Selasa, 10 Agustus 2010

Al Markaz Libatkan TNI, Masjid Raya Pakai Cleaning Service

Persiapan Masjid Jelang Ramadan

SENIN, 09 AGUSTUS 2010 18:55 WITA 5161 Hits Fajar Metro News

MENYAMBUT Ramadan 2010 ini yang bertepatan dengan 1431 Hijriah sesuai penanggalan Islam, warga Kota Makassar mulai mempersiapkan diri. Salah satunya adalah mempersiapkan masjid yang akan dipakai selama sebulan penuh.

Masjid memang memiliki makna sangat signifikan bagi umat Islam khususnya saat Ramadan tiba. Setiap kali Ramadan datang, masjid-masjid seolah-olah kedatangan tamu yang begitu banyak. Itu bisa dimaklumi, mengingat dalam kepercayaan umat Islam, masjid merupakan rumah Tuhan atau baitullah. Di sanalah mereka menggelar ibadah.

Antusiasme masyarakat Islam menyambut Ramadan bukan hanya sekedar artifisial. Yakni, bukan hanya bermakna penyambutan secara seremonial, tetapi juga karena Ramadan mengusung berbagai hal yang sifatnya humanis dan berorientasi universal. Artinya, ada nilai-nilai kemanusiaan yang menyertai kehadiran Ramadan tersebut. Makanya wajar jika kemudian umat Islam menyambutnya dengan penuh suka cita.

Sebagai bulan yang juga disebut dengan sahrul mubaraq atau bulan penuh berkah, Ramadan memang selalu dinanti bagi mereka yang mendidakisan diri untuk Tuhan Sang Maha Pencipta. Dengan kemuliaanya itu pula sehingga para pengurus dan remaja masjid metropolis ini bahu-membahu membersihkan masjid menjelang Ramadan tiba. Mulai dari masjid terbesar hingga masjid-masjid yang ada di lorong-lorong sempit, juga tak mau kalah: sama-sama dibersihkan. Salah satu masjid yang terletak di gang sempit, tepatnya di Jalan Pampang V juga tak mau kalah dengan masjid besar yang ada di pinggir jalan raya lainnya. Namanya Masjid Babut Taqwa Kelurahan Pampang. Minggu pagi, 8 Agustus kemarin, panitia Ramadan, pengurus, serta remaja masjid terlihat bekerja bakti membersihkan. Seluruh sisi gedung mereka bersihkan. "Menjelang Ramadan, memang tugas kami (remaja masjid, red) membersihkan masjid," ujar Faidah, salah seorang remaja Masjid Babut Taqwa.

Persiapan memang dilakukan mengingat setiap Ramadan, masjid yang berukuran tidak begitu luas ini selalu ramai dikunjungi utamanya saat berbuka puasa, salat Isya, dan tarwih. Karena itu pula, pengurus masjid sudah mempersiapkan segalanya untruk kelancaran kegiatan ibadah Ramadan tersebut. "Kita baru rapat lagi dengan pengurus untuk membahasnya lebih lanjut," kata salah seorang pengurus Masjid Babut Taqwa, Ustadz Arif.

Lain lagi persiapan di Masjid Raya Makassar. Di masjid ini tak ada remaja masjidnya. Makanya, kebersihan di masjid ini dikelola oleh pihak ketiga, yakni melibatkan perusahaan cleaning service. Salah seorang pengurus Yayasan Masjid Raya Makassar yang mebidangi kebersihan bernama Anca. Anca yang sehari-hari mengoordinasi aktivitas pembersihan masjid. Termasuk ikut juga membersihkan masjid bersama dengan para cleaning service yang khusus disewa untuk itu.

Anca menerangkan, hampir tidak ada yang spesial menyambut Ramdan ini yang berkaitan dengan aktivitas kebersihan masjid. Menurutnya, walaupun bukan menjelang Ramadan, aktivitas membersihkan masjid tetap ia jalankan. "Selain mengawasi petugas cleaning service yang berjumlah tujuh orang, saya juga membantu-bantu," ujar Anca ditemui saat sedang membersihkan di Lantai II Masjid Raya Makassar.

Anca menambahkan, semua sisi masjid dibersihkan tetapi tidak sekaligus. Demikian juga dinding tembok masjid juga telah dibersihkan. "Saya juga rutin membersihkan mihrab. Daerah sini banyak sekali debu. Sebentar saja setelah dibersihkan, kotor lagi. Makanya setiap hari dibersihkan," urai Anca sambil menambahkan, taman-taman masjid juga baru mau dibersihkan karena untuk beberapa hari belakangan fokus pada kebersihan bagian dalam masjid. Lain lagi di Masjid Al Markaz Al Islami Jend M Yusuf. Abubakar, salah seorang petugas pengamanan di masjid tersebut mengungkapkan, khusus menyambut Ramadan, kegiatan pembersihan area masjid melibatkan aparat TNI. "Jumat dan Sabtu TNI yang terjun membersihkan di sini bersama BPH (badan pengurus harian) dan remaja masjid, serta pemkot Makassar," katanya. Sudah bersih jugakah masjid anda?(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog