Jumat, 19 November 2010

Indobatt Syukuran HUT Yonif 323/Raider di Lebanon

Kamis, 18 November 2010 - 15:49 WIB
ADSHIT AL QUSAYR (Pos Kota) – Sebagai wujud penghormatan dan soliditas antar sesama prajurit TNI yang bertugas dalam pasukan pemelihara perdamaian di Lebanon, Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil (Indobatt) secara rutin memperingati Hari Ulang Tahun satuan-satuan yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis ini.

Dalam rangka merealisasikan maksud tersebut, beberapa waktu lalu Indobatt melaksanakan acara syukuran Hari Ulang Tahun ke-60 Batalyon Infanteri 323/Raider Kostrad di halaman compound Kompi Mekanis D, UN Position 7-1 Adshit Al Qusayr.

Dalam sambutan singkatnya, Dansatgas Indobatt Letkol Inf Andi Perdana Kahar, yang secara definitif masih menjabat sebagai Danyonif 323/Raider Kostrad, mewakili seluruh prajurit Konga XXIII-D menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada seluruh prajurit yang berasal dari satuan Yonif 323/Raider.

Sebagai satuan main body, dari total 1.018 prajurit TNI yang tergabung dalam Konga XXIII-D, terdapat sejumlah 455 orang prajurit yang berasal dari Yonif 323/ Raider. Pada kesempatan tersebut, Letkol Andi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi prajurit Yonif 323/Raider yang telah bersama-sama dengan seluruh komponen Satgas dalam menjaga dan meningkatkan soliditas serta profesionalisme hingga menjelang masa purna tugas Konga XXIII-D di Lebanon Selatan. Selanjutnya, Dansatgas Indobatt juga mengingatkan bahwa acara seperti ini hendaknya menjadi pemacu motivasi seluruh prajurit untuk semakin mempertebal integrasi antar prajurit yang berasal dari ketiga matra di tubuh TNI.

Acara syukuran kali ini digelar secara sederhana dengan wujud doa bersama dan mengenang kembali sejarah Yonif 323/Raider sejak awal pembentukan satuan hingga pelaksanaan tugas operasi pemeliharaan perdamaian di Lebanon. Yonif 323/Raider merupakan salah satu satuan yang berada di jajaran Brigade Infanteri 13/Galuh Divisi Infanteri 1 Kostrad.

Batalyon ini sebelumnya dikenal dengan sebutan Yonif 323/Buaya Putih. Setelah mengalami beberapa kali perubahan status, satuan ini resmi menyandang nama sebagai Yonif 323/Raider Kostrad pada tanggal 22 Desember 2003. Melalui lintasan sejarah yang panjang, Yonif 323/Raider telah berulangkali terlibat dalam berbagai palagan demi menjaga tegaknya pilar persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui penugasan – penugasan tersebut, batalyon ini telah menorehkan tinta emas dalam catatan perjalanan sejarah satuan.

Selain prestasi di palagan tugas operasi, satuan ini juga menunjukkan prestasi yang membanggakan di bidang olahraga dan seni. Pertunjukan kesenian Rampak Gendang Yonif 323/Raider Kostrad bahkan turut menyukseskan acara Pasific Armies Management Seminar (PAMS) atau seminar Angkatan Darat se-Asia Pasifik di Jakarta pada tahun 2008, serta rangkaian kegiatan latihan Multinational Peace Support Exercise Garuda Shield tahun 2009 di Pusdik Infanteri Kodiklat TNI – AD.

Keberhasilan Yonif 323/Raider Kostrad meraih peringkat 2 pada Lomba Binsat TNI – AD tahun 2007 juga merupakan prestasi mengagumkan yang kemudian melatarbelakangi penunjukan batalyon ini sebagai satuan main body Konga XXIII-D/UNIFIL. (puspen/syamsir)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog