Senin, 02 Agustus 2010

59 Perwira TNI Lolos Masuk Tes STTAL

Minggu, 1 Agustus 2010 10:02 WIB Surabaya Post

Surabaya- Sebanyak 59 perwira muda TNI, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara lolos tes masuk Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL).

Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI Angkatan Laut (Kobangdikal) Laksamana Muda TNI Sumartono mengatakan 59 perwira muda itu selanjutnya akan menjalani perkuliahan selama lima semester.

Sebanyak 59 perwira muda itu berpangkat letnan satu hingga kapten. Mereka barasal dari AD sebanyak satu orang, AL (52), dan AU (6). Kemudian mereka akan disebar ke berbagai jurusan, yakni Teknik Mesin sebanyak 15 orang, Teknik Elektro (18), Teknik Industri (19), dan Hydro-Oceanografi (8). "Tantangan pembangunan bangsa ke depan semakin kompleks sejalan dengan pesatnya kemajuan iptek," kata Sumartono, Sabtu (31/7).

Hal itu membawa implikasi terhadap perkembangan alat utama sistem persenjataan yang penuh dengan muatan teknologi modern. Demikian pula, pada era globalisasi dan persaingan bebas saat ini membawa konsekuensi bagi setiap negara untuk meningkatkan profesionalisme agar mampu bersaing.

Menurut dia, penyelenggaraan pendidikan pengembangan keahlian oleh STTAL sebagai wujud kepedulian TNI -AL terhadap sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki kemampuan teknis profesional sesuai bidang tugasnya.

"Seorang prajurit juga harus memiliki pola pikir yang mampu mengimbangi pesatnya perkembangan iptek, khususnya teknologi dalam bidang pertahanan kelautan," katanya.

Dijelaskannya penguasaan teknologi pertahanan merupakan salah satu pembangunan SDM yang sangat penting karena para perwira muda TNI harus mampu menguasai dengan baik teknologi modern sehingga ketergantungan terhadap negara maju dapat dikurangi. m3,ant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog