Jumat, 27 Agustus 2010

Polri dan TNI Patroli Bersama di Bogor

Kamis, 26 Agustus 2010 | 19:38 WIB
Penulis: Ratih P Sudarsono | Editor: I Made Asdhiana

BOGOR, KOMPAS.com - Aparat Polsek Bogor Timur dan Koramil Bogor Timur sudah sepekan lebih berpatroli berkeliling bersama setiap harinya. Patroli gabungan polisi dan tentara tersebut menyambangi dan mengawasi lokasi-lokasi transaksi keuangan masyarakat.

"Ini kami lakukan untuk lebih memberi rasa aman kepada masyarakat. Di beberapa daerah telah terjadi kriminalitas yang cukup menonjol. Dengan patroli gabungan ini kami harapkan kejadian semacam itu tidak terjadi di sini," kata Kepala Polsek Bogor Timur Komisaris Syahroni, Kamis (26/8/2010).

Syahroni ditemui bersama Komandan Rayon Militer (Danramil) Bogor Timur Kapten Infantri Dede Komarudin, saat berada di Jalan Suryakencana, dari meninjau lokasi longsor dan kebakaran di kawasan itu.

"Patrolinya dilaksanakan secara terbuka. Anggota saya memakai baju dinas dan dilengkapi senjata api," kata Dede.

Menurut Syahroni dan Dede, patroli lingkungan gabungan ini merupakan impelementasi mereka atas perintah atasan masing-masing, yang mengharuskan aparat ujung tombak jajaran Polri dan TNI meningkatkan kewaspadaan dan mempertajam keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Keduanya lalu memutuskan untuk melaksanakan patroli gabungan, yang semula hanya ditujukan untuk selama Ramdhan dan Lebaran, menjadi kegiatan reguler yang berkesinambungan. Usai Lebaran, kegiatan patroli gabungan ini, akan berjalan terus.

Sebelum pelaksanaan patroli gabungan itu, dua kegiatan pendahuluan dilaksanakan mereka. Yakni, mengundang para pemilik dan pengelola usaha, yang kegiatan usaha sehari-harinya terjadi transaksi keuangan yang cukup besar. Dan, mendatangi lokasi-lokasi usaha yang mereka nilai lemah dalam soal pengamanan.

Pada pertemuan dan kunjungan itu, mereka memaparkan kondisi keamanan wilayah dan modus-modus yang dipakai para kriminal dalam melaksanakan kejahatan. "Termasuk kejahatan hipnotis itu. Umumnya mereka memahami masalah perlunya sama-sama menjaga kamtibmas dan mereka juga berupaya meningkatkan dan merapatkan keamanan di instansi atau perusahaannya," kata Syahroni.

Patroli gabungan ini terbagi dalam beberapa tim, dimana minimal satu tim itu terdiri dari satu polisi satu tentara. Lokasi utama yang dikontrol dan diawasi keamananya antara lain SPBU, bank, pegadaian, dan mini market.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog