Selasa, 25 Mei 2010

TNI AL Gelar Kemah Cinta Bahari

Senin, 24 Mei 2010 - 19:47 WIB
JAKARTA (Pos Kota) – TNI AL selain berperan sebagai alat Pertahanan Negara, Diplomasi dan Keamanan Nasional (polisionil) di laut, juga mempunyai tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut meliputi pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) termasuk salah satunya pramuka Saka Bahari yang merupakan salah satu komponen cadangan yang sangat diperlukan dalam pembangunan maritim. Bentuk pembinaan kepada pramuka Saka Bahari TNI AL melaksanakan ”Kemah Cinta Bahari” yang diselenggarakan oleh Satuan Karya Bahari Se-Lantamal III selama 3 hari Perkemahan Jum’at, Sabtu, Minggu (Perjusami) di Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (24/5).

Menurut Kadispenal, Herry Setianegara, Perjusami dilaksanakan sejak 21 sampai 23 Mei 2010 yang diikuti peserta Saka Bahari dari Jakarta, Bandung, Cirebon dan Banten ini bertujuan untuk memberi arah pembinaan kepada generasi muda khususnya pramuka tentang moral dan etika yang baik, dengan berlandaskan pada Trisatya, Dasa Darma Pramuka, selain itu juga memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan bahari. Diharapkan Kemah Cinta Bahari menjadi percontohan bentuk kegiatan bagi pembinaan generasi muda, karena kegiatan ini dikemas dengan menggabungkan unsur rekreasi, pengetahuan kelautan, kepemimpinan serta bela negara. Kegiatan yang dilaksanakan dalam Perjusami antara lain, kunjungan ke Seaworld Ancol dengan tujuan untuk lebih mengenal biota laut sambil rekreasi, kunjungan ke Dinas Hidro Oseanografi TNI AL untuk mengetahui proses pembuatan Peta laut, Kegiatan-kegiatan Outbond, latihan kepemimpinan dan Ceramah pembekalan tentang kesadaran bela negara serta pembinaan mental dan rohani.

Kapinsaka Bahari Laksma TNI Surya Wiranto, SH yang sehari-hari menjabat Kadispotmar (Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim) ketika mengunjungi perkemahan Cinta Bahari Sabtu (22/5) di Pondok Dayung mengatakan bahwa TNI AL sebagai pembina Pramuka Saka Bahari seluruh Indonesia secara rutin selalu melakukan pembinaan secara berkala.

Pembinaan dilaksanakan oleh pimpinan Saka Bahari baik di tingkat pusat maupun daerah. Untuk daerah dilaksanakan oleh Lantamal dan Lanal. Saka Bahari dalam kegiatannya selalu berkoordinasi dengan Kwarnas untuk tingkat pusat dan Kwarda serta Kwarcab untuk tingkat daerah. (dispenal/syamsir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog