Sabtu, 18 September 2010

INDOBATT RAMAIKAN FESTIVAL BERSIH DESA DI LEBANON


Oleh : Djoko Sulistriyono
17-Sep-2010, 15:50:06WIB
Indobatt kembali meramaikan Festival “Bersih Desa” yang diselenggarakan di desa yang berada dalam Area Operation (AO) Satuan Tugas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil (Indonesian Battalion/Indobatt) di desa Bani Hayyan, Kamis (16/9).

Seperti yang selama ini diperjuangkan oleh Indobatt, sebagai Peacekeeper, salah satu hal penting yang harus diperbuat oleh prajurit TNI adalah bagaimana mereka bisa memenangkan hati dan pikiran rakyat, sehingga bisa diterima di lingkungan yang sedang dilanda konflik. Setelahnya melewati bulan puasa Ramadhan, kembali prajurit Indobatt hadir dengan penuh simpatik serta menyebarkan rasa aman dan damai bagi penduduk di medan operasi. Medan operasi yang tidak dapat diprediksikan situasi dan kondisinya.

Festival yang diadakan setahun sekali ini merupakan Festival ’Bersih Desa’ yang diadakan setelah perayaan Idul Fitri. Seluruh anggota masyarakat desa Bani Hayyan yang berdomisili diluar wilayah Bani Hayyan seperti di ibukota Beirut, Syria dan Yordan pulang kembali kedesanya dan merayakan festival ini bersama-sama dengan anggota clan-nya. Demikian uraian panjang lebar Kasi Cimic Indobatt Mayor Inf Rois Nahruddin dalam wawancaranya dengan Pen Satgas.

Selanjutnya dikatakan, Indobatt sangat beruntung dapat berpartisipasi pada kegiatan ini. Sebab, ini merupakan tolok-ukur betapa diterimanya Indobatt ditengah masyarakat Lebanon Selatan. Apalagi kegiatan ini dihadiri oleh sebagian besar anggota masyarakat Bani Hayyan. Sehingga dengan demikian, masyarakat luas semakin mengenal dan mengetahui dari dekat kepedulian Indobatt terhadap kesejahteraan masyarakat Lebanon. Sekaligus menjadikan Indobatt sebagai bagian yang integral dari masyarakat desa Bani Hayyan. Hal ini sangat penting, untuk semakin memupuk rasa kepercayaan masyarakat terhadap kepedulian masyarakat dunia dalam hal ini dengan kehadiran UNIFIL (United Nations In Interim Force In Lebanon) di Lebanon Selatan.

Festival ‘Bersih Desa’ ini diselenggarakan oleh municipality Bani Hayyan serta seluruh elemen kemasyarakatan seperti Youth Scout Club dan LAF (Lebanese Armed Forces). Dan bertujuan mulia, untuk memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan diantara warga Bani Hayyan serta memberikan kesempatan kepada penduduk lokal untuk menggelar hasil kerajinan-tangannya (hand-made) untuk diperjualbelikan pada festival ini.

Menyalurkan minat dan bakat kaum muda pada kesenian serta memberikan penghargaan bagi kaum muda yang berprestasi. Ungkap Mayor (istilah yang digunakan untuk pemimpin desa di Lebanon) Mr. Yahya Jabber dengan simpatik.

Kegiatan ini diawali dengan pertunjukan badut, sulap dan lomba baca puisi. Sedangkan di luar panggung didirikan tenda-tenda untuk bazaar/pasar malam bagi masyarakat umum. Sementara, di gedung Baladiyah dilaksanakan acara penganugrahan piagam penghargaan bagi siswa-siswi Bani Hayyan yang berprestasi. Seluruh pelajar yang lulus pada tahun ajaran ini mendapatkan ucapan selamat dari para pemuka agama dan masyarakat. Malam harinya, tim kesenian Rampak Gendang Indobatt mengawali acara dengan tampilannya yang atraktif.

Hadir sebagai tamu kehormatan pada acara ini Komandan Indobatt Letkol Inf Andi Perdana Kahar, Danki D kapten Inf Utyu Samsul Komar serta Danki B selaku penanggungjawab wilayah setempat, Kapten Inf Syafruddin. (Pa Pen Konga XXIII-D/Unifil/Dispenad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog