Jumat, 29 Januari 2010

TNI-AD Ajukan Tambahan Rusunawa Bagi Prajurit

Kamis, 28 January 2010 15:41 WIB
(http://www.tvone.co.id/). TNI Angkatan Darat (AD) mengajukan tambahan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) bagi prajuritnya, karena masih banyak yang belum memiliki rumah dan rumah dinas yang masih ditempati purnawirawan serta keluarganya.Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Darat Brigjen TNI Christian Zebua di Jakarta, Kamis (28/1), mengatakan, pihaknya mengajukan tambahan unit rusunawa terutama di kota-kota besar. "Kami inginkan jika ada di setiap kodam, di setiap kota besar. Karena di kota besar kan sekarang sulit untuk mendapat perumahan yang layak dan murah," katanya. Tentang berapa unit rusunawa yang akan diajukan pada 2010 tersebut, Christian mengaku tidak ingat. "Tetapi kami sudah ajukan, sehingga prajurit-prajurit kita bisa mendapat tempat tinggal yang layak," ujarnya.

Christian mengungkapkan, saat ini sekitar 60 persen perumahan dinas TNI Angkatan Darat masih ditempati purnawirawan dan keluarganya, bahkan sebagian telah mensertifikatkannya sebagai hak milik. "Padahal masih ada prajurit aktif yang belum punya rumah dan terpaksa mengontrak rumah dengan biaya sewa sekitar Rp500 ribu sampai Rp600 ribu per bulan. Bahkan prajurit saya ada yang tidur di kantor," katanya.Hal itu, tambah Christian, sangat memprihatinkan karena pemenuhan kebutuhan dasar prajurit sangat berpengaruh terhadap loyalitas dan profesionalismenya menjalankan tugas-tugas pokoknya. Sebelumnya, Kementerian Perumahan Rakyat dan TNI telah membangun Rusunawa TNI sebanyak 11 twinblock yang terdiri atas Rusunawa Mabes TNI dua twinblock, Rusunawa Mabes TNI AD 3 twinblock, Rusunawa Mabes TNI AU 2 twinblock dan Rusunawa Mabes TNI AU 2 twinblock, dengan sumber pendanaan dari Stimulus Fiskal 2009.Rusunawa Mabes TNI tersebut dibangun di atas lahan Kompleks Dephan/Mabes TNI Jati Makmur, Bekasi seluas kurang lebih 498.400 m2. Sedangkan Rusunawa Mabes TNI AD terletak di tiga lokasi yaitu Rusunawa Kodam Jaya akan dibangun di Jati warna Pondok Gede Bekasi dengan luas area kurang lebih 6.800 m persegi.

Rusunawa Kopassus akan dibangun di Cijantung Pasar Rebo Jakarta Timur dan Rusunawa Kodam V/Brw dibangun di Sawonggaling Surabaya. Rusunawa Mabes TNI AL akan dibangun di Sunter, Jakarta Utara dan Rusunawa TNI AU akan dibangun di wilayah Halim Perdanakusuma Jakarta Timur. (Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog