Selasa, 20 April 2010

Panglima TNI : Perawatan Alutsista Untuk Kurangi Kecelakaan

Jakarta, 19/4/2010 (Kominfo-Newsroom) – Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso meminta seluruh personil TNI melaksanakan sistem pemeliharaan dan perawatan terhadap alutsista di setiap angkatan sebaik-baiknya, sehingga bisa menghindari dan menekan terjadinya resiko insiden maupun kecelakaan serendah-rendahnya.

”Aspek pembinaan, pemeliharaan dan perawatan yang telah dilaksanakan selama Renstra I harus tetap dilanjutkan sebagai landasan yang kokoh guna menyongsong tugas dan pengabdian TNI berikutnya,” kata Panglima TNI dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasum TNI Marsekal Madya TNI Edy Hardjoko pada upacara bendera di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin (19/4).

Menurutnya, aspek tersebut merupakan bagian dari Renstra II TNI 2010-2014 yang difokuskan pada modernisasi atau pembangunan kekuatan TNI. Kesemuanya dimaksudkan untuk mewujudkan kekuatan pokok minimum pertahanan, yaitu mewujudkan kekuatan TNI yang cukup menuju terwujudnya kekuatan pertahanan negara yang cukup pula. Dikemukakan, makna dan hakekat dari kekuatan cukup, adalah kekuatan yang mampu mengemban tugas-tugas operasional yang sedang dan akan dipercayakan, yang setiap saat dapat dikembangkan jika diperlukan.

”Tidak berlebihan di tengah keterbatasan anggaran, tidak ketinggalan di tengah kemajuan teknologi militer, serta memancarkan deterrence effect atau daya tangkal yang tinggi, sehingga disegani kawan atau lawan,” katanya.

Panglima TNI juga menekankan bahwa optimalisasi peran TNI merupakan wujud partisipasi aktif dan kontribusi nyata TNI dalam pembangunan nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, optimalisasi peran TNI semata-mata merupakan panggilan moral dan fungsional TNI dalam rangka menunaikan tugas kemitraan atau tugas perbantuan TNI kepada institusi lain.

Hal itu, kata Panglima TNI, untuk mencapai empat tujuan pokok, yaitu membantu meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, membantu meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan rakyat, membantu menegakkan disiplin, tata tertib dan hukum di laut dan di udara, serta membantu meningkatkan citra bangsa melalui kerja sama internasional di bawah naungan PBB. (Yr/ysoel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog