Rabu, 13 Juli 2011

10 Pesan SBY untuk Calon Perwira TNI, Diantaranya Jangan Cengeng

Rabu, 13/07/2011 04:34 WIB
Anwar Khumaini - detikNews
Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan 10 pesan kepada para calon perwira TNI dari berbagai angkatan yang akan dilantik pada 14 Juli nanti. Salah satu pesan yang disampaikan, agar para anggota TNI tidak cengeng!

Sepuluh pesan tersebut Presiden sampaikan saat memberikan pengarahan kepada 635 calon perwira muda di Akademi Angkatan Udara, Maguwo Harjo, Yogyakarta, Selasa (12/7/2011) malam.

"Pertama, jaga idealisme kalian sebagai perwira TNI," pesan SBY.

Pesan kedua dan ketiga SBY adalah, meminta kepada para calon perwira TNI untuk berbuat terbaik untuk bangsa, dan membangun daya saing, serta berkompetisi secara sportif.

Sedangkan pesan keempat dan kelima, SBY meminta kepada para calon perwira TNI untuk membangun kapasitas diri, dan menjaga etika profesionalisme.

"Keenam, kalian harus bermental tangguh, tidak cengeng, tidak bermental menyerah, lari dari kenyataan," pinta SBY.

"Tangguh, ulet, berani ambil solusi dan kemudian dijalankan," imbuhnya.

Pesan ketujuh, SBY meminta agar lulusan Akademi TNI memiliki kepercayaan pada diri sendiri yang kuat. "Jangan biasakan mencari gantolan, jangan senang atau ingin hanya gantungkan pada sponsor. Gantolannya diri kalian sendiri, sponsornya diri kalian sendiri," ujarnya.

Selanjutnya, SBY meminta agar lulusan TNI jangan pilih-pilih tugas dan jabatan. SBY mengatakan, bukan jabatan yang membikin orang jadi besar. Tapi orang itulah yang membikin jabatan menjadi besar.

Yang ke sembilan, SBY minta agar calon perwira TNI tidak tergoda dengan 3 TA, tahta, harta dan wanita.

"Kalau kalian menikah jaga rumah tangga baik-baik. Sayangi istri dan anak-anak. Jangan tergoda dengan yang tidak semestinya. Jangan lakukan sesuatu yang tidak etis, sepertinya klasik, tapi itulah yang bisa jadi sandungan," SBY mewanti-wanti.

Terakhir, SBY meminta agar calon perwira TNI banyak-banyak berdoa.

"Tetaplah dekat kepada Tuhan. Pengalaman menunjukkan, ketika menghadapi tantangan dan ujian, kalian akan rasakan sudsh bekerja keras tapi belum tentu apa yang kalian terima itu benar, adil, maka berserah dirilah kepada Tuhan Yang Maha Esa," tuntas SBY.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog