Jumat, 02 April 2010

Menhan Segara Pantau Wilayah Perbatasan RI-Timor Leste

Kupang Bali Post
Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro akan memantau wilayah perbatasan RI dengan Timor Leste pada Sabtu (3/4) . Beliau akan melakukan pemantauan itu dalam rangkaian kunjungan kerja mengikuti prosesi jumat agung di Larantuka, Flores Timur pada Jumat (2/4) , kata Asisten II Setda Nusa Tenggara Timur(NTT) Ans Takalapeta di Kupang, kamis (1/4) kemarin.

Ia mengatakan , Menhan dijadwalkan tiba dengan pesawat Hercules di Bandara Waioti Maumere Kabupaten Sikka pada Jumat (2/4) pagi kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Larantuka, Ibu kota Kabupaten Flores Timur , untuk mengikuti Prosesi Jumat Agung. Setelah mengikuti upacara Tradisi Katolik di Larantuka itu, Menhan kembali ke Maumere untuk selanjutnya naik pesawat Hercules ke Kupang dan Menggunakan Helikopter untuk memantau wilayah laut dan darat di perbatasan dengan Timor Leste pada Sabtu (3/4). Diperbatasan , kata mantan bupati kabupaten Alor dua periode ini, Menhan akan menggunakan Helikopter untuk memantau salah satu pulau terluar yang sempat diklaim Timor Leste Yakni Pulau Batek.

Di Pulau yang terletak di lepas pantai antara wilayah Kabupaten Kupang dengan Distrik Ambenu Timor Leste tersebut, TNI Angkatan Darat telah menempatkan Pasukan sejak beberapa tahun salam. Selain memantau Perbatasan melalui udara Menhan Purnomo Yusgiantoro akan meninjau Pos Perbatasan Montain guna melihat dari dekat manajemen pelayanan satu atap atas lalu lintas orang, barang dan Jasa, termasuk aspek keamanan.
Untuk meninjau Pos Montain Menhan akan menggunakan perjalanan darat dari Kota Atambua, ibu kota Kabupaten Belu ke garis perbatasam , katanya. Ia menambahkan pihaknya juga sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Belu untuk persiapan kunjungan Menhan dimaksud.Ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler, Takalapeta mengaku sedang memimpin rapat persiapan untuk kunjungan Menhan ke NTT itu, Hanya dia belum bisa memastikan titik perbatasan mana yang akan ditinjau, selain pos Montain.

Sekembalinya dari peninjauan wilayah perbatasan melalui udara dan darat, katanya Menhan akan melakukan pertemuan dengan pemerintah Propinsi NTT di Kupang pada Satu (3/4) malam dan akhirnya kembali ke Jakarta pada Minggu (4/4) pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog