Jumat, 19 Maret 2010

Kedatangan Obama Dirahasiakan

UTUSAN Gedung Putih sudah melakukan SUrvei mengenai lokasi-lokasi yang rencananya dikunjungi Presiden Arnerika Serikat (AS). Barack Ohama. Hal ini termasuk pengaman dari AS yang berkoordinasi dengan Kapolda Bali Irjen (Pol.) H.Sutisna. Kendati demikian. Jadwal pasti kedatangan Ohama ke Bali belum bisa dibocorkan kepada publik.

Tapi informasi yang diperoleh DenPost, Ohama sudah pasti datang ke Bali. Karenanya. aparat keamanan baik TNl/POlri maupun petugas Gedung Putih, kini mengintensifkan sistem pengamanan.

Sebagai persiapan pengamanan selama Obama di Bali, Polda Bali dan aparat Kodam IX/ Udayana mempersiapkan diri dengan melaksanakan pe1atihan simu1asi penanganan teroris di Hotel Kartika Plaza, Jumat (19/03) ini dan Sabtu (20/03) besok.

Jubir Polda Bali, Kombes (Pol.) Ode Sugianyar. Kamis (18/3) kemarin memberikan adanya rencana kegiatan simulasi penanganan teroris tersebut merupakan rencana peIatihan TNl-Polri dalam rangka penanggulangan teror, yang sedianya dilaksanakan dua hari mendatang." jelasnya.

Selain melakukan pe1atihan penanganan teroris, pasukan Den 88 Polda Bali juga sudah disebar. Bahkan polisi mulai melakukan pemer1ksaan sangat ketat. Baik dipintu masuk Bali maupun di 'jalur-jalur tikus". Hal itu tentu juga melibatkan Babinkamtibmas. Misalnya pengawasan diIakukan di Pe1abuhan Gilimanuk.. Padangbai, pelabuhan rakyat seperti Celukan Bawang dan Pelabuhan Benoa.
Di samping instruksi Polda Bali itu, Ja:jaran Poltabes Denpasar juga mulai melakukan pemeriksaan roda empat. termasuk di antaranya mobil box. Pemeriksaan melibatkan reskrirn, intelijen. samapta. hingga berjumlah sekitar 75 personel. Razia lebih mengintensifkan pemeriksaan terhadap orang. barang bawaan. serta kendaraan.

Kuta Diperketat
Mengenai rencana kedatangan Presiden AS. Barack Obama in!, menurut Kapoltabes Denpasar Kombes Alit Widana. sudah meIakukan persiapan-persiapan. Salah satunya meIakukan penjagaan ketat pintu-pintu masuk Ruta yakni BIambangan. Seminyak dan serta Tuban. Dalam pengamanan itu, poIisi IrerJggandeng desa pakraman setempat agar bisa maks1mal. Disamping itu diJaksanakan Operasi Yustisi alias pemukiman penduduk pendatang. Apalagi teroris yang ditangkap di Jakarta. Pamulang. Banten, dan Aceh. tinggal atau kos di pemukiman penduduk.

"Bali masih jadi target prioritas teroIis. Rarena itu, kami bekerja sarna dengan prajuru desa pekraman melakukan opemsi yustisi tersebut· tegasnya.

Pemilik kos atau hotel, serta rumah bedeng, diharapkan lebih hatl-hati dan selektif. Kartu identitas penghuni kos atau pengontrak rumah, hasus dikantongi serta dilaporkan ke kepala lingkungan masing-masing. Selain itu. perilaku dan profesi penghuni kosjuga harus jelas dan diawasi.

"Jangan sampai terjadi born Bali m. Semua elemen masyarakat dan instansi terkait harus ikut andil menjaga keamanan Bali," kata perwira yang humorls ini. (asa/ken)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog