Sabtu, 26 Juni 2010

Kasum TNI,`Salam Garuda!`

Sabtu, 26 Juni 2010 - 0:53 WIB
LEBANON (Pos Kota) – Dalam rangkaian kunjungannya ke Lebanon, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Marsdya TNI Edy Hardjoko bersama rombongan dan mengangkat moril Prajurit TNI melalui acara Malam Akrab di tengah-tengah Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TNI Kontingen Garuda Lebanon misi perdamaian PBB, di Markas Batalyon Mekanis Konga XXIII-D/Unifil UN Posn 7-1 Adshit Al-Qusayr. Acara malam akrab ini dihadiri oleh Wadan Sektor Timur Unifil Kolonel Inf Surawahadi, Dansatgas FHQSU Konga XXVI-B1/Unifil Kolonel Inf Restu Widiyantoro, Dansatgas Konga XXIII-D/Unifil, Letkol Inf Andi Perdana Kahar, Wadan Satgas POM TNI Konga XXV-B/Unifil, Letkol Laut (PM) Sessa Bp. Sugardo, M.Eng, Interpreter Ms. Salma Daabous dan Ms. Amal serta tamu undangan dari warga setempat.

Marsdya TNI Edy Hardjoko mengungkapkan rasa haru dan kebanggaannya akan perjuangan dan dedikasi Prajurit Kontingen Garuda yang telah mengangkat dan mengharumkan nama baik TNI, Bangsa dan Negara Indonesia. Hal ini disampaikan Kasum TNI setelah bertemu dengan Panglima UNIFIL dalam acara Courtesy Call dengan Major General Alberto Asarta Cuevas di ruang kerja Force Commander Mabes UNIFIL UN Posn 4-7C di Naqoura, pada siang hari sebelumnya.

Selanjutnya dikatakan, dalam tugas operasi apapun memiliki ciri khas yang sama. Sebab itu kesempatan yang langka ini merupakan waktu yang istimewa sembari bernostalgia, untuk turut merasakan kehidupan selaku prajurit di medan operasi. “Saya bangga bisa berada di tengah-tengah prajurit Garuda….salam Garuda!” seru Kasum TNI yang disambut pula dengan salam yang sama oleh seluruh prajurit yang hadir.

Dengan kepiawaiannya memainkan alat musik gitar, Kasum TNI beserta Asrenum Panglima TNI Marsda TNI Amirullah Amin, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Suhartono Suratman, Penmil PTRI New York Laksma TNI Antonius Sugiarto, Athan Militer Kairo Kolonel Laut R. Teguh Isgunanto, membawakan lagu pembangkit semangat dan moril juang prajurit. Hal ini disambut dengan sangat antusias oleh seluruh pasukan yang tumpah-ruah memenuhi halaman depan panggung hiburan. Jumat (25/6), Kasum TNI Marsdya TNI Edy Harjoko dan rombongan mengunjungi Markas Satgas Indo Force Headquarter Support Unit (FHQSU) Konga XXVI-B1 dan Satgas Indo Force Protection Company (FPC) Konga XXVI-B2 bertempat di Sudirman Camp, Naqoura Lebanon Selatan. Rombongan Kasum TNI langsung disambut oleh Komandan Kontingen Indonesia sekaligus Dansatgas Indo FHQSU Kolonel Inf Restu Widiyantoro serta Dansatgas Indo FPC Konga XXVI-B2 Letkol Inf Fulad, dirangkaikan dengan penyambutan oleh seluruh Perwira TNI.

Selanjutnya, Kasum TNI menerima paparan singkat tentang Kontingen Indonesia dari Kolonel Inf Restu Widiyantoro yang meliputi ; perkembangan situasi dan kondisi terkini, jumlah kontingen Indonesia, tugas yang telah dilaksanakan, kekuatan Alutsista yang dimiliki serta hambatan dan masalah yang dihadapi saat ini. Dilanjutkan dengan paparan dari Dansatgas Indo FPC Letkol Inf Fulad serta paparan dari Dansatgas Indonesian Medical (Indomed) Konga XXIX-A Mayor CKM dr Bima Wishnu, Sp.THT. Setelah menerima paparan singkat dari para Dansatgas, Kasum TNI menyempatkan diri untuk melihat dan memeriksa kondisi Alutsista berupa Ranpur VAB serta “ANOA” yang saat ini menjadi tumpuan utama Satgas Indo FPC untuk mengamankan wilayah tanggungjawab Satgas Kontingen Garuda. Setelah melihat kondisi keseluruhan kesiapan Ranpur tersebut, Kasum TNI juga menyempatkan diri meninjau langsung barak atau tempat tinggal para Prajurit Garuda.

Kasum TNI merasa puas dengan kelengkapan dan kesiapsiagaan Satgas Indo FHQSU Konga XXVI-B, Satgas 1st Indo FPC Konga XXVI-B2, Satgas 2nd Indo Force Protection Company (2nd Indo FPC) Kompi Mekanis Konga XXIII-C1 dan Satgas Indonesian Medical (Indomed) Konga XXIX-A, yang telah memasuki bulan ke-tujuh waktu penugasan, masih tetap siap dalam kondisi operasional. Dengan kesiapsiagaan dan profesionalisme yang dimiliki ini, Kasum TNI memiliki keyakinan bahwa tugas-tugas kedepan dapat diemban dengan baik. Dalam kunjungan tersebut Kasum TNI didampingi oleh Dubes RI untuk Lebanon R Ahmad Arief, Asrenum Panglima TNI Marsda TNI Amirullah Amin, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Suhartono Suratman, Penasehat Militer RI di PBB Laksma TNI Antonius Sugiarto dan Athan Indonesia di Kairo Kolonel Laut Teguh Isnanto SS. (puspen/syamsir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog