Kamis, 19 Januari 2012

TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Rabu, 18 Januari 2012 , 11:15:00

SUNGAI KAKAP—Kodim 1201 Mempawah menggelar kegiatan pertanian terpadu di Dusun Selat Kering, Desa Punggur Besar, Kecamatan Sungai Kakap mendukung program ketahanan pangan nasional. "Kegiatan petanian terpadu ini sudah dilaksanakan sejak empat bulan yang lalu dan direncanakan di tiga dusun. Namun difokuskan di lokasi Dusun Selat Kering Desa Punggur Besar, Kecamatan Kakap. Kegiatan petanian terpadu ini kita laksanakan atas perintah Pangdam dan Danrem untuk melaksanakan program ketahanan pangan," kata Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Erwin Hudawi Lubis melalui Dandim 1201 Mempawah Letkol Infantri Parlindungan Sirait saat menggelar kegiatan panen perdana di areal lahan Selat Kering, Kecamatan Sungai Kakap, Selasa.

Menurut dia status lahan yang ditanami tersebut merupakan lahan milik PT. Mitra Agro Teknik dengan luas lokasi 20 hektar. Kegiatan petanian terpadu itu dilaksanakan dalam tiga tahap. Diharapkan program ini dapat membantu memperkuat program ketahanan pangan nasional yang dicanangkan pemerintah pusat. "Hari ini kita melaksanakan kegiatan panen perdana dan kita menerapkan sistem bagi hasil, dimana petani mendapatkan 70 persen, sementara TNI mendapatkan 20 persen dan pihak swasta 10 persen," tuturnya.

Dalam pelaksanaannya, petani tidak hanya mengolah lahan sendiri, tetapi juga didampingi anggota TNI yang tergabung dalam satgas ketahanan pangan yang ikut bertani mengolah lahan itu. "Target, tahap pertama kita menanam pada lahan seluas 20 hektar dan hari ini sudah dilakukan panen perdana dan kegiatan ini akan terus dilanjutkan pada tahap kedua dan ketiga yang juga akan dilaksanakan pada tahun ini, dimana areal sawah akan terus diperluas hingga 60 hektare. Di lahan yang kita olah juga dibangun posko serta pergudangan dan pembangunan fasilitas pertanian pendukung," tuturnya.

Ditempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyambut baik program pertanian terpadu yang dilaksanakan oleh TNI AD karena program tersebut memberikan support bagi Pemkab dalam menjalankan program pertanian dan menciptakan ketahanan pangan daerah sesuai program yang ada. Pemerintah Kubu Raya juga terus menjalankan program kemandirian pangan daerah agar masyarakat bisa memiliki kemandirian dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka. "Kawasan selat kering ini memang masih sangat luas untuk areal pertanian, sehingga potensinya masih sangat baik untuk terus dikembangkan. Pemkab Kubu Raya juga akan terus memperluas areal pertanian di kecamatan lainnya agar masyarakat bisa mendapaykan lapangan pekerjaan terbaru dibidang pertanian," katanya. Muda beranggapan, jika pangan sudah bisa terpenuhi, maka hal lain akan bisa diupayakan dengan cepat. Dengan adanya program itu, ke depan Pemkab Kubu Raya berencana untuk bekerjasama dengan TNI dalam menciptakan lahan pertanian di daerah lainnya.

Sementara itu, Kasdam XII Tanjungpura, Brigjen TNI Roby Wan Kadir mengatakan operasi militer selain perang dilakukan TNI, salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan membantu meningkatkan ketahanan pangan, yang menjadi salah satu tugas TNI dalam memberdayakan wilayah pertahanan. "Seperti yang kita katakan bupati tadi, jika ketahanan pangan kita kuat, maka ketahanan nasional juga akan kuat sehingga jika semua itu sudah terpenuhi, maka TNI bisa meningkatkan alutsistanya untuk memperkuat pertahanan negara kita. Makanya TNI sangat peduli dan akan terus bekerjasama dengan pemda dan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai program terpadu baik yang diprakarsai oleh pemda, TNI atau masyarakat umum," katanya.(den)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog