Minggu, 08 Agustus 2010

Sesko TNI kuasai Sumbagut

Saturday, 07 August 2010 19:05
WASPADA ONLINE
MEDAN – Sekretaris Daerah Sumatera Utara, RE Nainggolan, mengatakan apresiasi terhadap peserta pendidikan reguler ke-37 Sesko TNI berkeinginan untuk mempelajari dan menganalisis wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut). “Provinsi itu sebagai lokasi pendidikan bagi mereka. Apalagi pernyataan Dansesko Laksamana Madya Moekhlas Sidik, Sumut sebagai daerah strategis dan memiliki potensi luar biasa dalam sistem pertahanan NKRI,” ujarnya, malam ini.

Menurutnya, executive summary tentang Sumbagut yang merupakan hasil kuliah kerja dalam negeri pertahanan wilayah itu diserahkan Brigjen TNI Hotman Sibarani kepada sekretaris daerah Sumut, mewakili gubernur. Hotman Sibarani sangat berterima kasih atas bantuan pemerintah provinsi Sumatera Utara yang memberikan berbagai fasiltas kepada peserta pendidikan reguler ke-37 Sesko TNI untuk melakukan tugasnya.

Sebelumnya, Dansesko TNI Laksamana Madya, Moekhlas, mengatakan dari kasat mata sekali pun, wilayah Sumbagut, termasuk Sumut, merupakan kawasan strategis di bidang pertahanan dan keamanan. Apalagi, jika dikaitkan dengan keberadaan wilayah Sumbagut yang terdiri dari empat provinsi itu yang berhadapan langsung dengan Selatan Malaka yang menjadi jalur perdagangan internasional. Oleh karena itu, peserta pendidikan reguler Sesko TNI angkatan ke-37 berkeinginan untuk mempelajari dan menganalisis wilayah Sumbagut. “Peserta itu akan menggunakan pendekatan "sea line of communication" dan "sea line of trade",” ujarnya. Pola itu, menurutnya, digunakan untuk menganalisis sejauh mana dampak sea line of communication and sea line of trade, bagi potensi pertahanan di keempat provinsi ini.
Editor: SASTROY BANGUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog