Rabu, 23 Juni 2010

Gianyar Gandeng Kodim Garap Pertanian Berpupuk Organik

Gianyar,NusaBali – Dengan luas lahan pertanian 14.700 hektar, tercatat sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang mendapat penghargaan dari Presiden PR, karena berhasil memproduksi pangan diatas standar produksi nasional. Untuk mempertahankan predikat ini, Pemkab ianyar menggandeng Kodim 1616 untuk bekerjasama. Salah satunya dengan penanaman produk pertanian organik.

Jajaran Kodim 1616/Gianyar dipimpin Dandim Kol Infanteri Slamet Musafak melaksanakan panen padi berpupuk organik di Subak Sindhu, Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar, Selasa (22/6) kemarin. Panen padi di atas lahan 30 are kali ini dihadiri Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace dan jajaran Muspida Gianyar.

Dandim 1616/Gianyar Kol Infanteri Slamet Musafak mengatakan, demplot tanam padi berpupuk organik ini merupakan salah satu bentuk program kegiatan ketahanan pangan menyarakat yang dilaksanakan Kodim 1616/Gianyar. Kegiatan ini jugamenjadi bukti nyata program Kodim Gianyar khususnya kedapa petani untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Penggunaan pupuk organik oleh petani selama ini telah terbukti memiliki kelebihan dibandingkan pupuk organik. Diantaranya, mempertahankan kesuburan tanah, meningkatkan hasil panen dan tentunya harga produksi yang lebih besar.

Dandim mencontohkan pada panen di lahan kali ini terbukti petani mengalami peningkatan hasil panen setelah menggunakan pupuk organik, dimana hasil panen meningkat dari 1.2 ton menjadi 2 ton. Penerapan penggunaan pupuk organik, seperti ini juga telah diujicobakan di beberapa subak di kabupaten Gianyar.

Bupati Cok Ace menyampaikan apresiasi atas kerjasama Kodim 1616/Gianyar dalam meningkatkan kualitas produksi pertanian mengingat tidak memungkinkannya dilakukan peningkatan terhadap luas lahan.

Terkait hal ini, Bupati berharap kerjasama Pemkab Gianyar dengan Kodim 1616.

Gianyar dapat ditingkatkan, tidak hanya pada sektor pertanian, bahkan pada sektor peternakan. Khususnya bidang pembangunan pertanian di Gianyar, pihaknya telah memberikan subsidi pupuk dan bibit bernilai Rp 4 miliar. Selain itu, telah dilakukan terobosan berupa penanaman varietas baru seperti kelengkeng, dan bambu tabah yang nantinya diharapkan dapat makin meningkatkan penghasilan petani di Kabupaten Gianyar.

Panen padi ini juga dihadiri Asisten Teritorial Kasdam IX/Udayana, Kolonel Inf Yunadi sekaligus menyampaikan apresiasi atas upaya Kodim 1616/Gianyar ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog