Rabu, 17 November 2010

TNI dan Relawan Potong Hewan Kurban di Pengungsian Merapi

Selasa, 16/11/2010, 10:23 WIB


Puluhan personel TNI dan relawan yang berada di pusat pengungsian bencana letusan Gunung Merapi di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (16/11/2010), melakukan penyembelihan hewan kurban bersama para pengungsi.

"Jumlah total hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha 70 ekor sapi dan 610 ekor kambing yang akan dipotong berturut-turut selama empat hari," ujar Wakil Ketua Pelaksana Penyembelihan Hewan Kurban Pengungsian Stadion Maguwoharjo Bambang Maryanto.

Menurut dia, tim penyembelih sudah disiapkan sebanyak 15 tim yang masing-masing tim terdiri tiga personel. "Tim tersebut bertugas menyembelih dan menguliti, ada 15 tim sehingga ada 45 personel melakukannya," jelasnya.

Sedangkan yang melakukan pemotongan daging setelah disembelih TNI, relawan dan sejumlah pengungsi yang bersedia membantu kemudian didistribusikan ke dapur umum untuk diolah dan dimakan pengungsi.

"Kebutuhan daging kurban bagi pengungsi di Stadion Maguwoharjo sebanyak delapan kuintal yang dibagikan panitia pelaksana penyembelihan. Jumlah ini berdasarkan data pengungsi yang mencapai kurang lebih 8.000 jiwa," katanya.

Ia mengatakan, untuk hari ini sapi yang disembelih sebanyak 14 ekor dan menghasilkan kurang lebih 17,5 kuintal daging dengan rata-rata satu ekor sapi menghasilkan 1,25 kuintal. "Daging tersebut dibagikan kepada pengungsian di Maguwoharjo sebanyak delapan kuintal, sisanya akan didistribusikan kepada pengungsian lainnya tapi jumlahnya berbeda-beda," ujarnya.(git/an)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog