Kamis, 18 Maret 2010

Jelang Kedatangan Obama, Jatim Siagakan Keamanan

Surabaya (Bali Post) -.
Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menyiapkan kekuatan penuh untuk mengamankan kedatangan Presiden AS Barack Hussein Obama ke Indonesia pad!l akhir Maret. Kesiapan itu ditunjukkan dalam operasi bersandi "Aman Nusa 2010" dipimpin langsung Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Pratiknyo di Mapolda Jatim, Rabu (17/3) kemarin.

"Sebagai wilayah di samping Polda Bali, kami dituntut untuk mendukung operasi Aman Nusa 2010," kata Kepala Biro Operasional Polda Jatim Kombes Pol. Aneka Pristafudin.

Ia mengatakan, pihaknya terus mengadakan latihan agar kunjungan Obama ke Indonesia dapat berlangsung aman dan kondusif, baik sebelum maupun saat kedatangan Presiden AS itu.

Tentang potensi ancaman keamanan menjelang kedatangan Presiden AS itu, ia menyatakan sejauh ini masih aman dan polisi bisa mengendalikan keamanan di J atim. "U ntuk pengamanan, kami akan memberlakukan sistem terbuka yaitu akan melibatkan Samapta, Brimob, dan Lalu lintas, sedangkan sistem tertutup akan melibatkan Reserse, Intel, dan Densus 88/Antiteror," katanya.

Selain itu, Polda Jatim bersama TNI akan melakukan latihan penanganan teror di sebuah hotel diSurabaya dalam waktu de kat, sedangkan unsur Brimob Polda Jatim juga akan menggelar latihan di Gelora Sepuluh November dalam waktu dekat.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jatim sempat memberikan arahan ke,)ada personel operasi dan juga melihat langsung kesiapan personel serta peralatan milik Satbrimob Polda Jatim yang digunakan dalam operasi pengamanan itu.
Peralatan yang mendukung latihan yaitu 11 mobil antipeluru, dua unit mobil water canon, dua unit mobil lalu lintas, dua kendaraan taktis (rantis), 12 unit sepeda motor tangkal, dan satu unit helikopter. (ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog