Sabtu, 10 April 2010

Kasad Jenderal George Toisutta: Jaga Bali dengan Konsep ''Nyama Braya''

10 April 2010
Denpasar (Bali Post) –
Bali sebagai daerah destinasi wisata dan dikunjungi banyak wisatawan, keamaman menjadi hal mendasar. Dampak Pulau Bali menjadi daya tarik wisata adalah menjadi daerah yang rentan terhadap berbagai tindakan di luar hukum, mulai dari perdagangan obat terlarang hingga kegiatan terorisme berskala besar. Namun, adanya konsep nyama braya di Bali kondisi keamanan tetap bisa terjaga.
''Liu nyama braya dini pasti aman,'' kata Kapala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta yang ditemui di sela-sela serah terima jabatan (sertijab) Pangdam IX/Udayana, Jumat (9/4) kemarin.

Kasad George Toisutta secara resmi melantik Brigjen TNI (Inf) Rachmat Budiyanto sebagai Pangdam IX/Udayana menggantikan Mayjen TNI Hotmangaradja Pandjaitan. Hotmangaradja Pandjaitan kini mendapat jabatan di Sesmen Polhukam, setelah 22 bulan menduduki Pangdam IX/Udayana. Selumnya Rachmat Budiyanto menduduki jabatan Kasdam III/Siliwangi.

Dalam amanatnya, Kasad mengatakan Kodam IX/Udayana yang mewilayahi Provinsi Bali, NTB, dan NTT memiliki berbagai kekhususan baik dari segi geografi, demografi maupun sosial masyarakatnya. Demikian juga arus pergerakan wisatawan yang tinggi dari berbagai penjuru dunia, apabila tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai macam kerawanan yang setiap saat dapat timbul dan mengganggu stabilitas keamanan. Karena itu, Bali harus tetap menjadi daerah yang aman bagi siapa pun.

Kasad juga menegaskan wilayah Kodam IX/Udayana yang mewilayahi daerah perbatasan dengan Timor Leste harus menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah, dengan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat di daerah ini.

Dalam upacara sertijab kemarin, juga digelar olah kemampuan prajurit Kodam IX/Udayana. Berbagai atraksi yang terlatih diperagakan oleh prajurit di hadapan para undangan. Usai sertijab, digelar devile pasukan dan kendaraan milik TNI. (kmb12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog