Senin, 24 Januari 2011

Panglima TNI: Tugas PM Tegakkan Hukum, Disiplin dan Tatatertib

Medan, (Analisa)
Polisi Militer (PM) TNI bertugas untuk menegakkan hukum, disiplin dan tatatertib di lingkungan TNI. Pelaksanaan Gelar Operasi Kepolisian Militer di awal Tahun 2011 merupakan momentum tepat bagi penegakkan hukum di lingkungan TNI. Hasil yang diperoleh diharapkan maksimal dan sesuai rencana tujuan digelarnya operasi itu sendiri. Operasi ini digelar demi terciptanya kepatuhan hukum, disiplin, dan tatatertib di lingkungan TNI AD, AL, dan AU sehingga mampu menekan tingkat pelanggaran dan mencegah timbulnya perbuatan melawan hukum bagi personil TNI sehingga mampu memberikan citra positif kepada masyarakat.

Demikian dikatakan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE dalam amanatnya dibacakan Danpomdam I/BB Kolonel Cpm Sudirman selaku Irup pada upacara Gelar Operasi Gaktib Kepolisian Militer Waspada Dharma dan Citra Jaya TA 2011 di Lapangan Mako Pomdam I/BB Jalan Sena, Juma (21/1). Bagi unsur Polisi Militer sendiri, tegas Panglima TNI, operasi yang melibatkan Polisi Militer Angkatan, Provost Mabes TNI, dan Provost Polri ini dimaksudkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kebersamaan dalam melaksanakan Operasi Kepolisian Militer secara mandiri maupun gabungan.

Bangun Citra Positif
Patut dipahami, dalam situasi penegakkan hukum di Indonesia saat ini yang sedang menjadi sorotan masyarakat, segenap unsur penegakkan hukum diharapkan mampu membangun citra positif demi mendukung proses transformasi dan reformasi hukum yang ada hingga dapat menggerakkan masyarakat agar bertingkah laku sesuai dengan hukum berlaku dan sebaliknya para penegak hukum secara umum mampu memberikan perlindungan dan keadilan bagi masyarakat.

Bagi seluruh personil TNI diperlukan penegak hukum bersifat kesatria, bermental baik, bijaksana, ulet, besar hati, jujur, serta mampu berkoordinasi untuk menghindari kesalahpahaman dalam pelaksanaan operasi di lapangan. Bagi prajurit TNI, tugas adalah di atas segalanya karena merupakan kehormatan, kebanggaan, dan harga diri yang harus dijunjung tinggi dengan penuh rasa tanggungjawab. Tema Operasi Militer TA 2011 adalah "Dengan Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer TNI, Kita Jadikan Prajurit TNI Berdispilin dan Patuh pada Hukum", Hadir pada upacara tersebut Asintel Kasdam I/BB Kol Arh Ingerukka, Dandenpom 1/5 Medan Letkol Cpm Am Damanik, Dandim 0201/BS Letkol Inf Haryanto, para Pabandya Kodam I/BB, para Kepala Dinas Jawatan Kodam I/BB, para Danyon BS se-wilayah Medan, Kasubbid Provost Poldasu AKBP Agus Haumudin SiK.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog