Minggu, 07 Maret 2010

TNI Gelar Promosi Budaya di Kongo

Sabtu, 6 Maret 2010 - 11:50 WIB
KONGO(Pos Kota)Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TNI Kontingen Garuda XX-G menggelar acara promosi budaya dan Pariwisata Indonesia yang dihadiri lebih dari 7 negara, yang mewakili tiga benua yaitu Eropa, Afrika dan Asia, diantaranya Italia, Sieralion, Nigeria, Bangladesh, East Timor, Maroko dan Kongo, bertempat di Bumi Siliwangi Camp Kongo dekat perbatasan Sudan dan Uganda.

Adapun bentuk promosinya seperti membagi-bagikan brosur pariwisata Indonesia, pemutaran film tentang budaya dan pariwisata Indonesia, menampilkan kesenian tradisional arumba dan rampak gendang, memperkenalkan makanan tradisional Indonesia dan lain-lain.

Gelar Budaya dan Pariwisata di daerah operasi adalah hal yang jarang dilakukan oleh siapapun dan dari negara manapun, dikarenakan alasan keterbatasan akomodasi dan faktor keamanan. Namun, Kontingen Garuda XX-G/MONUC membuktikan dengan segala upaya demi terus berkibarnya sang Merah Putih agar tetap dikenal oleh negara-negara lain di dunia.

Menurut Komandan Kontingen Garuda XX-G, Letkol Czi Arnold AP Ritiauw, banyak cara yang dapat dilakukan agar negara Indonesia dapat dikenal oleh negara lain di dunia, salah satunya seperti yang dilakukan. Walaupun Kongo adalah salah satu negara konflik, namun bukan suatu alasan untuk tidak mencoba apalagi kita punya peluang untuk mempromosikan Budaya dan Pariwisata Indonesia.

Dalam acara Promosi Budaya dan Kepariwisataan Indonesia, Komandan Kontingen mengundang para pejabat sipil maupun militer MONUC (Mission de I’Organisation des Nation Unies en Republique Democratique du Congo) yang berasal dari berbagai negara di Kongo.

Kedatangan merekapun tidak di sia-siakan oleh Komandan Kontingen Letkol Czi Arnold AP Ritiauw dengan menggelar acara yang sudah disiapkan oleh anggota Satuan Tugas Kompi Zeni TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda XX-G/MONUC, seperti menampilkan kesenian musik tradisional Jawa Barat (Arumba) yang alat musiknya terbuat dari bambu dan dimainkan oleh sembilan orang pemain serta kesenian tradisional Rampak Gendang yang dimainkan oleh lima belas orang anggota Satgas Kompi Zeni TNI, membagi-bagikan brosur budaya dan kepariwisataan Indonesia, pemutaran film tentang budaya dan keindahan alam Indonesia, juga tidak lupa memperkenalkan makanan tradisional Indonesia seperti nasi goreng dengan kerupuk udang, gulai kambing dan goreng ayam.

Pada acara tersebut terlihat ekspresi kekaguman dan kegembiraan dari wajah para tamu undangan karena apa yang disuguhkan dan ditampilkan oleh Kontingen Garuda XX-G sangat menyentuh hati mereka, khususnya pada saat prajurit Kompi Zeni TNI menampilkan kesenian tradisional Arumba dan Rampak Gendang, karena mereka belum pernah melihat kesenian tersebut sebelumnya.

Pada akhir acara tersebut, Komandan Kontingen Garuda XX-G Letkol Czi Arnold AP Ritiauw memberikan cendera mata kepada beberapa orang pejabat sipil MONUC, seperti kepada Mr. Carlos Pocalo kepala RAO (Regional Administration Officer) wilayah timur dan dua pejabat MONUC lainnya. Pada kesempatan itu pula Mr. Pocalo mengucapkan terima kasih dan beliau berjanji akan berlibur ke Indonesia, khususnya ke pulau Bali pada pertengahan tahun ini. (puspen/syamsir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog