Selasa, 03 Agustus 2010

Kehadiran TNI BangkitkanSemangat Anak Lebanon

Selasa, 3 Agustus 2010

JAKARTA (Suara Karya): kehadiran prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda (Konga) di di tengah-tengan wailayah konflik negara Lebanon Selatan sangat berarti bagi anak-anak dan masyarakat setempat. Keberadaan TNI untuk melaksanakan misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Dan yang tak kalah pentingnya, adalah kehadiran prajurit TNI yang tergabung di dalam misi perdamaian PBB di sini sangatlah berarti, sebab kehadirannya untuk memulihkan trauma anak-anak akibat perang yang berkecamuk beberapa waktu yang lalu, agar mereka mampu menghadapi masa depannya dengan penuh harapan," ujar Wakil Komandan Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-D/ Unifil (Indonesian Battalion/ Indobatt), Letkol TNI Guslin Kamase dalam siaran pers yang diterima Suara Karya di Jakarta, Senin (2/8).

Selain ikut memulihkan dan merehabilitasi situasi keamanan pembangunan konstruksi, TNI juga proaktif memulihkan psikologis masyarakat dan anak-anak Lebanon korban gejolak perang melalui penyajian tari dan budaya Indonesia.

Beberapa waktu lalu, para prajurit Konga mempersembahkan tarian Sisingaan pada acara malam festival kesenian di ruas jalan utama Back Stone Square Marjayoun, Lebanon. Acara itu dimotori St Couer's Alumnae Association Marjayoun atau perkumpulan alumni siswa-siswi sekolah berbasis pendidikan Kristen St Couer's di kota Marjayoun.

Sementara itu, Malam Festival Kesenian yang dimotori St Couer's Alumnae Association Marjayoun menghadirkan seluruh kontingen negara yang tergabung pada Multinational Brigade Sector East Unifil. Tim kesenian Sisingaan Indobatt paling representatif dibandingkan kesenian dari India, Malaysia, Nepal dan Spanyol.

Guslin menjelaskan, Indonesia menampilkan tarian Sisingaan yang dimainkan dua puluh lima prajurit TNI. Tarian Sisingaan membuat penonton penasaran dan tanpa disadari telah maju merangsek sampai ke depan panggung.

Namun, secara keseluruhan Indonesia tampil sangat mempesona masyarakat Lebanon Selatan. Dan hal ini sudah merupakan prestasi tersendiri, dimana prajurit Indobatt selain sebagai Peacekeeper namun juga sanggup bertindak sebagai duta budaya bangsa. (Feber Sianturi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog