Kamis, 25 Maret 2010

Danjen Kopassus: Hubungan dengan AS Tetap Baik

Jakarta (Bali Post) -
Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Brigjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus menyatakan hubungan kerja sama dengan pasukan khusus Amerika Serikat (AS) tetap berjalan baik. "Saat ini dialog terus berjalan. So far good-Iah," katanya kepada wartawan usai sertijab Danpomad di Mako Pomad, Jakarta, Rabu (24/3) kemarin.

Ia menambahkan, saat ini dialog dengan pasukan khusus Amerika Serikat tetap berjalan meski masih belum ada kepastian pasukan khusus kedua negara dapat kembali melakukan latihan bersama.

Lodewijk mengatakan, latihan bersama pasukan khusus kedua negara sangat menguntungkan kedua pihak. Kedua pihak memiliki kepentingan untuk meningkatkan profesionalismenya sebagai personel pasukan khusus, terutama dalam penanganan terorisme. ''Ya ... sama. Kedua negara sangat m:embutuhkan. Karena konteks kita kan terorisme. Ya ... kita membutuhkan merekajuga membutuhkan. Jadi sama-sama saling mendukung," ungkapnya.

Kopassus menjalin kerja sama pendidikan dan latihan dengan sejumlah negara seperti AS. Namun kerja sama itu terhenti menyusul embargo militer yang diterapkan AS terhadap Indonesia pada 1999.

Bahkan setelah AS mencabutembargo militemya terhadap Indonesia pada November 2005, pelatihan dan pendidikan bagi Kopassus masih belum diberikan pihak negara Paman Sam itu. Padahal, pascapencabutan embargo militer itu, AS telah membuka kembali kerja sama International Military Education and Training (IMET), Foreign Military Sales (FMS), Foreign Military Financing (FMF) maupun Defence Export dengan Indonesia.

Terkait itu, awal pekan bulan ini Indonesia mengirimkan tim ke AS untuk menjajaki kembali kemungkinan prajurit Kopassus kembali berlatih di AS. Tim terdiri atas unsur Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, dan Mabes TNI. Meski hasilnya positif, namun kepastian Kopassus untuk dapat berlatih kembali di AS masih belum ada. (ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog