Selasa, 15 Februari 2011

Panglima: TNI Tidak Rekayasa Kerusuhan SARA

Polkam / Senin, 14 Februari 2011 14:04 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono menyatakan, TNI tidak merekayasa apalagi terlibat dalam sejumlah konflik horisontal di Tanah Air. "Tidak ada itu. TNI main-main seperti itu," kata Agus di Mabes TNI Cilangkap, Senin (14/2). Agus menyatakan, TNI komitmen untuk melaksanakan reformasi internal dan menjauhkan campur tangan politik. "TNI sama sekali tidak terlibat politik, apalagi merancang konflik untuk kepentingan tertentu. TNI netral," terang Agus.

Konflik horisontal berlatar belakangan agama, seperti aksi massa di Kecamatan Cikeusik, Pandeglang, Banten, dan Temanggung, Jawa tengah, ditengarai dirancang pihak tertentu untuk kepentingan pihak tertentu. TNI sempat ditengarai berada di balik aksi massa yang berujung korban jiwa dan materi itu, untuk kepentingan politik tertentu. Meski begitu, lanjut Panglima TNI, modus yang digunakan dalam aksi massa oleh pihak tertentu itu, tergolong baru. "Biasanya jika terjadi aksi massa, aparat bisa dengan mudah mengurai kekuatan massa yang ada. Namun, yang terjadi massa justru masif dan sulit diurai, sehingga aksi berdampak luas," tuturnya.

Keterlibatan pihak tertentu dalam aksi massa berlatar belakang SARA itu dikemukakan banyak pihak antara lain Komisi Nasional HAM dan Kepolisian RI.Temuan sementara Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebutkan, kekerasan di Pandeglang direkayasa untuk kepentingan tertentu sehingga semestinya bisa dicegah, tetapi seperti sengaja dibiarkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog