Kamis, 26 Agustus 2010

Gaji Nak 10 Persen Sejahterakan PNS ?

Nusa Bali - Pemerintah menjanjikan gaji pokok dan pensiun pokok pegawa inegeri sipil (PNS), anggota TNI, dan Polri nak 10 persen pada Januari 2011. Tidak hanya itu, pemerintah juga tetap memberikan gaji ke-13 dan pemberian uang pensiun ke-13 untuk para pensiunan.

"Pada 2011 akan ada penaikan gaji sedikit lebih jika dibandingkan dengan inflasi 5 persen. Naiknya 10 persen. Ini untuk kesejahteraan PNS, TNI dan Polri," kata Menter Keuangan Sri Mulyani dalam penjelasan rancangan Rencana Kerja Pemerintah 2011 di Musrenbangnas 2010 d jakarta.

Menurut Mantan Menkeu Sri Mulyani, semuanya itu merupakan bagan dari kebijakan pokok belanja pegawai pemerintah pusat pada 2011. Bahkan tahun depan jumlah pegawai di pemerintah pusat akan ditambah sebanyak 100 ribu orang.

Untuk memenuhi rencana tersebut pemerintah menganggarkan tambahan belanja pemerintah pusat sebesar Rp 81.3 triliun dalam RAPBN 2011. saat menanggapi tentang rencana penaikan itu, pengamat ekonomi Ahmad Erani Yustika dari Institute for Development of Economy and Finance (Indef) berpendapat bahwa itu sesuatu yang wajar dan tidak ada yang istimewa. menurut Ahmad, penaikan gaji itu tidak memiliki dampak signifikan terhadap masalah inflasi. Namun, penaikan mamang dapat membantu daya beli PNS. Msalnya pada Juli nanti tarf lstrik sudah nak sekitar 10 persen. Harga-harga kebutuhan pokok pasti akan naik juga.

Sementara tu, Persatuan Guru Republik ndonesia (PGRI) menyatakan janji tersebut patut dipertanyakan. Alsan mereka, untuk urusan tunjangan sertifikasi guru, yang diyakini bisa meningkatkan kesejahteraan guru, sudah empat bulan dana tersebut belum dibayar. "Apakah isu kenakan gaji itu nantinya bisa dilakukan?" tanya Ketua Umum PB PGRI Sulistyo.

Sementara itu dari analisa mengenai kenaikan gaji PNS tahun 2011 terhadap ekonomi dan kinerja Pegawai Neger Sipil, Sumber daya manusia (Pegawai) merupakan unsur yang strategis dalam menentukan sehat tidaknya suatu organisasi. Pengembangan SDM yang terencana dan berkelanjutan karenanya merupakan kebutuhan yang mutlak terutama untuk masa depan organisasi.

Manajemen sumber daya manusa di sektor publik berusaha mengungkap manusia sebaga sumber daya seutuhnya dalam konsepsi pembangunan bangsa. Tantangan utamanya adalah bagaimanan mengelola sember daya manusia yang ada dalam organisasi yang efektif dan menghapuskan praktek yang tdak efektif.

Masalah sumber daya manusia yang kelihatannya hanya merupakan masalah intern dari suatu organsasi sesungguhnya mempunya hubungan yang erat dengan masyarakat luas sebagai pelayan publik yang diukur dar knerja.

Mengenai rencana pemerintah menjanjikan gaji pokok dan pensiun pokok pegawai negeri sipil (PNS), anggota TNI dan Polri naik 10 % pada 2011. Tidak hanya itu, pemerntah tetap akan memberikan gaji ke 13 dan pemberian uang pensiun ke 13 untuk para pensiunan.

Pada tahun 2011 kenaikan gaji sedikit lebih jika dibandingkan dengan inflasi 5 persen. Naiknya 10 persen. Ini untuk kesejahteraan PNS,TNI dan Polri," kata mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam penjelasan rancangan Rencana Kerja Pemerintah 2011 di Jakarta.

Menurut Sr Mulyani, semuanya itu merupakan bagan dar kebjakan pokok belanja pegawai pemerintah pusat pada 2011. Bahkan, tahun depan jumlah pegawai pemerintah pusat akan ditambah 100 ribu orang.

Untuk memenuhi rencana tersebut, pemerintah menganggarkan tambahan belanja pemerntah pusat sebesar Rp 81,3 triliun dalam RAPBN 2011

Tak hanya aparat negara aktif, aparat negara yang pensiun pun akan mendapat kenaikan 10 persen. tahun ini, pemerntah juga menaikkan gaji pokok PNS, TNi dan Polri serta pensiun pokok rata-rata sebesar 5 persen.

Selain itu, kanakan uang makan atau lauk pauk bag TNI/Polri dari 35.000 per har menjadi Rp 40.000 hari, serta kenaikan uang makan bag PNS pusat dari Rp 15.000 per hari kerja menjadi Rp 20.000 per hari kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog