Sabtu, 07 Agustus 2010

Akademi TNI Masih Sangat Diminati

Polkam / Jumat, 6 Agustus 2010 17:59 WIB
Metrotvnews.com, Magelang: Minat pemuda di Tanah Air untuk masuk Akademi Tentara Nasional Indonesia (TNI) cukup tinggi. "Animo masuk Akademi TNI tetap tinggi, sama seperti tahun lalu. Secara matra cukup variatif, namun secara keseluruhan dari ribuan yang mendaftar hanya lulus sekitar 17 persen atau sebanyak 466 orang calon taruna," kata Komandan Jenderal Akademi TNI Mayor Jenderal TNI (Marinir) Nono Sampono di Magelang, Jumat (6/8).Ia mengatakan hal tersebut usai membuka pendidikan dasar keprajuritan tingkat I Tahun Pendidikan 2010/2011 di Lapangan Sapta Marga kompleks Akmil Magelang. Sejumlah calon taruna tersebut terdiri atas 252 orang dari matra darat, 102 orang dari matra udara, dan 112 orang dari matra laut.

Nono mengatakan, ada fenomena yang sampai saat ini belum terjawab, terutama peminat dari luar Jawa, bukan sekadar kualitas akademik di bawah tetapi juga fisik. "Hal ini menjadi persoalan dan kami sedang mengkajinya. Mudah-mudahan pemerintah daerah dan jajaran TNI di daerah turun tangan untuk mengatasi hal tersebut," katanya. Ia berharap keterwakilan daerah di Akademi TNI bisa proporsional, sehingga perlu dilakukan pemantauan sejak dini. Bisa dipantau sejak usia SMP, kalau sudah SMA mungkin terlambat karena banyak faktor, antara lain gizi, lingkungan, dan sebagainya

Namun, katanya, standar masuk Akademi Militer tidak akan diturunkan, karena kalau diturunkan maka akan berpengaruh terhadap kualitas sumber daya mereka sebagai calon pemimpin.

Menyinggung wacana kaum wanita masuk ke Akademi TNI, dia mengatakan hingga saat ini tidak ada arahan dari pimpinan TNI tentang hal tersebut. Banyak hal yang harus disiapkan, bagaimanapun juga wanita itu mempunyai kekhasan sendiri. Selain itu juga menyangkut vasilitas yang harus disiapkan.(Ant/BEY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog