Senin, 06 September 2010

Polri – TNI Hijaukan pura Dalem Bija

Mambal, Denpost – Puluhan anggota Polri (Polres Badung dan Bromob) serta Danramil Abiansemal, Sabtu (4/9) kemarin, berbaur dengan masyarakat Desa Adat Semana, Mambal, melakukan penghijauan di belakang Pura Dalem Bija. Kegiatan itu dilaksanakan terkait program penanaman sejuta pohon menuju Desa Mambal yang hijau dan dalam rangka penutupan HUT Bulan Bakti Gotong Royong.

“Kami melakukan kegiatan ini sejak sebulan lalu dan sekarang (Sabtu) menutupannya. Kami bersama masyarakat dan instansi terkait serta didukung Aqua Mambal telah menanam 1.500 pohon pinang, 5000 pohon albasia, 2.000 pohon pajimas, 1.000 pohon mangga dan 500 pohon sandat,” kata Perbekel Mambal< Made Susila didampingi Kabag Bina Mitra Polres Badung, Kompol Putu Indrajaya dan Pimpinan Aqua Mambal dr. Yusuf Soenardi, Sabtu (4/9) lalu.

Susila yang juga mantan pensiunan polisi ini berharap dengan program sejuta pohon tersebut terbentuknya hutan desa untuk menghindari desa dari tanah longsor (erosi), mendukung kesediaan sumber mata air dan mengurangi pemanansan global. Di samping itu, kegiatan ini mendukung Program Bali Clean and Green yang dicanagkan Pemerintah Propinsi Bali.

Kegiatan ini melibatkan desa adat, polres Badung, Polsek Abiansemal, Brimob Mengwi, Koramil Abiansemal, lembaga desa, warga dan siswa SD 2 Mambal. Yang paling penting adanya rasa memiliki dan memelihara pohon yang ditanam sehingga tumbuh dengan baik serta bermanfaat sesuai apa yang kita harapkan,” tegas Susila.

Seluruh peserta yang ikut kegiatan itu sangat antusias dan bergotong royong menanam pohon yang telah disiapkan serta melakukan mereresik di sekitar pura yang keramat tersebut. Sedangkan puyluhan siswa yang tidak kalah semangat menyiram bibit pohon yang baru ditanam.

Selain melakukan penghijauan, menurut Susila, pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan sosial yakni pelatihan penggunaan genta untuk juru sepuh, ceramah tentang anak suputra, pelatihan yoga bagi sekaa teruna dan siswa SD, pementasan kreativitas seni dan bidaya serta donor darah. “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat dan pihak terkait karena sesuai instruksi Bapak Bupati, kegiatan ini bias terlaksana dengan baik. Mari jaga alam kita dengan baik sehingga bermanfaat dan tetap lestari,” tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog