Rabu, 10 Maret 2010

Kunjungi Museum Rudana

GIANYAR, NusaBali
Visit Museum Year (VMY) atau Tahun Kunjungan Museum 2010 menjadi inspirasi bagi sejumlah kalangan untuk mengunjungi museum yang ada di Bali. Sebagaimana dilakukan sejumlah anggota dan unsur pimpinan Lanal (Pangkalan Angkatan Laut) Denpasar dipimpin Letkol Laut Edi Krisna Murti mengunjungi Rudana Art Museum di Desa Peliatan, Ubud, Gianyar, Selasa (9/3) kemarin.

Edi Krisna Murni mengatakan, kunjungannya ke Rudana Museum itu merupakan bagian dari aksinya untuk mendukung Tahun Kunjungan Museum 2010 ini yang diprogramkan pemerintah. Selain itu, kunjungan ini sebagai bagian dari aktifitas penyegaran di sela-sela kesibukan bertugas.

Rombongan Lanal Denpasar dipandu langsung oleh Pemilik Rudana Art Museum, Nyoman Rudana. Rudana memandu rombongan berkeliling dari satu bangunan ke bangunan lain yang dihiasi pelbagai display lukisan dari sejumlah karya maestro seni rupa. Rombongan juga melihat langsung seniman seni rupa berkarya di museum termegah di Gianyar.

Rombongan. juga dijamu makan siang di restoran museum setempat. Edi Krisna Muri menyatakan kekagumannya Rudana tentang maha karya seni budaya anak bangsa yang direprenstasikan dari karya seni lukis yang dipajang pada setiap dinding ruang museum itu. Nyoman Rudana mengatakan, Tahun Kunjungan Museum 2010 ini tidak hanya bisa dipandang sebagai semangat pemerintah dalam meningkat apresiasi seni, juga semangat masyarakat di berbagai kalangan untuk mencmtal sem budaya mulai dari tradisional, modern hingga kontemporer. Sebab selama ini kunjungan ke museum sering diidentikkan sebab objek para turis asing. Padahal, masyarakat non turis dan lokal, pun wajib mengetahui perkembangan seni budaya melalui museum. Selama ini, museum merupakan rumah strategis bagi seniman, pecinta, kolektor, peneliti, apresiator dan kalangan lain untuk mendalami jejak sejarah sem rupa bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog