Kamis, 18 November 2010

RCC Karangasem Resmi Beroperasi


Rabu, 17 November 2010 | 11:23 WIB
Laksdya TNI Didik Heru Purnomo
KOMPAS.com — Setelah sekitar 10 menit meyampaikan sambutan tanpa teks pada peresmian Resque Coordinating Center (RCC) di Karangasem, Selasa (16/11/2010), Laksamana Madya TNI Y Didik Heru Purnomo menutup dengan joke yang membuat hadirin cekikikan. "Terima kasih, saya tidak akan panjang-panjang memberikan sambutan karena akan banyak ibu-ibu yang tidak suka. Saya juga tidak akan memberikan sambutan yang lebar-lebar karena banyak bapak-bapak yang tidak senang," kata jenderal Angkatan Laut yang kini menjabat sebagai Kepala Pelaksana Harian Badan Koordinasi Keamanan Laut (Kalahar Bakorkamla).

Kontan saja gelak tawa menyabut joke Didik Heru yang juga tersenyum simpul sambil berjalan turun dari podium. RCC yang berada di Karangasem, Bali, itu merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Bali, Kabupaten Karangasem, Bakorkamla, dan didukung Pemerintah Australia. "RCC yang diletakkan di Karangasem ini sangat idealis karena posisinya yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok. Di selat ini kapal-kapal besar pengangkut BBM sering lalu lalang, maka menjadi tugas kita untuk membantu keamanan bagi mereka. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengawasi berbagai kemungkinan terjadinya illegal fishing yang akan merugikan negara serta nelayan kita," kata Didik Heru yang juga mantan Kasum TNI itu.

Hadir dalam upacara penandatanganan kerja sama dan sekaligus peresmian RCC itu, antara lain, Pangdam Udayana, Sekda Pemprov Bali, Ketua DPRD Bali, Wakil Bupati Karangasem, dan Konsul Jenderal Australia. Menurut Didik, meski tidak sepadat lalu lintas di Selat Malaka, tetapi kualitas kapal yang lewat di Selat Sunda cukup tinggi. "Semoga peralatan ini akan bermanfaat bagi kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengguna laut di sini, kata Wakil Bupati Karangasem I Made Sukarana, SH.

Hingga saat ini RCC milik Bakorkamla sudah dipasang di beberapa kota, antara lain Tanjungbalai, Pangkalpinang, Manado, dan Tarakan. "Setelah di Karangasem ini, kami juga akan mengoperasikan RCC di Kupang. Sementara yang sedang dalam proses pembangunan yakni RCC di Dolak, Papua,"kata Didik Heru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog