Rabu, 14 April 2010

JAGA KEAMANAN DENPASAR, PEMKOT RANGKUL KODIM 1611 BADUNG

Dauh Puri, Denpost

Sebagai pusat kota, Denpasar sangat sarat dengan permasalahan sosial. Kondisi penduduk yang hetorogen serta jumlahnya begitu tinggi, berpengaruh terhadap situasi keamanan. Guna menjaga stabilitas keamanan itu, perlu ada langkah-langkah konkrit. Salah satunya bersinergi dengan pihak terkait, seperti yang dilaksankan PemkotDenpasar melalui badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Denpasar (Kesbangpolinmas) dengan Kodim 1611 Badung.

Kepala Badan Kesbangpolinmas Kota Denpasar Drs. Wayan Gege Wenten Suparlan di sela-sela penyerahan bantuan 20 unit handy talky (HT) , selasa (13/4) kemarin menyebutkan, bantuan HT itu bertujuan lebih mempercepat informasi antara dinas terkait di Pemkot Denpasar dengan pihak Kodim 1611 Badung.

Disamping melengkapi sarana prasarana pihaknya juga melakukan langkah-langkah seperti pelatihan deteksi dini secara berkesinambungan, terutama tentang pengendalian kebisingan dan gangguan. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman pengetahuan dan keterampilan, bagi aparat keamanan di desa/lurah. Khususnya bidang kemampuan diteksi dini atau intelijen. Melalui pelatihan ini setiap aparat diharapkan mampu melaksanakan perannya sebagai jaring deteksi dini seperti mencari, mengumpulkan dan menganalisa informasi yang menyangkut gangguan yang ada di wilayah atau lingkungannya, tandas wenten Suparlan.

Menurutnya gangguan stabilitas tentu akan mengganggu seluruh aktivitas kehidupan masyarakat. Apalagi Bali, khususnya Denpasar, merupakan destinasi pariwisata unggulan yang sangat tergantung dengan situasi keamanan.

Peristiwa bom Bali harus menjadi peringatan bagi kita semua. Selaku aparat, semua harus peka terhadap situasi yang berkembang di masyarakat, jangan sampai kita lengah, ujar Wenten Suparlan seraya menambahkan upaya menjaga keamanan tidak saja menjadi tanggung jawab aparat, namun peran serta masyarakat juga sangat menentukan.

Letkol ARH Pontjo Wosono K. mengatakan, keberadaan TNI untuk membela rakyat serta menjaga wibawa pemerintah, Disamping itu , pihaknya senantiasa menjaga keamanan secara luas. Untuk menjaga stabilitas keamanan kota Denpasar, kata Pontjo Wasono, tentunya dibutuhkan kerja sama semua pihak baik materil maupun non materil. Mendapat dukungan HT dari Pemkot Denpasar ini akan melancarkan kerja sama kita di lapangan antara dinas terkait kota Denpasar dengan Kodim 1611 Badung,” tandas Pontjo Wasono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog