Sabtu, 23 Januari 2010

Mau Digusur TNI, Warga Cililitan Demo Bakar Ban

Jum'at, 22 Januari 2010 - 10:06 wib
Heru Haryono - Okezone
JAKARTA - Puluhan warga Kompleks OKS Yon Angkub pada pagi ini menggelar aksi unjuk rasa menolak penggusuran rumah oleh Mabes TNI, di depan pintu masuk kompleks di Jalan Cililitan Besar, Jakarta Timur. Selain berorasi dan membentangkan spanduk, massa juga sempat membakar ban bekas. Pantauan okezone di lapangan, Jumat (22/1/2010), massa membentangkan spanduk bertuliskan “Di Sini Bukan Rumah Dinas”.
Aksi berlangsung selama kurang lebih satu jam. Mulai pukul 08.30 WIB 09.30 WIB. Selama aksi berlangsung, yel-yel penolakan terhadap upaya eksekusi Mabes TNI juga terus membahana selama aksi berlangsung. “Kami sudah hampir 40 tahun tinggal di sini dan tak akan pindah,” ujar Hari, salah seorang demonstran. Mabes TNI memberikan tenggat waktu hingga tanggal 25 Januari 2010 kepada warta setempat untuk melakukan pengosongan. Apabila perintah dalam bentuk tertulis itu tidak digubris, maka Mabes TNI akan melakukan eksekusi. Belum diketahui jelas pangkal persoalan pemicu sengketa warga setempat dengan TNI. Yang jelas warga menolak digusur dengan alasan lahan tempat rumah mereka berdiri bukan milik TNI.(ful)
Lawan TNI, Warga Cililitan Minta Back Up Eks KSAD
Heru Haryono - Okezone
JAKARTA - Warga Kompleks OKS Yon Angkub Cililitan menyatakan bakal melakukan upaya perlawanan apabila TNI tetap mengeksekusi rumah mereka pada tanggal 25 Januari mendatang.Warga pun berjanji bakal mendatangkan anggota Komisi I DPR Hayono Isman, pengurus Komnas HAM, serta mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (Purn) Tyasno Sudarto, untuk memberikan dukungan.“Tapi mereka masih dalam tahap konfimasi,” ujar Hari, salah seorang demonstran di Jalan Cililitan Besar, Jakarta Timur, Jumat (22/1/2010).
Seperti diketahui, tanggal 25 Januari merupakan deadline pengosongan 66 rumah yang diberikan oleh Mabes TNI. Sebelumnya, Mabes TNI memberikan waktu selama 100 hari bagi warga setempat untuk pindah secara sukarela. Rencananya, pada hari itu, warga Kompleks OKS Yon Angkub Cililitan akan menggelar demo besar-besaran.(ful)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog