Sabtu, 27 Maret 2010

Warga Penfui Timur Dapat Pengobatan Gratis

Jumat, 26 Maret 2010 20:41 WITA
PENFUI TIMUR, POS KUPANG.Com -- Ratusan warga Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Kamis (25/3/2010), mendapat pelayanan pengobatan gratis serta sunatan masal. Kegiatan yang dipusatkan di Gereja Ebenhaizer Matani Kupang, dalam rangka HUT ke-64 TNI Angkatan Udara yang jatuh pada tanggal 9 April 2010. Kegiatan pengobatan gratis dibuka Bupati Kupang, Drs. Ayub Titu Eki, didampingi Danlanud El Tari Kupang, Letkol PNB Joko Sugeng Sriyanto. Turut hadir Dansatrad 241 Buraen, Mayor Letkol Sudirman, Komdan Kompi D Paskhas Kupang, Kapten PSK Helmy Hardianto Nange, ibu-ibu unsur Pia Adhya Garini serta Camat Kupang Tengah, Koten MS Manafe.

Warga sangat antusias untuk mendapat pelayanan kesehatan. Sejak pukul 08.00 Wita, warga sudah berada di lokasi kegiatan, selanjutnya mendaftarkan diri pada petugas. Setelah mendapat nomor, warga diarahkan petugas untuk menempati kursi yang telah disediakan di dalam gereja. Saat menunggu giliran, warga mendengar sosialisasi tentang dampak dan penanggulangan HIV/AIDS yang diberikan seorang anggota TNI AU. Usai sosialisasi, dilanjutkan dengan pelayanan pengobatan serta sunatan masal yang dilakukan oleh lima orang dokter, dibantu 28 tenaga medis. Warga yang mengikuti sunatan masal diarahkan masuk dakam sebuah bilik yang dibatasi dengan kain berwarna ungu, sementara yang mendapat pengobatan umum langsung menghadap dua dokter.

Setelah mendapat pemeriksaan dan sunatan pasien langsung mengambil obat yang disiapkan di samping kiri ruangan itu. Pada kesempatan itu, Titu Eki manyampaikan terima kasih kepada TNI AU yang telah menaruh perhatian dan melayani pengobatan gratis kepada masyarakat. Menurutnya, pelayanan kesehatan di Kabupaten Kupang masih sangat terbatas, sehingga dengan adanya pengobatan gratis tersebut TNI AU secara tidak langsung telah membantu pemerintah mengatasi masalah kesehatan masyarakat di Kabupaten Kupang. Titu Eki mengatakan, tenaga medis di Kabupaten Kupang sangat terbatas, sehingga upaya pemerintah untuk mengatasi masalah kesehatan akan mengakomodir anak-anak dari masing-masing desa untuk dididik dan dilatih menjadi tenaga medis pada desa masing-masing. "Selama ini tenaga medis yang bertugas di desa jarang melayani masyarakat karena tinggalnya di Kupang," tegas Titu Eki.
Danlanud, Letkol PNB Joko Sugeng Sriyanto mengatakan, pengobatan gratis dan sunatan masal merupakan salah satu dari beberapa kegiatan lain dalam rangka HUT ke 64 TNI AU yang jatuh pada tanggal 9 April 2010. Sebelumnya, kata Joko, TNI AU telah melakukan penanaman 400 pohon mahoni di Matani dan membersihkan rumah ibadah. Kegiatan donor darah akan dilakukan pada tanggal 28 Maret 2010. Joko mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kepedulian institusi terhadap masyarakat yang berada di sekitar lingkungan TNI AU untuk meringankan beban hidup masyarakat. Selain itu, untuk mendekatkan diri dengan masyarakat serta mendukung pembangunan di kabupaten dan Kota Kupang. (mas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog