Jumat, 17 September 2010

Cegah Terjadi Bencana Alam ; TNI Harus Mampu Cermati Aspek Geografis Wilayah

Langsa, (Analisa)

Untuk mencegah dan menanggulangi berbagai dampak terjadinya bencana alam, TNI jajaran Korem 011/Lilawangsa pada umumnya dan khususnya Kodim 0104/Aceh Timur harus mampu mencermati perkembagan situasi dan kondisi aspek geografis. Meliputi keadaan cuaca dan kondisi alam maupun berbagai fenomena alam lain di wilayahnya.

Demikian disampaikan Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Deni K Irawan didampingi Kepala Penerangan Korem (Ka Penrem), Mayor Inf Tengku M.Khair SE, usai upacara pembukaan latihan Geladi Posko-I tingkat Kodim 0104/ Aceh Timur, yang dilaksanakan 15-18 September di Aula Makodim setempat, Rabu (15/9).

Dikatakan, saat ini Kodim 0104/ Aceh Timur sebagai satuan komando kewilayahan di bawah Korem 011/LW sesuai peran dan tugasnya dalam mendukung tugas pokok TNI-AD yang diamanatkan dalam Undang-Undang No.34 tahun 2004 tentang TNI, yaitu selain perang juga membantu pemerintah daerah (Pemda).

Harapannya, jajaran Kodim ini mampu berkoordinasi secara terpadu dengan aparat Pemda, aparat kepolisian dan instansi terkait lainnya, terutama dalam rangka membantu penanggulangan bencana alam yang melibatkan unsur satuan komando kewilayahan di jajarannya dengan metode latihan Geladi Posko.

Selain itu, dengan latihan Geladi Posko nanti diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dalam hal teknik, prosedur dan tata kerja kinerja satuan Kodim tersebut.

Sehingga unsur komandan maupun perwira staf dapat menerapkan prosedur atau mekanisme yang harus dilaksanakan mulai dari proses perencanaan, persiapan, pelaksanaan maupun pengakhiran suatu operasi yang sesuai dengan temanya; "Dengan latihan Geladi Posko-I Kodim 0104/Aceh Timur, memiliki kemampuan dan kesiapan guna melaksanakan tugas bantuan kepada Pemda dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 011/LW".

Jadi Acuan
Danrem juga mengharapkan, agar pelaksanaan kegiatan latihan Geladi Posko-I jajaran Kodim ini benar-benar menjadi acuan dan barometer terhadap daerah-daerah lainnya, sehingga dalam pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan rencana dan garis besar pelaksanaan latihan serta berjalan dengan baik dan seefisien mungkin.

Para peserta diminta selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas sesuai seluruh tahapan kegiatan geladi yang telah disesuaikan dengan jadwal serta direktif latihan yang dikeluarkan oleh satuan komando atas dan selalu konsolidasi, evaluasi seluruh kegiatan tersebut baik sebelum maupun sesudah selesai pelaksanaannya.

Sehingga tujuan kegiatan dapat dirasakan manfaatnya bagi satuan maupun untuk kepentingan sosial masyarakat, khususnya di wilayah Kodim 0104/Aceh Timur.

Pembukaan Geladi Posko ¬ I Kodim 0104/Aceh Timur di hadiri Kasrem 011/LW, Letkol Inff S. Budi Raharjo, Pjs Kasi Intel Mayor Inf Surya, Kasi Ops Letkol Inf Sarwoyadi, Kasi Log Mayor Inf Agus Tri Antoni, Dandim 0111/Bireun Letkol Inf E. Reza Pahlevi, Dandim 0106/Ateng Letkol Kav Bokiyar S.Ip, Dandim 0103/Aut Letkol Czi Wakhyono, Dandim 0104/ Atim Letkol Inf Piek Budyakto, Danyonif 111/KB Letkol Inf Muhammad Ali, Danyonif 113/JS Letkol Inf Trenggono, dan Muspida Kota Langsa, Aceh Tamiang serta Aceh Timur. (dir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog