Kamis, 24 Juni 2010

Tanggapi Secara Positif

Surat Pembaca, Bali Post
Wacana mengenai diberikannya hak pilih pada anggota TNI hendaknya ditanggapi secara positif oleh masyarakat. Memang kedewasaan anggota TNI tergolong tinggi sehingga memungkinkan mereka punya hak pilih. Meskipun demikian dalam pembahasan RUU pemilu untuk tahun 2014, pemerintah dan DPR perlu menanyakan dan mengkonfirmasi kepada Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan soal kesiapan penggunaan hak pilih tersebut.

Masyarakat diharapkan juga memberikan penilaian apakah pemberian hak pilih ini sudah siap atau tidak. Selain itu, penerapan hak pilih TNI ini harus diantisipasi kesiapannya jangan sampai justru menjadi petaka demokrasi. Memang, pemberian hak bagi TNI sebagai warga negara memang dijamin demokrasi, tetapi harus memperhitungkan kesiapan spesifik agar tidak kontraproduktif.

Semua pihak hendaknya menghormati TNI sebagai warga negara yang tentunya mempunyai hak untuk memilih dan dipilih. Selain itu masyarakat lebih baik menanyakan dan mendengarkan pandangan pihak internal TNI mengenai kesiapan TNI dalam menggunakan hak pilihnya. Sebab yang paling tahu seluk beluk TNI adalah para pimpinan dan anggota TNI sendiri.

Yulianto
Jalan H. Samali, Pasar Minggu
Jakarta Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog