Kamis, 23 September 2010

TNI AU Mantap Kerjasama dengan AS

22 September 2010 21:45 wib Nasional
Jakarta, CyberNews. TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) sepakat memantapkan kerja sama terutama dalam bidang pendidikan dan latihan. Demikian salah satu pokok pembicaraan antara Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat dan Komandan Angkatan Udara AS di Pasifik (USPACAF) Jenderal Gary North di Jakarta, Rabu (22/9).

Juru Bicara TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Bambang Samoedro kepada wartawan usai menghadiri pertemuan itu mengatakan, kedua pihak membahas berbagai dinamika hubungan militer kedua negara khususnya angkatan udara. "Banyak kerja sama yang telah dilakukan angkatan udara RI-AS dan telah berjalan baik," ujarnya. Salah satu kerja sama yang rutin dilakukan adalah "Teak Iron" yakni latihan bersama unsur angkut berat seperti skuadron C 130 Hercules kedua angkatan udara.

Di bidang pendidikan, kedua negara kerap saling bertukar perwira untuk belajar di sekolah staf dan komando masing-masing angkatan udara. "Jadi intinya memantapkan kerja sama yang telah lama dilakukan, sekaligus memantapkan hubungan baik kedua negara khususnya angkatan udara kedua pihak. Kunjungan kehormatan Jenderal North kepada Kepala Staf Angkatan Udara Imam itu merupakan tersebut kunjungan balasan.

Sebelumnya pada tiga bulan silam, Marsekal TNI Imam mengadakan Imam Sufaat ke USAF dan USPACAF guna mempererat tali persahabatan antar kedua Angkatan Udara. Selama di Indonesia, Jenderal Gary North mengadakan serangkaian kunjungan ke Menteri Pertahanan RI, Mabesau Cilangkap, Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Sekolah Penerbang di Lanud Adisucipto Yogyakarta serta mengunjungi museum Dirgantara Mandala dan Candi Borobudur.
( Ant /CN13 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog