Selasa, 17 Agustus 2010

Berjas Hitam, Presiden SBY Kenang 9.045 Pahlawan

17/08/2010 - 02:00

Laela Zahra & Raden Trimutia Hatta

INILAH.COM, Jakarta - Dalam suasana hening dan gelap gulita Presiden SBY menyampaikan renungannya terhadap jasa pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di Taman Makam Pahlawan. Kalibata, Jakarta, Selasa (17/8) dini hari.

Dalam sambutannya, Presiden SBY yang mengenakan jas hitam dan dasi merah menyebutkan, jumlah pahlawan yang bersemayam di TMP Kalibata sebanyak 8222 pahlawan anggota TNI dan Polri, 741 pahlawan badan perjuangan, 39 pahlawan tokoh nasional, dan 43 pahlawan tak dikenal.

"Begitu pun pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota di dusun-dusun di lereng-lereng gunung di lembah-lembah ngarai dan di dasar-dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya," ujar SBY dalam sambutan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata.

Di tengah ribuan makam pahlawan yang telah gugur, Presiden juga mengatakan, seluruh bangsa berjanji akan mengabdi pada perjuangan para pahlawan. "Atas keridoan, keiklasan, kesucian dan pengorbana saudara-saudara dalam pengabdian pada perjuangan, demi kebahagiaan nusa dan bangsa kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula," tuturnya.

Dalam cara itu, Presiden SBY menjadi inspektur upacara, sedangkan upacara dipimpin Pangdam Jaya Mayjen TNI Marciano Norman. Acara juga dihadiri sejumlah menteri KIB II, pimpinan lembaga tinggi negara, ketua MPR/DPR, Pimpinan TNI segala unsur dan Polri. [mut]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog