Minggu, 07 Maret 2010

Semarak, Festival Bintang Imut 2010

Denpasar (Bali Post) - Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan Yayasan Cita Abdi Bangsa, Sabtu (6/3) kemarin menggelar festival bintang imut 2010. Festival ini digelar dalam rangka mengembalikan jati diri lagu anak-anak yang belakangan ini tergerus dengan hangar bingar lagu orang dewasa. Akibatnya, perkembangan lagu anak terkesan stagnan dan kurang populer di lingkungan anak-anak sendiri.

Karena itu, untuk menggugah dan menumbuhkan kecintaan anak-anak akan lagu sesuai usianya, mulai dirintis dengan menggelar festival seperti ini. Ketua Panitia Festival Letkol CAJ. Drs. I.B.Gaga Ardhana,M.Si. yang juga Kapendam IX/ Udayana mengungkapkan kegiatan ini merupakan gagasan dari Pangdam IX/Udayana Mayjen TNT Hotmangaradja Pandjaitan beserta Nyonya yang melihat ada fenomena kurang baik dalam perkembangan lagu-lagu anak.

Perkembangan musik di televisi yang cenderung mengarah pada porsi lagu-Iagu orang dewasa, sehingga memberikan peluang yang sangat kecil bagi perkembangan lagu anak-anak. Bercermin dari fenomena itu, kata Gaga, festival ini digelar untuk memberikan media bagi anak-anak untuk mengungkapkan dan lebih mencintai lagu anak-anak. Festival ini diikuti sekitar 125 orang yang terbagi ke dalam dua kategori.

Untuk kategori A diikuti oleh anak-anak usia 4-8 tahun. Sedangkan untuk kategori B diikuti oleh anak dengan usia 9-12 tahun. "Peserta untuk dua kategori itu masing-masing 62 orang berlomba di kategori A dan 63 orang di kategori B," ujar Gaga kemarin. Dalam festival ini, peserta membawakan dua buah lagu, yakni lagu wajib dan lagu pilihan. Lagu wajib yang harus dinyanyikan, yakni Garuda Pancasila dan Merah Putih. Dari dua lagu itu, bisa dipilih satu oleh masing-masing peserta.

Sedangkan untuk lagu pilihan, terdiri dari lima judul lagu. Salah satunya, yakni belajar membaca yang mana lagu ini paling banyak dipilih oleh peserta. Dikatakan Gaga, selain lomba lagu, secara bersamaan pihaknya juga menggelar lomba cipta lagu dan lomba cipta busana. Lomba cipta lagu diikuti oleh tiga orang peserta dan cipta busana pesertanya mencapai 9 orang. "Final dari kegiatan ini semua akan berlangsung besok (hari ini,red) di Lapangan Puputan Badung," katanya.

Sementara itu Titi Shifa selaku produser menyambut baik kegiatan festival bintang imut tahun ini. Melalui festival ini, perkembangan lagu-lagu diharapkan bisa lebih baik lagi. "Saya menyambut positif kegiatan seperti ini " katanya. (kmb12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog