Jumat, 18 Juni 2010

Warnai HUT ke 54 Penerbangan TNI AL di Lanudal Juanda

17 Juni 2010, 18:04:59 Laporan J. Totok Sumarno
suarasurabaya.net Demo pembebasan sandera oleh pasukan dari Batalyon Taifib-1 Marinir, mewarnai upacara peringatan Hari Penerbangan TNI AL ke 54 yang digelar di Apron Lanudal Juanda, Surabaya, Kamis (17/06).

Selain itu, ratusan prajurit Korps Marinir yang berasal dari Brigif-1 Marinir sebagai pasukan upacara, Resimen Kavaleri-1 Marinir melakukan demo bela diri militer ikut hadir dalam upacara yang dipimpin Laksamana TNI Angkatan Laut AGUS SUHARTONO Kepala Staf Angkatan Laut, selaku inspektur upacara tersebut. Sebelum upacara peringatan Hari Penerbangan TNI AL ke 54 dilmulai, didahului dengan penyematan brevet oleh Komandan Pusat Penerbangan TNI AL Laksamana Pertama TNI HALOMOAN SIPAHUTAR kepada KSAL Laksamana TNI AGUS SUHARTONO sebagai warga penerbangan TNI AL.

Dalam upacara tersebut juga dilakukan penyematan Satya Lencana Kesetiaan 8 tahun dan 16 tahun, selesai upacara parade dilanjutkan dengan demo pembebasan sandera yang dilakukan oleh prajurit Taifib Marinir dan Kopaska Armatim. Pesawat Udara TNI AL yang mengalami kerusakan mesin melakukan pendaratan darurat di daerah musuh, awak pesawat disandera oleh musuh, tim penyelamatan dari Taifib Marinir dan Kopaska Armatim diterjunkan melalui udara dengan terjun tempur dari pesawat Casa dan fast rope dari Heli Bell.

Sempat terjadi kontak tembak antara tim penyelamat dengan musuh, musuh dapat dihancurkan dan sandera dapat dibebaskan oleh Tim penyelamat, evakuasi Sandera dilakukan dengan cara Stabo. Pembebasan sandera selesai, mengutip siaran pers yan gditerima suarasurabaya.net, Kamis (17/06) dilanjutkan dengan bela diri militer yang dilakukan oleh prajurit Marinir dari Resimen Kavaleri-1 Marinir dan prajurit Puspenerbal, kemudian dilanjutkan dengan fly pass pesawat udara milik TNI AL yaitu pesawat pengintai Nomad, pesawat angkut Casa, pesawat latih Tobago dan Heli. Keseluruhan acara diakhiri dengan defile pasukan.(tok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog