Kamis, 11 November 2010

Pasukan Elit Amerika Periksa Senjata Paspampres

Tribunnews.com Rabu, 10 November 2010 | 14:02 WIB

JAKARTA, Pos Kupang.Com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memang telah meninggalkan Tanah Air lebih cepat dari yang direncanakan sebelumnya, Rabu (10/11/2010).

Namun ada hal yang asing terjadi sesaat sebelum Obama tiba dan take off dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

16 pasukan kehormatan Paspamres dengan mengenakan pakaian seragam merah dan sejata lengkap tengah berbaris tegak lagi rapi di depan, tak jauh dari Pesawat Air Force One Boeing 747 Obama. Mereka berbaris 8 di sisi kiri dan 8 di sisi kanan.

Sesaat usai berbaris, tampak 4 pasukan Secret Service (SS) Amerika Serikat yang mengenakan pakaian biasa (sipil) mendekati barisan. Seketika 4 pasukan SS tersebut memeriksa senjata pasukan Paspamres.

Satu persatu senjata ke-16 pasukan diperiksa dengan teliti oleh SS. Tak tahu apakah yang tengah mereka periksa. Namun yang jelas tampak satu angota paspamres yang mengenakan jas hitam ikut melihat pemeriksaan tersebut.

Pemeriksaan senjata yang dilakukan SS sampai pada akhir. Tidak ada hal yang mungkin menurut mereka ganjil dari senjata tersebut. 4 anggota SS ini pun selesai memeriksa dan pergi meninggalkan barisan 16 pasukan paspamres.

Wartawan yang menyaksikan hal ini pun bertanya-tanya mengenai pemandangan yang baru saja terjadi. Memang dari pantauan pos kupang, selama kedatangan dan saat kepulangan Obama, keamanan sangat didominasi SS di Bandara Halim.

Keamanan dan pemeriksaan wartawan pun dilakukan oleh SS. Pihak keamanan Indonesia hanya tampak berdiri di sekitar menyaksikan pemeriksaan yang dilakukan SS tersebut.

Kini rombongan Obama telah meninggalkan Tanah Air menuju Seol, Korea Selatan guna mengikuti KTT G-20 pada pukul 09.45 WIB. Namun fakta ini masih menjadi tanya bagi wartawan. (*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog