Jumat, 12 November 2010

TNI Kirim 1.304 Pasukan Garuda ke Lebanon

Kamis, 11 November 2010 | 17:16 WIB
Pasukan TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) saat upacara pemberangkatan di Mabes TNi Cilangkap, Jakarta, Kamis (11/11). TEMPO/Eko Siswono Toyudho
TEMPO Interaktif, Jakarta - Markas Besar TNI kembali mengirimkan Satuan Tugas Kontingen Garuda ke Lebanon. Sebanyak 1.304 orang pasukan itu kemudian akan bergabung dibawah bendera UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon). "Ini adalah komitmen TNI dalam rangka ikut menjaga ketertiban dunia, khususnya di kawasan Lebanon," kata Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono di Markas Besar TNI Cilangkap, Kamis 11 November 2010.

Pasukan yang dikirim kali ini terbagi atas lima kesatuan, yakni Satgas Military Police Unit TNI sebanyak 75 personel; Satgas Infantry Mechanized Battalion TNI sebanyak 1.018 personel; Satgas Force Headquarter Support Unit TNI 50 personel; Satgas Force Protection Company TNI 150 personel; dan Satgas Civil Military Coordination TNI sebanyak 11 personel.

Pasukan yang diberangkatkan ini akan bertukar tempat dengan pasukan yang sebelumnya sudah berada di sana. Pasukan Garuda yang akan berangkat Senin pekan depan itu kemudian akan bertugas selama setahun kedepan untuk mewujudkan perdamaian di kawasan rawan konflik tersebut.

Dalam pidato pelepasan, Panglima TNI berpesan kepada semua prajurit agar tertib selama menjalankan tugas. Lebanon memiliki kondisi geografis yang ekstrem, dan secara sosial politik merupakan daerah rawan. Ia mengingatkan jajarannya itu untuk merasa bangga dan terhormat ditugaskan sebagai pasukan perdamaian dibawah bendera PBB. "Tidak setiap prajurit TNI punya kesempatan untuk dikirim sebagai pasukan perdamaian," ujar Agus.
MAHARDIKA SATRIA HADI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog