Jumat, 23 April 2010

Kodam Jaya Tingkatkan Operasi Nonmiliter

Jumat, 23 April 2010
JAKARTA (Suara Karya): Jajaran Kodam Jaya/Jayakarta meningkatkan operasi non militer (nirmiliter) di tengah-tengah masyakarat Jakarta dan sekitarnya. Itu dilakukan, untuk membangun kepedulian lingkungan sosial masyarakat dalam mewujudkan stabilitas nasional.

"Semua jajaran kita (Kodam Jaya), seperti di tingkat Korem, Kodim, Koramil kita instruksikan untuk melaksanakan serta meningkatkan interaksi dengan masyarakat sekitar yang masuk dalam teritorial kewilayahan," ujar Kepala Staf Kodam Jaya, Brigjen TNI Waris kepada Suara Karya di Jakarta, Kamis (22/4).

Operasi nirmiliter yang sedang digiat-giatkan Kodam Jaya, dijelaskan Kasdam Jaya, bakti sosial maupun olah raga bersama. "Kegiatan bersama ini diharapkan daat menumbuhkan rasa kesadaran dan rasa kepedulian masyarakat terhadap situasi lingkungan, seperti rasa aman, nyaman, sehat dan ikut memiliki lingkungan sebagai bagian perwujudan stabiltas nasional, khususnya di wilayah teritorial Kodam Jaya," ujarnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, ada keprihatinan terhadap minimnya kepedulian masyarakat atas kondisi sosial, lingkungan dan keamanan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Merebaknya wabah penyakit yang menggerogoti kesehatan warga maupun penyakit sosial, berupa gangguan keamanan akibat minimnya pengetahuan masyarakat terhada pentingnya keedulian sosial dan lingkungan.

"Melalui kegiatan bakti sosial, pengobatan gratis, olah raga bersama maupun kegiatan-kegiatan sosial lainnya akan terwujud kepedulian bersama oleh seluruh elemen masyarakat maupun institusi-institusi pemerintah dan swasta yang memiliki kepedulian lingkungan dan sosial," tandasnya.

Operasi nirmiliter meruakan amanat Undang-Undang Nomor 34/2004 tentang TNI. Dalam undang-undang tersebut, dijelaskan Waris, TNI dapat melakukan oerasi non militer selain operasi militer. "Cukup jelas dijabarkan UU TNI," ujar Kasdam Jaya.

Menurut dia, operasi nirmiliter merupakan bagian dari tujuan membantu pertumbuhan perekonomian, sosial budaya, keamanan dan kenyamanan serta mempertahankan kedaulatan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog