Rabu, 10 November 2010

TNI dan Secret Service Amankan Obama di Ring 1

Selasa, 09 November 2010 | 07:39 WIB MAHARDIKA SATRIA HADI

TEMPO Interaktif, Jakarta - TNI siap membantu mengamankan kunjungan kenegaraan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama, ke Jakarta pada tanggal 9-10 November. "TNI siap mengamankan kunjungan tersebut," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Aslizar Tanjung dalam siaran pers yang diterima Tempo, Selasa (9/11).

Untuk menjamin pengamanan, lanjutnya, TNI menerapkan prosedur tetap pengamanan VVIP. Pelaksanaannya dikoordinasikan dengan seluruh aparatur pengamanan, termasuk dengan kepolisian untuk mengamankan rute dan obyek yang akan dikunjungi Obama.

Aslizar mengatakan, pengamanan pada Ring-1 dilakukan oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang berkoordinasi dengan US Secret Service. Sementara pengamanan pada Ring-2 dan Ring-3 dilaksanakan oleh Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya.
"Diharapkan seluruh rangkaian kunjungan kehormatan kenegaraan Obama dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar," ujarnya.

Obama dijadwalkan mendarat di Lanud Halim Perdana Kusuma sore nanti pukul 15.00 WIB dan akan berada di Jakarta hingga besok. Selain bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menggelar pertemuan bilateral, presiden negara adidaya itu akan berpidato di kampus Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat.

Obama juga akan melakukan peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada esok hari bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, serta mengunjungi masjid terbesar di Asia Tenggara, yakni Masjid Istiqlal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog