Minggu, 31 Januari 2010

Menteri Sosial Serahkan Bantuan Seribu Rumah untuk Pengungsi Timor Timur

Sabtu, 30 Januari 2010 08:09 WIB
TEMPO Interaktif, Kupang - Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri akan menyerahkan sebanyak seribu unit rumah bagi warga eks pengungsi Timor-Timur (Timtim) di Kabupaten Kupang dan Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin (1/2). Seribu rumah yang dibangun atas kerja sama Kementerian Sosial dengan Markas Besar TNI pada tahun anggaran 2009, kini telah selesai dibangun. Dijadwalkan Senin pekan, rumah tersebut akan diserahterimakan dari Panglima TNI Djoko Santoso kepada Mensos yang selanjutnya diserahkan kepada warga yang berhak menerimanya.

"Mensos dan Panglima TNI akan tiba di Kupang Minggu besok, dan pada Senin 1 Februari akan bertolak ke Atambua, Belu, untuk menghadiri acara tersebut," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT Sentianus Medi di Kupang, Sabtu (30/1).Dia mengatakan, seribu unit rumah bagi warga bekas pengungsi Timtim yang akan diserahkan berada di Kabupaten Belu sebanyak 320 unit dan Kabupaten Kupang sebanyak 680 unit dengan ukuran 5x6 meter persegi yang terdiri dari dua kamar tidur dan satu kamar tamu dan satu ruang keluarga.

Pembangunan seribu unit rumah tersebut merupakan rangkaian kerja sama antara Kemensos dengan Mabes TNI dalam menyediakan rumah sederhana bagi warga eks Timtim tersebut.Pada 15 Mei 2007, jelasnya, pemerintah juga secara resmi telah menyerahkan sebanyak lima ribu unit rumah semi parmanen kepada warga bekas pengungsi Timtim yang eksodus ke Timor Barat, NTT, pascajajak pendapat 1999.

Selanjutnya pada 16 Januari 2009, Asisten Teritorial Panglima TNI Mayjen TNI Suprapto juga telah menyerahkan sebanyak dua ribu unit rumah yang dibangun Mabes TNI di Kabupaten Kupang sebanyak 500 unit dan Belu sebanyak 1.500 unit."Total rumah yang dibangun bagi warga eks pengungsi Timtim dan warga lokal yang rumahnya tidak layak huni sejak 2007 mencapai sembilan ribu unit," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog