup kuat," ujarnya.Akibat arus yang kuat tersebut, menurut Bambang, posisi bangkai kapal juga diperkirakan sudah bergeser jauh dari titik tempat tenggelam.

Sebanyak tiga orang korban yang dinyatakan hilang tersebut adalah Mauli Yulianty (istri Yusrizal, Pelaksana Tugas Bupati Kepulauan Anambas), Serka Hartono (anggota TNI AL) dan Dodi Harayudha (staf Humas Pemkab Kepulauan Anambas).(Ant/R009)

Perbatasan RI-RDTL Belum Tuntas

Rabu, 26 May 2010
JAKARTA, Timex--Sengketa perbatasan di daerah masih terus terjadi. Hingga saat ini Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) mencatat sebanyak 846 sengketa perbatasan yang belum terselesaikan. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemdagri Saut Situmorang menyebutkan, dari 946 sengketa lahan, 100 diantaranya telah tuntas. Dikatakan, dari 100 segmen batas yang telah selesai tersebut meliputi sengketa segmen batas daerah di empat provinsi dan 81 kabupaten/kota.Saut mengatakan diperlukan penyelesaian penegasan batas daerah yang cepat dan paralel secara nasional terhadap 846 segmen batas yang belum terselesaikan.Saut mengungkapkan, Kemdagri sedang berupaya untuk menyelesaikan sekitar 763 segmen batas antar daerah pada 2010-2014. "Kebutuhan alokasi anggaran untuk penyelesaian persoalan segmen batas tersebut mencapai Rp 641,5 miliar. Sementara, sisanya sebanyak 83 segmen batas akan diselesaikan pada 2015," jelas Saut kepada wartawan di Jakarta akhir pekan lalu.

Menurutnya, percepatan penegasan segmen batas antar daerah berdampak pada penyelenggaraan pemerintahan di daerah dan masyarakat. Antara lain, mencegah terjadinya konflik batas daerah yang dapat menimbulkan korban harta, benda dan jiwa serta ekonomi biaya tinggi, serta tercatatnya kode wilayah administrasi pemerintahan.Selain itu percepatan penyelesaian sengketa perbatasan akan mendukung pengoptimalan fungsi pemerintahan dan pembangunan di daerah, serta terlaksananya penyaluran dana perimbangan (DAK dan Dana Bagi Hasil) yang tidak menimbulkan konflik. Untuk mendorong partisipasi daerah, lanjut Saut, Kemdagri mendorong peran gubernur dalam memfasilitasi penyelesaian segmen batas antar kabupaten/kota di wilayahnya.

Sebelumnya, senator NTT, anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Emanuel Babu Eha dengan tegas meminta kepada pemerintah untuk menuntaskan persoalan perbatasan darat antara Indonesia-Timor Leste di Timor Barat-NTT. Eman Babu Eha menyebutkan, hingga kini sejumlah masalah di wilayah perbatasan RI-RDTL belum tuntas, salah satu diantaranya adalah belum tuntasnya penyelesaian lima titik di wilayah perbatasan NTT (Indonesia)-Timor Leste.

Titik-titik itu, kata Babu Eha adalah Subina Suni (Desa Inbate), Pistana (Desa Naibaban dan Desa Sunkaen), Tubu Banat (Desa Nailulat dan Desa Tubu), Nunpol/Fautben (Desa Haumeni Ana), Oelnasi (Desa Manusasi) serta Desa Oepoli (Perbatasan Citrana, Kabupaten Kupang dan Oecusi-Distrik RDTL). "Titik-titik yang masih bermasalah ini karena belum ada kesepakatan batas antar kedua negara. Masing-masing pihak mengklaim sebagai wilayahnya. Hal ini berpotensi konflik," katanya. (aln/fmc)

Rabu, 26 Mei 2010

DAFTAR ISI KLIPING TGL 26 MEI 2010

1. The Sukarno Center Gagas Pendidikan Semimiliter
2. Wapres Datang, Buleleng Dijaga Ketat
3. Latihan Anti Teroris
4. BNI Asuransikan 16 Ribu TNI-AL
5. Kunjungan Danlantamal VII ke Sabu Pos TNI AL Mempri...
6. TNI-Polri & Pemprov Gerak Jalan Santai
7. Oknum TNI Diduga Maling Motor

The Sukarno Center Gagas Pendidikan Semimiliter

Denpasar, Bali Post – Bung Karno dalam perjuangannya memerdekakan bangsa Indonesia dikenal sebagai pendiri Pasukan PETA (Pembela Tanah Air) pada masa pendudukan Jepang. Sejarah mencatat bahwa Pasukan PETA akhirnya menjadi cikal bakal dari berdirinya TNI yang menjadi penjaga kedaulatan bangsa Indonesia.

Cita-cita besar Bung Karno ini, kini diimplementasikan oleh putra putri terbaik bangsa dalam wadah The Sukarno Center yakni dengan rencana pelaksanaan program ”PETA” yakni Pelatihan Pemuda Pecinta Tanah Air (PETA) yang akan diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia.

Demikian diungkapkan Abhiseka Ratu Sri Wilatikta Tegeh Kori Kresna Kepakisan I Dr. Shri I Gst Ngrh. Arya Wedakarna MWS III (President The Sukarno Center) di sela-sela pertemuan di Kodam IX/Udayana. ”Bali akan menjadi pilot project dari kegiatan PETA ini. Tujuannya untuk mengingatkan generasi muda bangsa pada akar sejarah Republik ini. Mengingatkan terus pada sejarah bahwa Bung Karno sebagai Proklamator dan Presiden pertama RI mempunyai peran cukup penting untuk menjadikan TNI sebagai garda terdepan republik. Bahkan, TNI-AU sempat menjadi yang terkuat di Asia pada zaman Bung Karno. Semangat bangga dengan bangsa ini harus ditanamkan terus,” ungkap pria yang bergelar Raja Majapahit Bali ini.

Kata dia, telah banyak mendapatkan masukan dan arahan dari Kasdam IX/Udayana untuk penyempurnaan program PETA ini. Oleh karenanya dalam waktu dekat program ini akan dilaksanakan di Bali. ”Nantinya kita mohonkan juga sebagian instruktur dari kalangan militer selain juga instruktur dari kalangan sipil,” ungkap Wedakarna.

Adapun sasaran awal dari PETA 2010 ini adalah 300 orang pemuda dari unsur sekaa teruna, atlet, pramuka, PMR, Mapala dan unsur kepemudaan dari 9 kabupaten/kota yang akan mendapatkan pelatihan salama tiga minggu.

Selain pendidikan semimiliter, juga akan ada materi kepemimpinan Majapahit seperti Astabrata serta kegiatan kepemimpinan berbasis budaya Bali. ”Intinya bagaimana pemuda kita bisa mencintai Pancasila,” ungkap Wedakarna yang getol mendukung pendidikan Wajib Militer (Wamil) bagi generasi muda bangsa ini.

Wapres Datang, Buleleng Dijaga Ketat

Singaraja, Bali Post – Hampir seluruh personel di Polres Buleleng dikerahkan untuk mengamankan situasi menjelang kunjungan Wapres Boediono ke Buleleng, Kamis (27/5) besok. Sejak Selasa (25/5) kemarin, petugas dari berbagai kesatuan sudah mulai melakukan penjagaan lebih ketat di sejumlah persimpangan dan likasi-lokasi yang dinilai rawan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban.

Rencananya, Wapres Boediono akan menghadiri kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Desa Sidaji Kecamatan Sawan. Terkait kegiatan itu, kemarin, diselenggarakan gladi kotor di Desa Sudaji yang dihadiri Wabup Arga Pynatih bersama sejumlah pejabat serta personel keamanan dari Polda Bali, Polres Buleleng dan TNI. Selain melakukan gladi kotor juga dilakukan pemantauan rute yang akan dilalui rombongan Wapres.

Perwira Humas Polres Buleleng, Kompol I Made Sudirsa, Selasa kemarin, mengatakan pihaknya menyiagakan personel 1.500 untuk mengamankan kunjungan Wapres ini. Pengamanan dilakukan bersinergi dengan Polda Bali dan TNI Angkatan Darat, baik secara terbuka maupun tertutup. Protap pengamanan kunjungan Wapres Boediono terbagi dalam beberapa titik pengamanan, baik dilakukan Paspampres, TNI Angkatan Darat, maupun Kepolisian. ”Tiga ring pengamanan kami bagi sesuai tugas dan fungsinya masing-masing, tentunya koordinai kami lakukan bersama,” katanya.

Latihan Anti Teroris

Bali Post – Pasukan Raider Kodam Iskandar Muda melakukan penyergapan membebaskan salah seorang pejabat yang disandera kelompok teroris saat latihan antiteror di desa Gue Gajah Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Selasa (25/5) kemarin. Latihan antiteror tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan dan kesiapan prajurit TNI dalam menghadapi berbagai ancaman, baik dalam negeri maupun luar negeri.

BNI Asuransikan 16 Ribu TNI-AL

Jakarta, Jawa Post

Personel TNI kini menjadi incaran baru perbankan untuk menggaet pasar. Berbagai strategi dilakukan untuk mendapat simpati. Misalnya, BNI yang mengasuransikan 16 ribu prajurit TNI AL, yang memiliki risiko tinggi dalam tugasnya mulai 1 Juli 2010.

Direktur Utama Bank BNI Gatot Mudiantoro Suwondo menyatakan prjurit TNI-AL yang dimasukkan asuransi jiwa maupun kecelakaan adalah mereka yang terdaftar memiliki tabungan BNI sesuai kesepakatan yang ditandatangani dengan KSAL Laksamana TNI Agus Suhartono di Mabes AL Cilangkap kemarin (25/5). Sekarang kami upayakan budaya menabung di kalangan prajurit. Mulai 1 Juli mereka kami asuransikan dengan BNI Life,” kata Gatot setelah penandatanganan MoU dengan KSAL Laksamana TNI Agus Suharto di Mabes AL Cilangkap.

BNI juga, lanjut Gatot, siap membantu TNI AL dalam pengadaan dan perbaikan alat utama sistem persenjataan (Alutsista). ”Kami sudah membantu TNI AD dengan membeli Panser dan TNI AU dengan pengadaan pesawat tempur Sukhoi,” katanya.

Kini , lanjut Gatot, bola ada pada TNI-AL artinya, TNI AL tinggal menyodorkan daftar kebutuhan prioritas yang harus dibeli. Dana akan disiapkan BNI.

Kunjungan Danlantamal VII ke Sabu Pos TNI AL Memprihatinkan

Selasa, 25 May 2010
SEBA, Timex--Kondisi pos angkatan laut (Posal) yang berada di pulau-pulau terluar sangat memprihatinkan. Salah satunya adalah Posal Sabu Raijua di Desa Ledemanu Kecamatan Sabu Barat. Hal ini terungkap dalam kunjungan kerja Komandan Pangkalan Angkatan laut (Danlantamal) VII/Kupang Laksma TNI. Amri Husaini ke Kabupaten Sabu Raijua lalu. Kedatangan Danlantamal VII/Kupang, Amri Husaini menggunakan pesawat Cassa milik TNI-AL diterima Penjabat Bupati Sabu Raijua, Thobias Uly bersama para Muspida dan Camat. Amri Husaini mengatakan bahwa kedatangannya tidak direncanakan karena baru melakukan peninjauan ke Labuan Bajo-Manggarai Barat dan Waingapu-Sumba Timur. Ia mengatakan kunjungan kerja ini dalam rangka alih bina tujuh pos angkatan laut dibawah administrasi Lantamal Kupang. Rencana kunjungan kerja ke Sabu Raijua sudah lama namun baru terlaksana kemarin.
Hal ini kata dia, karena masih terbatasnya unsur penunjang sehingga ketika pesawat TNI-AL ada di Kupang maka digunakan untuk mengunjungi Posal yang ada di bawah kendali Lantamal Kupang. Amri yang baru menjabat sebagai Danlantamal VII/Kupang sejak Juli 2009, meminta dukungan semua pihak dalam mendukung kehadiran pos angkatan laut di Sabu Raijua dalam melaksanakan tugas pengawasan. “Jadi dukungan pemda dan masyarakat Sabu Raijua sangat kami harapkan. Untuk itu kami titopkan pos angkatan laut yang ada disini sehingga dalam melakukan tugasnya mendapatkan dukungan,”ujarnya.Ia mengaku kondisi Posal Sabu Raijua sangat menyedihkan, hal ini karena memang terbatasnya dana bagi perbaikan dan pembangunan Posal. Diharapkan tahun ini ada anggaran untuk mengembangkan Posal Sabu Raijua.
“Mudah-mudahan dengan kunjungan saya ke sabu dan melihat secara langsung keadaan posal disini dapat dilaporkan ke atas sehingga bisa meihat keadaan yang ada dibawah,” tambahnya.Amri juga terkesan dengan kebersamaan dari Koramil di Sabu Raijua, maupun pihak Polsek yang telah menjalin hubungan yang harmonis. Hal ini terlihat pada saat kunjungan yang dilakukan. Untuk itu dia berpesan agar hubungan yang ada tetap terpelihara dengan baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban sesuai tugas dan kewenangannya masing-masing. “Daerah ini sudah terpencil, jauh dan sulit sehingga jangan lagi dipersulit hal-hal yang membuat resah. Kepada Danposal agar menjaga baik baik posal yang ada ini, perhatikan kebersihanya dengan baik karena itulah ciri kita dan orang menilai kita,” pinta Amri. (kr-9)

TNI-Polri & Pemprov Gerak Jalan Santai

Selasa, 25 Mei 2010 - 19:23 WIB
SEMARANG (Pos Kota) – Berbagai anggota satuan berasal dari TNI dan Polri beserta anggota PNS Pemprov Jawa Tengah berkumpul di lapangan Batalyon Infanteri 400 Raider untuk mengikuti acara gerak jalan santai bersama yang diselenggarakan Kodam IV/Diponegoro, Semarang,
“Dengan gerak jalan santai semacam ini, merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan selain untuk menjaga kebugaran tubuh juga untuk menguatkan tali silahturahmi diantara para prajurit Kodam dengan anggota Polri juga antara aparat dengan Pemerintah Provinsi Daerah Jawa Tengah,” terang Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Budiman.

Dalam sambutannya, Pangdam secara singkat mengharapkan dengan acara silahturahmi ini, kita akan dapat menyelesaikan tugas dengan satu senergi yang kuat antara prajurit Diponegoro dengan anggota Bhayangkari Polda Jateng serta Pamong Pemerintah Daerah Jateng. Sehingga setiap permasalahan di Jateng betul-betul dapat diselesaikan dengan baik dan tuntas, serta diharapkan nantinya setiap pembangunan di wilayah Jawa Tengah dapat berjalan lancar dengan keamanan yang kondusif untuk melanjutkan pembangunan bangsa ini, imbuh Pangdam.

Selanjutnya dalam acara kegiatan jalan santai bersama tersebut Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Alex Bambang Triatmojo, menyambut baik dalam rangka meningkatkan kebersamaan hubungan antara Polda Jateng, Kodam IV/Diponegoro dan Pemerintah Provinsi Daerah jateng, untuk bersama ciptakan tiang yang kokoh dalam bersama-sama menjaga, memelihara dan memajukan Bangsa dan Negara khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Oleh karena itu, Kapolda meminta untuk terus meningkatkan tali silahturami untuk bersama-sama maju kedepan. Perlu kita ketahui bahwa kita merupakan sebagai bagian integral sebuah bangsa indonesia untuk membangun kebersamaan melalui olah raga seperti saat ini. Sementara itu, Gubernur Provinsi Jawa Tengah H. Bibit Waluyo, mengatakan bahwa kegiatan gerak jalan santai sangat baik dan perlu sekali dipelihara serta dilanjutkan terus dan negara ini butuh dan perlu kebersamaan seperti ini. “Jangan sampai pudar kebersamaan ini,” tambahnya. “Tentara harus kuat, Polisi harus kuat dan PNS harus kuat karena itulah yang akan menjaga negara Indonesia. Sehingga konsep “Mbali Deso Mbangun Deso” dapat dijadikan pancangan untuk membangun masyarakat Jawa Tengah, ” ujarnya.

Kegiatan gerak jalan santai bersama yang di selenggarakan di Batalyon 400/R komplek sebelumnya awali senam peregangan bersama dilanjutkan jalan santai sejauh 5 km yang ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah H. Bibit Waluyo, didampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Budiman, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Alex Bambang Triatmojo.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjalin kebersamaan TNI – Polri dan Pamong Pemerintah Daerah Jawa Tengah dalam menghadapi tugas dan secara kebersamaan untuk menyelesaikan permasalahan di Jawa Tengah serta menjalin suatu kekuatan yang sinergis dengan mempererat tali silahturahmi. Usai kegiatan jalan santai para peserta diajak untuk mengikuti senam airobik dan senam sajojo yang dipandu oleh anggota Jasdam dan Paldam IV/Diponegoro, Dan diramaikan dengan hiburan organ tunggal dari satuan Ajendam IV/Diponegoro serta pengundian doorprise.

Oknum TNI Diduga Maling Motor

Sriwijaya Post - Selasa, 25 Mei 2010 21:46 WIB

PALEMBANG - Seorang oknum anggota TNI Prada Hasyim ditangkap Satuan Reskrim Polda Sumsel, Selasa (25/5) sekitar pukul 11.30 di Pasar Cinde. Ia diduga mencuri motor milik Edi alias Gebok yang diparkir di halaman rumahnya di Lorong Kebun RT 12 RW 03 Kelurahan 24 Ilir IB I Palembang.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Abdul Gofur melalui Kasat I Pidum AKBP Erwin Rahmat membenarkan adanya penangkapan tersebut. Kapendam II Sriwijaya Letkol CAJ Muhammad Nur mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara anggotanya membeli motor tersebut dari orang lain. sripo

Selasa, 25 Mei 2010

DAFTAR ISI KLIPING TGL 25 MEI 2010

1. Kodim 1616 Gelar Bakti Sosial
2. DANLANAL PUN MENYEMPATKAN NAIK KE MENARA
3. Indobatt Gelar Apel Khusus di Lebanon
4. Anggota TNI Tolak Bayar Tiket KA
5. Prajurit TNI AL Akan Digaji Melalui ATM
6. Anggota TNI Rampok Penjual Telur
7. Pelaku Pemukulan Wartawan di Aceh Terancam Dipecat...
8. TNI AL Gelar Kemah Cinta Bahari

Kodim 1616 Gelar Bakti Sosial

Gianyar (Bali Post)
Serangkaian HUT Kodam IXUdayana yang ke-53, jajaran Kodim 1616/Gianyar mengadakan berbagai kegiatan bakti sosial antara lain kegiatan donor darah, senin (24/5) kemarin dan ngayah di Pura Durga Kutri.

Selasa ini , Kodim 1616/Gianyar yang bagian dari jajaran Kodam IX/Udayana bersama Keluarga Besar TNI Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan PMI Kabupaten Gianyar melaksanakan kegiatan donor darah dengan melibatkan 107 orang, terdiri dari keluarga TNI 72 orang dan anggota Kodim 1616/Gianyar 35 orang. Kegiatan dipimpin langsung Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Slamet Musafak.
“Kegiatan donor darah secara tidak langsung telah dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain dan menyehatkan tubuh pendonor, “ungkap Dandim Slamet Musafak. Sementara selasa ini , ibu-ibu Persit Kodim 1616/Gianyar juga melaksanakan pembersihan di sekitar Pura Bukit Dharma Durga Kutri yang dimulai pukul 08.00 wita sampai dengan 12.00 wita.

DANLANAL PUN MENYEMPATKAN NAIK E MENARA

Nunukan (Jawa post)

Sang Merah Putih di ujung menara perairan Karang Unarang, Laut Sulawesi, pudar, bahkan sobek. Karena itu, Danlanal Nunukan bertekad mempercepat penggantian bendera dari tiga bulan sekali menjadi setiap bulan.
Kondisi cuaca di kawasan Karang Unarang dilaporkan cukup bersahabat saat kapal-kapal patroli keamanan laut (patkamla) berkekuatan 600 PK mulai berangkat. Padahal, hanya beberapa hari sebelumnya, hujan disertai angin membuat ketinggian ombak di perairan tersebut mencapai tiga meter lebih yang disertai angin kencang.
Untung perjalanan lancar. Kurang lebih sejam berlayar dari Pos Angkatan Laut (Posal) Sei-Pancang, kapal Patkamla itu tiba di perairan Karang Unarang.
Saat mesin kapal dimatikan, ombak mulai terasa menggoyang kapal. Salah seorang wartawan televisi yang ikut di kapal itu mabuk laut. “Kebanyakan makan durian Tuh”, komentar Pasintel Lanal Nunukan Kapten Betra Chaniago.
Di puncak menara di perairan Karang Unarang atau Ambalat (Ambang Batas Laut) itu, bendera Merah Putih berkibar dengan gagah. Namun kondisi bendera tersebut pudar, bahkan sobek. Sang Merah Putih pudar karena sengatan matahari dan sobek karena kencangnya angin laut di garis perbatasan Indonesia-Malaysia itu.
Menurut Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Nunukan Lekol Laut (P) Rachmad Jayadi, penggantian bendera Merah Putih di Karang Unarang biasanya dilakukan tiga bulan sekali. Namun , Lanal Nunukan akan mengubahnya menjadi sebulan sekali, Tiap bulan bendera mesti diganti, tegas Danlanal.
Prosesi penggantian bendera Merah Putih kali ini tidak seperti biasanya, sebab prosesi itu berlangsung di atas menara berketinggian 25 meter dari atas permukaan laut. Danlanal bersemangat menaiki tingkat pertama menara sembari membantu menarik tiang bendera. Yang lain melihat dari kapal yang tak jauh dari menara. ”Demi kedaulatan negara”, Ujar Danlanal.
Selain bendera yang sobek , kondisi pagar dan tangga menara cukup memprihatinkan. Pagar dan tangga itu berkarat dan usang. Pintu ruang menara juga nyaris lepas. Bila angin bertiup lebih kencang, bukan tidak mungkin pintu tersebut benar-benar terbang.
Tiang penyangga menara yang terbuat dari beton masih kukuh. Tapi tiang itu diselimuti lumut, karang laut, dan binatang kecil yang suka menempel.
Mercusuar yang dibangun pada 2005 itu merupakan bagian dari upaya pemenrintah Indonesia mempertahankan kedaulatan wilayah dan menjamin keselamatan pelayaran. Wilayah Karang Unarang memang salah satu alur yang disiapkan Indonesia untuk dilintasi pelayaran nasional dan internasional. Di perairan yang merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI) tersebut, banyak sekali kapal yang lewat.
Agak jauh dari kapal patkamla yang mengawal penggantian bendera Merah Putih oleh Danlanal Nunukan, KRI Sutanto-877 mengelilingi mercusuar tersebut. Kapal jenis Korvet kelas Parchim buatan Jermat Timur 1992 itu telah empat bulan menjaga kedaulatan RI di sepanjang perairan laut Sulawesi (dulu ambalat).
KRI itu memantau batas perairan melalui Radar yang diperkuat integrated maritim system buatan Amerika Serikat. Radar tersebut mampu merekam pergerakan kapal perairan sejauh 6-7 mil. Nama kapal, kargo kapal, jenis kapal, dan ukuran kapal bisa dideteksi radar tersebut. ”Pergerakan kapal yang mencurigakan dengan mudah kami pantau dengan radar canggih ini,” kata Komandan KRI Sutanto Mayor Laut (P) Daymond sembari menunjukkan monitor pantauan.

Indobatt Gelar Apel Khusus di Lebanon

Senin, 24 Mei 2010 - 20:04 WIB
ADSHIT AL-QUSAYR (Pos Kota) – Apel khusus Indobatt di gelar sebagai tanda penghargaan atas semua perjuangan dan kegigihan anggota Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-D/ UNIFIL, mengangkat nama baik Bangsa dan Negara serta mengibarkan bendera Merah Putih di dunia Internasional.

Apel pagi yang diikuti oleh seluruh anggota Mayon, Kompi D (Dadali) dan Kompi Bantuan diadakan di lapangan apel Kompi Dadali UN Posn 7-1 Adshit Al-Qusayr, Lebanon, Senin (24/5). Bertindak selaku pengambil Apel Satuan adalah Wakil Komandan Satgas (Wadan Satgas) Konga XXIII-D/Unifil, Letkol Marinir Guslin mewakil Komandan Satgas (Dansatgas) Letkol Inf Andi Perdana Kahar yang sedang melaksanakan cuti.

Dalam sambutan singkatnya, Wadan Satgas menyatakan, keberhasilan setiap anggota prajurit Indobatt merupakan pula keberhasilan Satgas Yon Mekanis Konga XXIII-D/Unifil (Indonesian Battalion/ Indobatt) serta keberhasilan bangsa dan negara secara keseluruhan. Hal ini dinyatakan Letkol Marinir Guslin sehubungan dengan prestasi Juara Umum Kontingen Garuda dalam billiard Eight-ball Pool Championship, dimana Italia-Air bertindak selaku tuan-rumah serta Juara Runner-up Volley-ball UNIFIL yang disabet oleh Kontingen Garuda beberapa waktu lalu. “Keberhasilan mereka tentunya merupakan keberhasilan kita semua, karena itu Dansatgas mengucapkan “selamat” dan tentunya akan memberikan penghargaan khusus kepada mereka atas prestasi yang telah diukir oleh Praka Andik Pamungkas dan Serka I Dewa Kadek.

Demikian juga kepada Tim Volley-ball yang telah tampil secara baik dan penuh semangat, serta telah memberikan hasil terbaik sebagai juara II UNIFIL,” kata Wadan Indobatt. “Perlu diketahui, tim Volley-ball kita merupakan tim favorit pilihan penonton. Buktinya, The Best Player diterima oleh Praka Be’aro Telaumbanua. Meskipun pada final kita dikalahkan oleh Ghanbatt, namun kemenangan yang sebenar-benarnya adalah kebersamaan itu sendiri, yang terwujud dengan membaurnya seluruh Peacekeeper secara kekeluargaan walaupun berbeda-beda seragam dan warna kaos tim”, ujar Letkol Marinir Guslin mengakhiri sambutannya.

Pada apel khusus ini diserahkan piagam penghargaan Satgas kepada seluruh atlit billiard maupun Volley-ball dan ditutup dengan kegiatan refreshing bersama, dipimpin oleh Kompi D dalam Poco-poco dan Futsal bersama. Hal ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa serta sebagai sarana menjalin persaudaraan dan kebersamaan diantara sesama Peacekeeper. (puspen/syamsir)

Anggota TNI Tolak Bayar Tiket KA

Selasa, 25 Mei 2010 00:01 WIB
BELASAN anggota TNI terjaring operasi penertiban penumpang kereta api, yang digelar Ditjen Perkeretaapian, di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, kemarin. Namun, mereka tetap nekat naik kereta dan menolak membayar.

Para anggota TNI itu naik KA Cirebon Ekspres dari Stasiun Kejaksan, Cirebon. Saat tiba di Stasiun Jatibarang, mereka diminta turun karena kedapatan tidak memiliki tiket. Para penumpang gelap itu kemudian dibawa ke penyidik pegawai negeri sipil dari Ditjen Perkeretaapian dan diminta untuk membayar tiket. Walaupun sudah diberi kebijakan untuk membayar setengah harga, mereka masih enggan untuk membayar. Saat kereta akan berangkat, mereka pun berlari mengejar kereta. Para penyidik yang ditinggalkan hanya melongo, dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Operasi penertiban di Jatibarang juga mendapati seorang kondektur yang menerima suap. Kondektur KA Purwajaya jurusan Jakarta-Cilacap itu menerima bayaran dari 10 penumpang Rp50 ribu per penumpang, dari harga tiket seharusnya Rp90 ribu. Akibatnya, pemberi suap diharuskan membayar denda dua kali lipat dari harga tiket. Sang kondektur dipastikan akan menerima sanksi. (UL/N-3)

Prajurit TNI AL Akan Digaji Melalui ATM

Senin, 24 Mei 2010 17:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Prajurit TNI Angkatan Laut kini mulai dapat mengambil gajinya melalui anjungan tunai mandiri (ATM), tidak lagi mengantri di kasir. Perubahan yang tergolong sangat terlambat ini diakui sebagai salah satu langkah efisien dan efektif untuk sistem penggajian di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Rencana itu segera diterapkan menyusul ditekennya nota kesepahaman tentang Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan terutama di bidang layanan pembayaran gaji melalui rekening perorangan antara TNI Angkatan Laut dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Nota kesepahaman diteken Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Agus Suhartono dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi di Jakarta, Senin (24/5/2010).

"Dengan kerja sama ini, maka seluruh prajurit dapat mengambil gajinya melalui ATM, sehingga menjamin ketetapan jumlah dan waktu. Sehingga mendukung kesejahteraan prajurit dan keluarganya," kata Laksamana Agus Suhartono, didampingi Riswinandi. Ia menambahkan, kemudahan layanan pembayaran gaji juga dapat dirasakan oleh prajurit TNI Angkatan Laut yang bertugas di beberapa wilayah perbatasan atau pulau-pulau terdepan. "Misalnya untuk prajurit yang berjaga di Pulau Nipah, dapat mengambil melalui ATM di Batam. Namun, untuk prajurit yang bersiaga di Miangas dan Marore, memang masih dipikirkan," ujar Agus.

Selain pembayaran gaji melalui rekening, kesepakatan juga menyangkut kemudahan untuk mendapatkan dana bagi prajurit yang sedang beroperasi. "Misalnya, selama beroperasi di wilayah perairan tertentu tidak perlu lagi membawa uang tunai untuk kepentingan operasional dan logistik," ucap Kasal. Ia mengatakan, kerja sama yang berjangka waktu lima tahun itu akan dikaji setiap tiga bulan, untuk melihat efektifitas dan efisiensinya. "Jika ada yang kurang, segera dapat kita ketahui dan perbaiki bersama," kata Kasal.

Agus mengatakan, pembayaran gaji melalui ATM perorangan Bank Mandiri akan diberlakukan bagi personel TNI Angkatan Laut yang berdinas di Mabes TNI Angkatan Laut dan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), sedangkan untuk yang berdinas di Korps lain akan dilayani oleg Bank BNI 46 dan BRI. Bank Mandiri akan melayani sekitar 19 ribu personel TNI Angkatan Laut, sedangkan BNI 46 dan BRI akan melayani masing-masing 16 ribu dan 15 ribu personel. "Pembagian tersebut didasarkan pada jaringan yang dimiliki masing-masing bank," kata Kasal.

Riswinandi mengatakan, dengan aset yang terus bertumbuh hingga diatas Rp 319 triliun Bank Mandiri memiliki lebih dari 21 karyawan yang tersebar di 1.000 kantor di dalam negeri dan enam kantor perwakilan luar negeri. Selain itu juga punya jaringan distribusi Bank Mandiri termasuk 3.186 ATM, 7.051 ATM dengan fasilitas Link Network, dan 12.663 ATM bersama, Networks, and Electronic Data Capture (EDC) kurang lebih 25.254 di seluruh wilayah Indonesia. "Dengan berbagai fasilitas itu, diharapkan Bank Mandiri dapat memenuhi kebutuhan TNI Angkatan Laut," ujarnya.

Anggota TNI Rampok Penjual Telur

25/05/2010 03:26
Liputan6.com, Bogor: Dua anggota TNI, Kopka RO dan Koptu SU, diperiksa sub detasemen Polisi Militer Angkatan Darat, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (24/5). Dua anggota Batalyon Kavaleri Serpong, Banten, ini ditangkap usai merampok sebuah mobil bak bermuatan telur di Jalan Raya Narogong, Cileungsi.
Ironisnya, saat beraksi, kedua tersangka mengenakan seragam TNI lengkap dan mengancam korban dengan senjata api. Korban yang ketakutan terpaksa menyerahkan uang Rp 12 juta lebih hasil penjualan telur.

Korban kemudian lapor ke aparat dan menangkap kedua tersangka di Pangkalan 12, Narogong, Cileungsi. Hingga tadi malam, kedua tersangka masih diperiksa untuk selanjutnya di limpahkan ke Pengadilan Militer.(BOG)

Pelaku Pemukulan Wartawan di Aceh Terancam Dipecat

Senin, 24 Mei 2010 22:27 WIB
TEMPO Interaktif, Banda Aceh - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh meminta Kodam Iskandar Muda untuk menindak tegas pelaku oknum TNI yang melakukan pemukulan terhadap wartawan di Simeulu, Aceh.

Ketua AJI Banda Aceh dan jajaran pengurusnya menyampaikan langsung surat protes ke Kodam Iskandar Muda. Pengurus AJI Banda diterima oleh Kepala Staf Kodam Iskandar Muda, Brigadir Jenderal Erfi Triassunu dan Komandan Polisi Militer Kodam Iskandar Muda, Kolonel (CPM) Sugeng Subagio, Senin (24/05) sore.

Ketua AJI Banda Aceh Mukhtaruddin Yacob dalam pertemuan itu mengatakan pihak Kodam Iskandar Muda menyatakan serius menangani kasus tersebut. Bahkan bila terbukti bersalah, pelaku bisa dipecat dari kesatuan. Komandan Polisi Militer Kodam Iskandar Muda, Kolonel (CPM) Sugeng Subagio kepada pengurus AJI Banda Aceh mengatakan, anggotanya yang bersalah, Lettu (Inf) Faisal Amin sedang diproses oleh POM di Meulaboh, Aceh Barat.

Menurutnya, Faisal Amin dibidik dengan empat kesalahan, yaitu penggunaan senjata api tidak pada tempatnya, kasus illegal logging, penganiayaan dan merusak citra TNI. “Kami serius menangani kasus tersebut,” tegasnya. Seperti diberitakan sebelumnya, wartawan Harian Aceh, Ahmadi dipukul dan diancam oleh Lettu (Inf) Faisal Amin, anggota Kodim Simeulu, diduga karena laporan yang ditulisnya terkait illegal logging, Jumat lalu.

TNI AL Gelar Kemah Cinta Bahari

Senin, 24 Mei 2010 - 19:47 WIB
JAKARTA (Pos Kota) – TNI AL selain berperan sebagai alat Pertahanan Negara, Diplomasi dan Keamanan Nasional (polisionil) di laut, juga mempunyai tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut meliputi pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) termasuk salah satunya pramuka Saka Bahari yang merupakan salah satu komponen cadangan yang sangat diperlukan dalam pembangunan maritim. Bentuk pembinaan kepada pramuka Saka Bahari TNI AL melaksanakan ”Kemah Cinta Bahari” yang diselenggarakan oleh Satuan Karya Bahari Se-Lantamal III selama 3 hari Perkemahan Jum’at, Sabtu, Minggu (Perjusami) di Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (24/5).

Menurut Kadispenal, Herry Setianegara, Perjusami dilaksanakan sejak 21 sampai 23 Mei 2010 yang diikuti peserta Saka Bahari dari Jakarta, Bandung, Cirebon dan Banten ini bertujuan untuk memberi arah pembinaan kepada generasi muda khususnya pramuka tentang moral dan etika yang baik, dengan berlandaskan pada Trisatya, Dasa Darma Pramuka, selain itu juga memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan bahari. Diharapkan Kemah Cinta Bahari menjadi percontohan bentuk kegiatan bagi pembinaan generasi muda, karena kegiatan ini dikemas dengan menggabungkan unsur rekreasi, pengetahuan kelautan, kepemimpinan serta bela negara. Kegiatan yang dilaksanakan dalam Perjusami antara lain, kunjungan ke Seaworld Ancol dengan tujuan untuk lebih mengenal biota laut sambil rekreasi, kunjungan ke Dinas Hidro Oseanografi TNI AL untuk mengetahui proses pembuatan Peta laut, Kegiatan-kegiatan Outbond, latihan kepemimpinan dan Ceramah pembekalan tentang kesadaran bela negara serta pembinaan mental dan rohani.

Kapinsaka Bahari Laksma TNI Surya Wiranto, SH yang sehari-hari menjabat Kadispotmar (Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim) ketika mengunjungi perkemahan Cinta Bahari Sabtu (22/5) di Pondok Dayung mengatakan bahwa TNI AL sebagai pembina Pramuka Saka Bahari seluruh Indonesia secara rutin selalu melakukan pembinaan secara berkala.

Pembinaan dilaksanakan oleh pimpinan Saka Bahari baik di tingkat pusat maupun daerah. Untuk daerah dilaksanakan oleh Lantamal dan Lanal. Saka Bahari dalam kegiatannya selalu berkoordinasi dengan Kwarnas untuk tingkat pusat dan Kwarda serta Kwarcab untuk tingkat daerah. (dispenal/syamsir)

Senin, 24 Mei 2010

DAFTAR ISI KLIPING TGL 24 MEI 2010

1. Komandan Kodim 1611 Badung Kunjungi Universitas Ma...
2.Pos TNI Diserang, 2 Tertembak
3.Anggota TNI dan Polri Diserang Kelompok Bersenjata...
4.Aparat Buru Pelaku Penembakan di Puncak Jaya
5.Keamanan Operasi Migas Lepas Pantai Ditingkatkan
6.Rekonstruksi Pembunuhan Anggota TNI Segera Digelar...

Komandan Kodim 1611 Badung Kunjungi Universitas Mahendradatta

Denpasar, Bali Post

Setalah dikunjungi oleh komandan Pangkalan TNI –AU Tuban beberapa waktu lalu, kini Komandan Kodim 1611 Badung Letnan Kolonel Pontjo Wasono K. Hadir di Universitas Mahendradatta dalam rangka Seminar Hari Kebangkitan Nasional yang diselenggarakan oleh BEM Universitas Mahendradatta bersama Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) Unmar. Tentu saja kehadiran Komandan Kodim ini menjadi kebanggaan bagi seluruh civitas akademika Unmar.
Selain itu sebagai narasumber yang lain adalah Ketut Bela Nusantara (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia/GMNI Denpasar) yang mengupas tema kebangkitan Nasional tahun 2010 ini.
Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Unmar DRS. Abdul Samad Asaf, M.M. menyatakan bahwa sudah sepantasnya Universitas Mahendradatta sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia dan Bali mempunyai rasa solidaritas yang tinggi untuk mengingat sejarah bangsa, ”Para Pahlawan bangsa Inndonesia adalah kaum intelektual, dan mereka adalah kalangan terdidik dan berpendidikan tinggi. Semangat itulah yang harus dicapai oleh generasi muda saat ini, bahwa dengan menjadi generasi yang pintar seluruh negeri akan terbangun”, ungkap Abdul Samad .
Hal senada diungkapkan Letnan Kolonel Pontjo Wasono K. Yang mengupas kebanggaan dan peran TNI untuk menjaga kedaulatan bangsa. ”Pancasila dan NKRI adalah harga mati dan sudah final. Dan mari seluruh komponen bangsa Indonesia menjaga kedaulatan bangsa, mengingat bangsa Indonesia mempunyai tantangan yang cukup berat di masa yang akan datang,” ungkap Letkol Pontjo.
Dalam pemaparannya, ia juga memberikan beberapa contoh dan studi kasus terkait dengan pentingnya nasionalisme di kalangan komponen bangsa. Selain itu, narasumber dari GMNI lebih mengupas kebangkitan Indonesia dari sudut pangdang pergerakan kepemudaan. Sebagi wujud kerjasama, pihak Universitas Mahendradatta sendiri dalam waktu dekat akan menandatangani MoU dengan sejumlah instalasi militer, baik TNI-AD, TNI AU, TNI AL dan Polri di Bali dan Nusa Tenggara untuk kerjasama alokasi beasiswa S-2 Bidang Hukum Pemerintahan. Pemandangan MOU ini rencananya bertepatan dengan selebrasi terakreditasinya Program S-2 Ilmu Hukum Unmar oleh Badan Akreditasi Nasional.

Pos TNI Diserang, 2 Tertembak

Papua, NusaBali
Pos TNI di Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Jumat (21/5) sekitar pikul 20.00 WIT, ditembaki kelompok bersenjata yang diduga gerombolan separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM). Akibatnya, dua anggota TNI yang saat itu bertugas di Pos, tertembak.

Kapolres Puncak Jaya, AKBP Alex Korwa saat dihubungi vivanews melalui telepon seluler mengatakan bahwa saat itu sejumlah anggota TNI sedang berada di dalam Pos. Tiba-tiba mereka dikagetkan oleh berondongan tembakan yang tepat mengarah ke Pos. Dua anggota terkena tembakan. ”Yang terkena tembakan komandan regu dan anggotanya. Namun karena suasana gelap, tidak bisa melihat pelaku, yang diduga menembak dari arah gunung,”ijarnya.

Setelah memberondong tembakan ke arah Pos, kelompok bersenjata yang ditengarai lebih dari lima orang itu, kemudian lari dan kembali masuk hutan. ”Saat anggota TNI yang lain yang juga berada di Pos, mengejar, para pelaku sudah hilang di kegelapan malam,” tuturnya.

Ditanya apakah penembakan itu merupakan aksi balasan dari kelompok separatis OPM pimpinan Goliath Tabuni, terutama setelah tewasnya komandan regu wilayah Yambi yakni Werius Telenggen (WT) Senin lalu, Kapolres menduga kuat kemungkinan itu. ”Mungkin ini aksi balasan dari mereka, terkait tewasnya WT,” ujarnya.

Dua anggota TNI yang tertembak dievakuasi menggunakan helikopter dari Yambi sekitar 75 kilometer dari Mulia, Ibukota Puncak Jaya. Mereka akan dibawa menuju Nabire karena berasal dari Batalyon 753 Nabire.

Juru Bicara Kodam 17 Cenderawasih Letkol Infanteri Susilo saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa penembakan terhadap anggotanya. ”Benar, Pos kami di Yambi telah ditembaki, tapi saya belum dapat data lengkap mengenai nama-nama anggota yang tertembak,” ucapnya.

Anggota TNI dan Polri Diserang Kelompok Bersenjata

Senin, 24 Mei 2010
JAKARTA (Suara Karya): Kelompok bersenjata yang diduga dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua masih terus beraksi. Dua Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan satu anggota Polri luka akibat tembakan mendadak dari kelompok bersenjata di kawasan Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Ketiga korban dari aparat keamanan itu, kemarin, dievakuasi ke Jayapura untuk memperoleh penanganan lebih lanjut dari tim medis. Ketiga korban itu adalah Komandan Peleton di Pos Yambi Letda Inf. Agung dan Pratu Efriyan, sedangkan anggota Polri dari Polres Mulia adalah Bripda Saumileka.

Menurut Kapolres Puncak Jaya, AKBP ALek Korwa, ketiga aparat itu mengalami luka tembak di dua lokasi berbeda. Dua anggota TNI dari Yon 753 itu terkena tembakan, Jumat malam (21/5) sekitar pukul 20.00 WIT. Keduanya ditembak kelompok bersenjata yang diduga kelompok separatis organisasi Papua Merdeka saat berada di pos TNI di Yambi, sekitar 75 km dari Mulia. Letda Agung diketahui tertembak di bagian tangan.

Melanjutkan penjelasannya dia mengemukakan, dari anggota Polri terkena tembakan saat tim gabungan Polri dan TNI akan mengevakuasi kedua korban di pos Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Sabtu (22/5) siang. Penembakan yang mengakibatkan anggota Polri menjadi korban itu terjadi sekitar dua kilometer dari Pos TNI di Yambi. Di situ kelompok bersenjata melakukan penembakan terhadap pasukan gabungan. Antara aparat keamanan dan kelompok bersenjata sempat terjadi kontak senjata.

"Sempat terjadi kontak senjata dengan kelompok bersenjata hingga mengakibatkan satu anggota Polri dari Polres Puncak Jaya tertembak di bagian kaki," kata Kapolres Puncak Jaya AKBP Alek Korwa. Dia menduga pelaku penembakan adalah kelompok bersenjata dari Organisasi Papua Merdeka (OPM). (Ant/Hanif S)

Aparat Buru Pelaku Penembakan di Puncak Jaya

24/05/2010 01:11
Liputan6.com, Jayapura: Aparat keamanan setempat hingga Ahad (23/5), masih memburu pelaku penembakan kepada personel TNI dan polisi di Puncak Jaya, Papua. Diduga pelakunya anggota kelompok separatis.

Penembakan terhadap warga sipil maupun aparat keamanan TNI dan polisi kerap terjadi di wilayah Puncak Jaya. Dalam tahun ini saja sedikitnya terjadi penembakan sebanyak enam kali. Enam warga sipil dan seorang aparat keamanan tewas. Sementara belasan lainnya terluka [baca: Tiga Korban Penembakan Sudah di Jayapura].
Teror terus dilakukan Organisasi Papua Merdeka (OPM) terutama kepada para pendatang serta aparat keamanan yang bekerja di wilayah pegunungan Puncak Jaya. Sulitnya medan yang bergunung membuat pelaku penembakan sulit ditangkap.(AIS)

Arsip Blog