Sabtu, 10 April 2010

Toisutta: Bali rentan ganguan keamanan

Friday, 09 April 2010 15:17
WASPADA ONLINE
DENPASAR - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta menegaskan bahwa wilayah Kodam IX/Udayana, khususnya Bali sebagai daerah tujuan wisata internasional rentan terhadap gangguan keamanan, mulai dari masuknya obat terlarang hingga tindakan terorisme."Karena menjadi pusat aktivitas masyarakat lokal, nasional maupun internasional, maka wilayah ini harus aman. Apalagi ke daerah ini sering ada kunjungan tamu-tamu negara asing," kata KSAD.

Dikatakan KSAD, bahwa Kodam Udayana memiliki tugas dengan wilayah rangkaian pulau-pulau tersebar, yakni Bali, NTB dan NTT, maka persoalannya memiliki kekhususan, baik dari segi geografis maupun kondisi sosial masyarakatnya.

"Kondisi ini merupakan kekayaan khasanah bangsa karena wilayah Kodam Udayana, khususnya Bali menjadi tujuan wisata internasional. Kondisi ini berpotensi dikembangkan sehingga menjadi sumber pendapatan bagi daerah," jelas Toisutta.

Selain itu, katanya, kondisi tersebut juga mengandung kerawanan karena terjadi arus aktivitas masyarakat yang sangat tinggi sehingga jika terjadi sesuatu bisa menggangu stabilitas keamanan.

"Apalagi, wilayah Kodam Udayana juga berbatasan darat dengan negara tetangga. Untuk itu perlu disiapkan potensi pertahanan wilayah nasional dengan baik," tuturtya.
Toisutta juga mengatakan, bahwa kemanunggalan TNI dengan rakyat masih menjadi potensi untuk menjaga stabilitas keamanan negara, karena hal tersebut telah teruji. Untuk itu, semangat gotong royong di kalangan masyarakat harus dijaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog