Rabu, 28 April 2010

175 Prajurit TNI di Kongo Dapat Medali Kehormatan

Selasa, 27 April 2010 - 20:47 wib
Anton Suhartono - Okezone
KINSHASHA - Sebanyak 175 prajurit TNI yang bertugas di Republik Demokratik Kongo, mendapat medali kehormatan dari PBB. Mereka sudah 7 bulan bertugas di negara yang dulunya bernama Zaire itu.
Sebanyak 175 prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Zeni TNI Kontingen Garuda XX-G ini sudah bertugas selama 7 bulan dalam misi MONUC (Mission de I’Organisation de Nations Unies en Republique Democratique du Congo).Penyematan medali berlangsung di Bumi Siliwangi Camp Dungu Kongo dan bertindak selaku inspektur upacara Komandan Itury Brigade, Brigjen ATM Ziaul Hasan. Penganugerahan ini juga dihadiri para Komandan Kontingen negara dan pegawai sipil PBB yang ikut tergabung dalam operasi pemeliharaan PBB di Kongo.

Dalam amanatnya Jenderal Zia menyampaikan, penganugerahan medali PBB merupakan penghormatan yang sangat tinggi dan merupakan kebanggaan bagi yang menerimanya. “Tidak semua orang bisa mendapatkan medali PBB tersebut, karena hanya orang yang berkesempatan bertugas dalam misi perdamaian sekurang-kurangnya enam bulanlah yang berhak menerima medali tersebut,” ujar Jenderal Zia, dalam rilis yang diterima okezone, Selasa (27/4/2010). Medali, lanjutnya, diberikan kepada setiap prajurit tidak hanya sebagai bentuk kebiasaan, tetapi yang terpenting adalah sebagai suatu penghargaan terhadap dedikasi seluruh prajurit MONUC yang telah melaksanakan tugas dengan baik.

Adalah suatu hal yang wajib, apabila negara atau badan organisasi yang dibantu akan memberikan suatu penghargaan atas jasa yang telah diberikan, yang merupakan wujud terima kasih.

Medali bernama MONUC dibuat dan ditetapkan PBB pada 2 Mei 2000. Pita yang ada terdapat dua garis-garis luar berwarna biru, melambangkan kehadiran PBB di Negara Republik Demokratik Kongo. Di dalamnya terdapat dua bagian, yang terdapat dua garis kecil berwarna kuning, yang melambangkan suatu awal dari perdamaian dan harapan masa depan yang cemerlang. Untuk warna biru gelap yang berada ditengah-tengah warna kuning melambangkan sungai Kongo, yang mengartikan bahwa Negara ini dilewati sungai besar yang bernama sungai Kongo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog