Jumat, 22 Januari 2010

Bangsa Indonesia-Malaysia Miliki Kedekatan Kultural




Kamis, 21 Januari 2010 - 12:13 WIB
JAKARTA (Pos Kota) – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI George Toisutta, mengatakan sebagaimana diketahui bersama, bangsa Indonesia dan Malaysia memiliki kedekatan kultural, karena kedua negara berada pada geografi yang berdekatan. Kedekatan seperti itu sangat membantu bagi usaha kedua negara dalam membangun kerjasama di berbagai bidang, termasuk dalam bidang pertahanan. Hal ini dikatakan Kasad ketika menerima Kunjungan Panglima Tentera Darat Malaysia (PTDM) Jenderal Tan Sri Muhammad Ismail bin Haji Jamaluddin beserta rombongan di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Kamis, (21/1).

Kunjungan Panglima Tentera Darat Malaysia Jenderal Tan Sri Muhammad Ismail bin Haji Jamaluddin di Mabesad didahului dengan Upacara Penghormatan Militer dan perkenalan dengan para pejabat teras TNI AD. Menurut Kasad, upaya mempererat jalinan persahabatan dan kerjasama diantara negara-negara bertetangga merupakan suatu kebutuhan dan bahkan merupakan suatu tuntutan, agar suatu negara dapat tetap eksis menghadirkan dirinya sebagai bagian dari masyarakat dunia. Kerjasama seperti itu, tentunya akan membuka kesempatan bagi prajurit-prajurit kedua negara untuk saling berkunjung dan memperluas wawasan serta meningkatkan profesionalisme Angkatan Darat Indonesia dan Malaysia. Konsep pemikiran dan tindakan seperti itulah yang akan terus dijalankan dan akan terus dibangun serta akan direalisasikan pada waktu-waktu mendatang, kata Kasad.

Kasad Mengharapkan, hubungan dan kerjasama yang telah berjalan dengan baik ini, perlu tetap dijaga dan ditingkatkan dalam rangka menciptakan keamanan dan perdamaian, antar kedua negara khususnya dan di kawasan Asia Tenggara pada umumnya. Kasad dalam menerima kunjungan PTDM ini didampingi Asisten Pengamanan Mayor Jenderal TNI Hendardji Soepandji, Asisten Operasi Mayor Jenderal TNI Hariyadi Soetanto, Asisten Personel Mayor Jenderal TNI Arri Sujono, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigadir Jenderal TNI Christian Zebua dan Paban V/Hublu Spamad, Kolonel Infanteri Afanti S.Uloli.

Kujungan Panglima Tentera Darat Malaysia Jenderal Tan Sri Muhammad Ismail bin Haji Jamaluddin beserta rombongan akan berlangsung dari 20 hingga 22 Januari 2010, selain kunjungan kepada Kasad Jenderal Tan Sri Muhammad Ismail bin Haji Jamaluddin juga dijadwalkan untuk melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso di Mabes TNI untuk menerima penganugerahan Bintang Kartika Eka Paksi Utama dan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog