Selasa, 03 Agustus 2010

Densel Laksanakan Kebersihan di Sidakarya

Sidakarya, Denpost

Setelah melakukan sidak terhadap pembuang sampah sembarangan di Kelurahan Sesetan, Senin (2/8) kemarin Kecamatan Densel yang dikomandani Camat IB Alit Wiradana melakukan gerakan kebersihan yang dipusatkan di Desa Sidakarya. Gerakan itu melibatkan seluruh aparat desa, Koramil, Polsek Densel, dan masyarakat desa.

Ditemui di sela-sela acara, Alit Wiradana mengatakan, kegiatan kebersihan itu untuk mendukung program Pemkot mewujudkan “Denpasar Clean And Green”. Gerakan serentak tersebut juga diharapkan memotivasi masyarakat supaya senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. “Di samping gerakan kebersihan pengawasan terhadap masyarakat yang membuang sampah sembarangan akan terus dilakukan. Hal ini mengingat di Densel banyak terdapat lahan kosong yang sering dimanfaatkan untuk membuang sampah.” Tegasnya.

Bahkan dalam melakukan pengawasan, pihaknya akan melibatkan Koramil dan Polsek Densel untuk berpatroli keliling mencegah masyarakat membuang sampah sembarangan. “ Pengawasan ini harus melibatkan seluruh komponen karena untuk menyadarkan masyarakat, selain melakukan sosialisasi, juga melalui pengawasan langsung,”tegas Alit Wiradana.

Dia berharap untuk ke depan Densel khususnya dan Kota Denpasar umumnya bersih serta bebas sampah.

Mengenai pengelolaan sampah, Alit Wiradana mengatakan untuk di Densel kini ada enam depo pengolahan sampah yang tersebar di enam desa yakni Pemogan, Sanur Kaja, Sanur Kauh, Kelurahan Panjer, Kelurahan Serangan dan Renon.

Untuk mengatasi kebersihan bantaran sungai dan pesisir pantai yang rawan sampah kiriman, Alit Wiradana mengaku, telah membentuk kelompok sadar lingkungan. “Kami harapkan Kaling/kadus supaya membagikan alat biopori yang sudah diterima pada masyarakat guna mengatasi terjadinya banjir,”tambahnya.

Danramil Kapt. Sarjono sangat mendukung upaya-upaya Camat Densel mewujudkan “Denpasar Clean and Green”. Dalam kesempatan tersebut Danramil Sarjono juga akan mengimbau kepada seluruh Babinsa di wilayah kerjanya untuk membantu aparat desa/kelurahan untuk menciptakan desa/kelurahan bersih. Hal senaga dilakukan Kapolsek Densel. Pihaknya akan mengerahkan Babinkamtibmas untuk terus melakukan pengawasan dan koordinasi dengan desa/ kelurahan, terutama melakukan pengawasan dalam mewujudkan Denpasar bersih dan hijau.

Kepala Desa Sidakarya, Nyoman Sudarma mengaku, kegiatan bersih-bersih secara serentak merupakan kegiatan rutin. Namun kali ini kami lebih mengoptimalkan kegiatan tersebut agar Denpasar benar-benar menjadi bersih dan hijau,”tandas Sudarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog