Sabtu, 22 Mei 2010

AS Bantah Pulihkan Kerja Sama Kopassus

Jumat, 21 Mei 2010 20:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Panglima Komando Operasi Khusus Pasifik atau Special Operations Command Pacific (SOCPAC) Amerika Serikat Laksamana Muda Sean Pybus membantah bahwa dia pernah mengatakan segera memulihkan kerja sama dengan Komando Pasukan Khusus TNI AD atau Kopassus TNI AD.

Pernyataan Sean Pybus yang baru saja berkunjung ke Jakarta itu membantah pemberitaan sejumlah media di Indonesia. Awal pekan ini, Pybus bertemu sejumlah pejabat Indonesia di Jakarta untuk membahas hubungan militer AS-Indonesia.Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Jumat (21/5/2010), mengatakan, laporan-laporan pers tersebut tidak akurat.

Kedubes AS dalam siaran persnya menyatakan, Pemerintah AS justru tengah meninjau kebijakannya terhadap Kopassus. Namun, keputusan tentang hal tersebut belum dilakukan hingga saat ini. Pemerintah AS juga terus mendesak Pemerintah Indonesia untuk menyelidiki secara transparan dugaan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh anggota TNI, termasuk Kopassus, dan untuk mengadili para pelaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog