Minggu, 28 Maret 2010

Target Juara Umum

27 Maret 2010 10:58 WIB
Sabtu, Surabaya - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Kasad (Kepala Staf TNI Angkatan Darat) 2010, di Surabaya, 26-28 Maret, menjadi wahana seleksi pembentukan tim pemusatan latihan nasional (Pelatnas) SEA Games 2011. Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki), Hendardji Soepandji, mengungkapkan hal itu usai menghadiri pembukaan Kejurnas Piala Kasad 2010 di GOR Kertajaya Surabaya, Jumat (26/3).

“PB Forki akan memanggil sebanyak 32 atlet yang digodok dalam program pelatnas jangka panjang untuk persiapan SEA Games. Mereka diseleksi dari hasil Piala Kasad ini," kata Hendardji yang juga Komandan Pelatnas Asian Games.n Sedangkan untuk persiapan menghadapi Asian Games (AG) XVI di Guangzhou, China, November 2010, PB Forki telah menyiapkan sebanyak tujuh karateka terbaik, termasuk salah satunya peraih medali emas SEA Games 2009, Umar Syarif.

Hendardji mengemukakan, PB Forki menargetkan raihan satu medali emas pada Asian Games mendatang. Sedangkan untuk SEA Games 2011 yang berlangsung di Indonesia, targetnya menjadi juara umum dengan merebut minimal tujuh medali emas.“Target satu medali emas di Asian Games cukup realistis, karena persaingan sangat ketat. Saya tidak menyebut dari nomor apa emas tersebut didapat, karena semua punya peluang sama," tuturnya.

Karateka nasional, Umar Syarif, yang ditemui terpisah, mengaku telah melakukan persiapan sejak awal tahun ini dengan mengikuti serangkaian kejuaraan di negara-negara Eropa. “Sejak Januari lalu, saya sudah mengikuti beberapa kejuaraan di Eropa sebagai persiapan menuju Asian Games. Awal April nanti, saya kembali terjun pada kejuaraan karate di Italia," ujar karateka asal Jatim itu. Sementara itu, Menpora Andi Mallarangeng saat membuka kejuaraan Piala Kasad, berharap cabang olahraga karate mampu terus berprestasi di berbagai ajang internasional dengan menyumbang medali emas.


“Karate merupakan salah satu cabang olahraga andalan untuk mengibarkan bendera Merah Putih di berbagai kejuaraan maupun multieven internasional. Prestasi itu harus terus dijaga dan ditingkatkan, termasuk pada Asian Games mendatang," katanya. Kejurnas Piala Kasad diikuti sekitar 650 atlet dari 32 provinsi dan 20 perguruan karate di Indonesia. Satu provinsi yang tidak mengirimkan atlet pada even tahunan ini adalah Gorontalo.

Kasad Jenderal TNI George Toisutta usai pembukaan kejuaraan menambahkan, ajang yang sudah memasuki penyelenggaraan tahun ke-10 ini, diharapkan mampu melahirkan karateka-karateka handal dan potensial yang akan mengharumkan nama bangsa dan negara. “Selama ini, banyak bibit-bibit karateka potensial dari daerah yang muncul dari kejuaraan ini. Mudah-mudahan ini tradisi ini bisa diteruskan," kata dia. iko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog