Selasa, 27 April 2010

Jendral Nigeria Kunjungi Cilangkap

Senin, 26 April 2010 - 13:41 WIB
CILANGKAP (Pos Kota) – Kepala Staf Umum TNI Marsekal Madya TNI Edy Harjoko menerima Letjen Chika Dibia Isaac Obiakor di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (26/04/2010). Letjen Obiakor adalah Penasehat Militer PBB dari Nigeria yang bermarkas di United Nations Departement of Peace Keeping Operations (UN DPKO)-New York sejak 21 Juli 2008. Ia lahir pada 18 Februari 1951 di Zaria, Nigeria dan mengawali karir militernya di Akademi Pertahanan Militer Nigeria tahun 1973.
Jabatan tertinggi yang pernah diduduki pada misi PBB adalah sebagai Force Commander di UNMIL (United Nations Mission in Liberia) dari tahun 2006 – 2008. Sebelumnya, ia adalah Komandan Divisi Infanteri Mekanis-2 Angkatan Darat Nigeria. Disamping itu, Letjen Obiakor pernah menjabat sebagai Komandan ECOMOG (Economic Community of West African Status Monitoring Group) Brigade Artileri di Liberia dari tahun 1996 – 1997, dan bertugas sebagai Ketua Koordinator Pemilu Nasional Liberia tahun 1997.
Sebelum menempati jabatan pada tugas-tugas operasi perdamaian dunia, ia bertugas sebagai Chief of Administration (Kepala Administrasi) Angkatan Darat Nigeria yang bertanggungjawab untuk kesejahteraan, disiplin dan pelayanan kesehatan seluruh personel militer Nigeria. Kepada Kasum TNI, Letjen Obiakor menyampaikan kegagumannya kepada personel TNI yang bertugas sebagai Peace Keeping di Lebanon pada misi UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon), karena telah bertugas dengan sangat baik.
Kedatangan Jenderal dari Nigeria tersebut adalah untuk menawarkan kepada Indonesia menjadi tempat penyelenggaraan seminar Peace Keeping pada bulan Nopember 2010 mendatang. Letjen Obiakor merasakan bahwa kedatangannya ke Indonesia merupakan nostalgia tersendiri, karena pada tahun 1998 dia pernah tercatat sebagai salah satu siswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Bandung.Turut mendampingi Kasum TNI antara lain Waasops Panglima TNI Laksma TNI S. Budiono dan Kepala Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (Ka PMPP) TNI Brigjen TNI I Gede Sumertha KY, PSC. (Puspen/dms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog